Sukses

Rupiah Anjlok, BI Klaim Kondisi Pasar Valas Masih Jauh Lebih Baik

BI memastikan kondisi pasar mata uang asing saat ini masih jauh lebih baik.

Bank Indonesia (BI) memastikan akan terus menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) lewat intervensi pasar. Meski diakui bank sentral, langkahnya tersebut akan mengurangi cadangan devisa Indonesia.

"Kami akan melakukan intervensi dalam menjaga stabilitas nilai tukar, kami nggak pernah tak menjaga agar nilai tukar agar kondisi terjaga," ujar Gubernur BI ketika ditemui di area perkantoran Gedung BI, Jakarta, Jumat (29/11/2013).

Agus menjamin kondisi pasar mata uang asing saat ini jauh lebih likuid meski terjadi pelemahan nilai rupiah. Kondisi saat ini bahkan lebih baik semester I-2013.

Bagi bank sentral, persepsi pasar merupakan faktor penting yang harus diperhatikan BI. Kemudahan akses valuta asing diyakini bakal membuat nilai tukar rupiah terjaga dengan baik. ''Saat ini kondisi pasar mata uang asing jauh lebih baik," katanya.

BI memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam menjaga nilai tukar rupiah disamping langkah penyesuaian tingkat suku bunga. Tak hanya itu, BI juga akan menjalankan operasi moneter untuk stabilisasi rupiah.

Disinggung mengenai dana cadangan devisa yang tergerus akibat langkah tervensi tersebut, Agus mengatakan akan mengumumkan posisi terakhir pada saatnya nanti. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini