Sukses

Kartu Merah Wes Brown Lawan MU Dianulir

FA akui wasit Roger East salah ambil keputusan terkait pelanggaran terhadap Falcao di laga West Ham vs MU.

Liputan6.com,Sunderland: Kartu merah kontroversial yang didapatkan bek Sunderland, Wes Brown saat menghadapi Manchester United (MU) akhirnya dianulir FA. Seperti dilansir The Guardian, FA nyatakan jika wasit Roger East sudah salah ambil keputusan.

East seperti diketahui menyangka jika Brown yang sudah langgar Radamel Falcao di kotak penalti. FA menilai wasit sudah salah vonis pemain.

"Komisi regulasi independen sudah menetapkan jika kartu merah untuk Wes Brown salah. Brown diusir wasit karena dianggap tekel lawan di kotak penalti. Maka itu, sanksi larangan satu laga atas dirinya segera dicabut," bunyi pernyataan FA.

Berdasarkan tayangan ulang video, pelanggaran justru dilakukan oleh John O'Shea. Meski demikian komite wasit menilai, keputusan wasit East bukan salah orang.

East dianggap sudah melihat pelanggaran dilakukan oleh O'Shea dan Brown sekaligus. "Tapi East menilai pelanggaran Brown yang paling keras," lanjut statement FA.

Lanjut ke halaman berikutnya----->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Keputusan aneh itu terjadi pada menit ke-65. Awalnya, penyerang Setan Merah (sebutan MU), Radamel Falcao mempunyai peluang untuk menciptakan gol. Tapi, usaha Falcao mendapat sedikit gangguan dari John O'Shea yang melakukan tarikan dan membuat mantan penyerang Atletico Madrid itu terjatuh di kotak penalti Sunderland.

Di saat yang bersamaan, bek Sunderland lainnya, Wes Brown datang. Ketika Falcao terjatuh, East meniup peluit dan menunjuk titik putih. Keputusan yang mengejutkan dan dinilai aneh pun terjadi setelah itu, East memberi kartu merah kepada Brown.

Hal tersebut mengundang pertanyaan dari semua pemain Sunderland. Bahkan, O'Shea sudah menjelaskan kalau dirinya yang melakukan pelanggaran bukan Brown. Namun, East tidak bergeming, dia tetap pada pendiriannya.

Selain membuat bingung Sunderland, keputusan East juga bikin bingung MU.Manajer MU, Louis van Gaal dan kapten Setan Merah, Wayne Rooney juga tidak mengerti penglihatan dan pikiran East dalam mengambil keputusan.

"Pemain Sunderland melakukan protes berlebihan karena mereka menilai wasit telah salah mengusir pemain. Itu memang kesalahan, tapi kita juga bisa berbuat yang sama. Hal itu dapat terjadi," ucap Van Gaal.

Baca Juga:

Villarreal vs Barcelona, Busquets: Mereka Bakal Main Terbuka

Dilempari Balon Pisang, Gervinho Minta UEFA Sanksi Feyenoord

AS Roma Paksa Juventus Bermain Imbang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.