Sukses

Keunggulan dan Kelemahan Thibaut Courtois, Kiper Baru Real Madrid

Courtois akan mendapat kontrak selama enam tahun di Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid resmi mendapatkan tanda tangan kiper timnas Belgia, Thibaut Courtois. Los Blancos, sebutan Real Madrid, mendapatkan Courtois dari Chelsea.

Courtois akan mendapat kontrak selama enam tahun di Real Madrid. Sebagai bagian dari kesepakatan, Chelsea mendapatkan Mateo Kovacic dengan status pinjaman selama satu musim hingga 30 Juni 2019.

Sementara itu, Chelsea sudah mendapatkan kiper baru, Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. Chelsea harus merogoh kocek sedalam 72 juta pounds (Rp 1,34 miliar) untuk meminang kiper berusia 23 tahun tersebut.

Harga tersebut akan membuat Arrizabalaga sebagai kiper termahal di dunia, mengalahkan nilai transfer Alisson Becker ke Liverpool beberapa pekan lalu. Arrizabalaga diproyeksikan akan mengawal gawang Chelsea untuk jangka panjang.

Di Real Madrid, Courtois diprediksi bakal menggusur posisi utama Keylor Navas di bawah mistar gawang. Kiper berusia 26 tahun itu memiliki kelemahan dan kelebihan yang wajib diperhatikan Los Blancos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelebihan Courtois

Pada usianya yang ke-26 tahun, Courtois telah memiliki pengalaman luas di sepak bola Eropa. Dia telah merebut gelar Liga di Spanyol, Inggris, dan Belgia. Memiliki postur tubuh hampir 2 meter (1,99), Courtois juga dikenal tangguh di bawah mistar gawang.

Courtois memperkuat Chelsea pada musim 2014/15, dia berhasil mengangkat dua gelar Premier League (2014/15 dan 2016/17), FA Cup (2017/18) dan Piala Liga (2014/15).

Ketika dijaga Courtois, Chelsea merupakan tim yang paling sedikit kemasukan gol pada musim 2016/17, penjaga gawang asal Belgia ini mendapat Penghargaan Sarung Tangan Emas di Premier setelah 16 partai tak terkalahkan.

3 dari 4 halaman

Kelemahan Courtois

Menurut Opta, Real Madrid wajib mewaspadai kelemahan yang dimiliki Courtois. Tercatat, dia merupakan kiper yang paling sering menjadi penyebab timnya diganjar hukuman penalti di Liga Inggris sejak 2014.

Sepanjang kariernya di Liga Inggris bersama Chelsea, Courtois pernah berurusan dengan sembilan tendangan penalti yang lima di antaranya disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukannya sendiri.

Selain itu, Courtois juga memiliki rekor buruk dalam menggagalkan penalti lawan. Dari sembilan penalti yang ia hadapi di ajang Liga Inggris, Thibaut Courtois hanya mampu menggagalkan satu di antaranya, yaitu pada musim 2015-2016, saat Chelsea menang 3-2 atas West Bromwich Albion.

4 dari 4 halaman

Prestasi Courtois

Berikut prestasi Thibaut Courtois:

Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2018

2 Trofi Zamora

Sarung Tangan Emas Premier League

2 Premier League

1 Liga Spanyol

1 Liga Belgia

1 Europa League

1 Piala Super Eropa

1 Copa del Rey

1 FA Cup

1 Piala Liga Inggris Perjalanan karir:

Genk (2008-2011)

Atletico Madrid (2011-2014)

Chelsea (2014-2018)

Real Madrid (2018- )

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Thibaut Nicolas Marc Courtois  adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain sebagai kiper di klub Chelsea.
    Thibaut Nicolas Marc Courtois adalah pemain sepak bola profesional Belgia yang bermain sebagai kiper di klub Chelsea.

    Thibaut Courtois

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga