Sukses

DGS Baru dari Luar BI, Apa Jawab Agus Marto?

Mirza Adityaswara telah terpilih menjadi Deputi Gubernur Senior BI lewat proses voting di Komisi XI DPR

Komisi XI DPR RI secara resmi telah memilih Mirza Adityaswara sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) mendampingi Gubernur BI Agus Martowardojo. Sebagai salah satu mitranya di PT Bank Mandiri Tbk, apa komentar Agus Martowardojo terkait terpilihnya Mirza?

"Pak Mirza atau Pak Anton itu adalah dua nama yang baik. Jadi kalau seandainya yang terpilih itu Pak Mirza tentu kami beserta jajaran Bank Indonesia mengucapkan selamat kepada Pak Mirza," ungkap Agus di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/9/2013).

Agus memastikan bakal bekerjasama secara profesional dengan DGS BI baru untuk mengatasi kondisi ekonomi yang saat ini sedang menghadapi tekanan. Apalagi Mirza hanya akan menjabat sebagai DGS hingga Juli 2014.

Dari pengalamannya bekerja di Bank Mandiri, Agus menilai Mirza merupakan sosok yang penuh pengalaman yang pantas untuk menjabat DGS. Rekam jejam Mirza juga sudah makin berkembang setelah pernah menjabat sebagai komisioner eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Dilihat dari pengalaman yang sudah ada di internasional dan nasional, kita harapkan nanti akan ada yang diberikan Pak Mirza kepada efektifitas Dewan Gubernur," jelas dia.

Agus memastikan dewan gubernur BI takkan mempermasalah latar belakang Mirza yang berasal dari unsur eksternal bank sentral. Kehadiran Mirza justru akan memberikan warna tersendiri bagi BI.

"BI adalah lembaga negara yang tata kelola dan sistemmnya itu sudah baik dan sesuai dengan Undang-Undang ataupun prinsip-prinsip pengelolaan yang baik, Jadi Dewan Gubernur Senior akan membuat Dewan Gubernur Bank Indonesia lebih efektif dan kita harapkan nanti tujuan daripada institusi Bank Indonesia dapat dicapai dengan lebih baik," terang Agus. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini