Sukses

Piala Presiden 2019: 3 Pemain Kunci Persija untuk Ladeni Perlawanan Kalteng Putra

Jakarta Persija Jakarta dalam keadaan waswas mendekati babak 8 besar Piala Presiden 2019 yang ditayangkan di Indosiar. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu mengirimkan empat pemain inti ke Timnas Indonesia dan Nepal untuk menjalani laga uji coba dalam durasi FIFA Matchday, hanya beberapa hari menjelang pertandingan melawan Kalteng Putra.

Bentrok Persija Jakarta dan Kalteng Putra akan berlangsung dalam satu pertandingan saja, dan tersaji di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (28/3/2019).

Untungnya, empat pemain Persija Jakarta yang memperkuat Timnas, meliputi Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak (Indonesia), dan Rohit Chand (Nepal) telah kembali dua hari sebelum pertandingan menghadapi Kalteng Putra. Namun, tetap saja kondisi keempatnya diragukan untuk bugar tepat waktu.

Tetapi, Persija tetaplah Persija. Saat mengarungi mepet jadwal antara babak penyisihan Grup C Piala Presiden dengan Grup G Piala AFC 2019 pun, Macan Kemayoran tetap tak terbendung.

Bersaing dengan Madura United, PSS Sleman sebagai tuan rumah, dan Borneo FC, Persija tak terkalahkan dengan menyabet dua kemenangan serta sekali imbang untuk keluar sebagai kampiun Grup C.

Sebagai juara bertahan Piala Presiden, Macan Kemayoran mendapatkan lawan yang dianggap sebagai tim kuda hitam dalam turnamen pramusim ini, Kalteng Putra, di babak 8 besar Piala Presiden 2019.

Pelatih Persija, Ivan Venkov Kolev, telah menyiapkan amunisi-amunisi terbaiknya, yang Bola.com rangkum menjadi tiga pemain kunci Macan Kemayoran dalam upayanya menyingkirkan Kalteng Putra.

2 dari 4 halaman

Dany Saputra

Dany Saputra tak tergantikan di pos bek sayap kiri Persija. Sepeninggal Rezaldi Hehanussa yang cedera, permainan pemain berusia 28 tahun itu terus meningkat.

Tak hanya ketika bertahan, Dany juga ciamik dalam membantu serangan. Tak punya pesaing lagi di posisinya, mantan pemain Bhayangkara FC itu tak tergantikan di starting eleven Persija.

Dany berbekal dua keunggulan yang dimilikinya. Kerja keras saat bertahan dan umpan crossing mematikannya yang memanjakan lini depan Macan Kemayoran akan merepotkan Kalteng Putra.

3 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak telah mendapat garansi dari Kolev untuk tetap tampil ketika melawan Kalteng Putra, meski pada tiga hari sebelumnya, pemain bertubuh mungil ini memperkuat Timnas Indonesia melawan tuan rumah Myanmar, Senin (25/3/2019).

Kecepatan, kecerdikan, dan etos kerja pemain berusia 27 tahun ini dibutuhkan Persija untuk mengacak-ngacak lini pertahanan kubu lawan.

Kolev juga sempat mengutarakan harapannya untuk ketiga personel Persija di Timnas Indonesia, agar menjaga kebugaran supaya siap turun bertanding. Nama Riko pun diberikan kredit khusus.

"Saya berharap ketiganya bisa bermain. Masih ada tiga hari sebelum melawan Kalteng Putra. Mereka terbiasa bermain dalam rentang waktu sehari dan dua hari, terutama Riko," kata Kolev.

4 dari 4 halaman

Bruno Matos

Bruno Matos adalah pemain paling berbahaya yang dimiliki Persija saat ini. Catatan pribadinya, bahkan sebelum kompetisi Liga 1 bergulir, terbilang amat mengesankan.

Matos berhasil membukukan sembilan gol dan empat assists dari sembilan pertandingan bersama Persija di Piala Presiden 2019, Piala AFC 2019, Piala Indonesia 2018, dan Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2019. Dengan empat di antaranya, tercipta di babak penyisihan turnamen pramusim ini.

Perannya adalah gelandang serang. Tetapi, karena tidak ada Marko Simic, Matos terkadang diplot sedikit ke depan. Dapat dipastikan, perhatian dua pemain bertipe bertahan Kalteng Putra, OK John dan Gede Sukadana, akan tertuju pada pemain satu ini.

Georgina Rodriguez Jadi Tukang Cukur Dadakan Demi Ronaldo
Loading