Sukses

UEFA Nations League: Singkirkan Inggris, Belanda Bertemu Portugal di Final

Liputan6.com, Guimaraes - Belanda sukses melangkah ke babak final UEFA Nations League setelah mengandaskan perlawanan Inggris, 3-1 di Estadio Afonso Henriques, Jumat (7/6/2019) dinihari WIB. Butuh usaha keras bagi tim asuhan Ronald Koeman untuk melangkah ke final.

Menghadapi Inggris di UEFA Nations League, Belanda bermain dengan formasi 4-2-3-1 dengan Virgil van Dijk sebagai kapten. Ketiadaan striker murni membuat Koeman memainkan Memphis Depay sebagai ujung tombak.

Meski bermain sebagai ujung tombak, Depay ternyata lebih berperan sebagai pengumpan. Terbukti, dua gol Belanda lahir dari umpan Depay.

De Oranje sebetulnya tertinggal lebih dulu ketika Marcus Rashford menjebol gawang Jasper Cilessen lewat penalti pada menit ke-32. Penalti diberikan setelah Matthijs De Ligt melanggar Rashford di kotak terlarang.

Belanda baru bisa menyamakan kedudukan pada babak kedua. De Ligt membayar lunas kesalahannya dengan mencetak gol di menit ke-73.

Umpan dari Depay sukses dikonversi De Ligt menjadi gol lewat sundulan kepala. Gol ini merupakan gol pertama De Ligt di UEFA Nations League.

 

 

2 dari 3 halaman

Bunuh Diri Kyle Walker

Inggris sebetulnya sempat unggul lewat gol Jesse Lingard. Namun VAR membatalkan gol pemain Manchester United tersebut.

Belanda akhirnya balik memimpin ketika John Stones membuat blunder. Quincy Promes lalu menendang bola ke dalam gawang, namun gol ternyata diputuskan tercipta lewat proses gol bunuh diri Kyle Walker.

Promes akhirnya mencetak gol di menit 114. Lagi-lagi, gol tercipta lewat kesalahan para pemain Inggris. Ross Barkley bermaksud mengoper bola ke kiper Jordan Pickford.

Namun bola malah mengarah ke Depay dan diteruskan ke Promes. Ia lalu menendang bola ke gawang yang telah kosong.

Di babak final, Belanda akan bertemu Portugal. Cristiano Ronaldo dkk. lolos usai mengalahkan Swiss juga dengan skor 3-1.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Belanda: Cilessen, Blind, Van Dijk, De Ligt, Dumfries, De Jong, De Roon, Babel, Wijnaldum, Bergwijn, Depay.

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Maguire, Chilwell, Delph, Rice, Barkley, Sterling, Rashford, Sancho.

Saksikan video menarik di bawah ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Prediksi Belanda vs Estonia: Tipis Kans Menjadi Juara Grup
Artikel Selanjutnya
Jadwal Kualifikasi Euro 2020 Dini Hari Nanti: Laga Formalitas Jerman dan Belanda