Sukses

Di 25 Perusahaan Ini, Karir & Kehidupan Pribadi Pekerja Seimbang

Glassdoor merilis daftar 25 perusahaan yang memberikan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan secara tahunan.

Sebagai seorang pekerja, apakah Anda mencoba berlaku seimbang antara karir dan kehidupan pribadi. Jika jawabannya iya, Anda tidak sendirian.

Glassdoor, sebuah komunitas pekerja dan masyarakat sosial berbagi informasi tentang perusahaan tempat mereka bekerja. Komunitas ini baru saja merilis daftar 25 perusahaan yang memberikan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan tahunan.

Laporan ini  sepenuhnya berasal pada tanggapan karyawan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Pertimbangan pemberian peringkat, setiap perusahaan harus menerima setidaknya 50 ulasan keseimbangan yang diberikan kepada pekerjanya kurun 2 Juli 2012 dan 1 Juli 2013.

Juru bicara Glassdoor Samantha Zupan seperti mengutip laman Forbes, Sabtu (20/7/2013), menyebutkan definisi keseimbangan kerja dan kehidupan berbeda-beda.

"Sebagai contoh, apa keseimbangan kehidupan kerja berarti satu orang muda dibandingkan dengan orang tua dengan dua anak muda bisa sangat berbeda. Namun saya pikir kata kunci yang sering dapat digunakan ketika mencoba untuk menentukan faktor kerja adalah fleksibilitas," ujar dia.

Banyak perusahaan yang membuat daftar tahunan dan menawarkannya kepada karyawan mereka, seperti jadwal kerja yang fleksibel, atau fasilitas menarik lainnya.

"Selain itu, kami melihat banyak perusahaan yang menawarkan kemudahan akses ke makanan dan fasilitas kebugaran, yang juga menonjol beberapa perusahaan dalam daftar memberikan dukungan kepemimpinan terhadap keseimbangan kehidupan kerja," tuturnya.

Secara total, ada 7 perusahaan telah masuk dalam daftar teratas, sejak didirikan pada 2011, termasuk SAS Institute. Perusahaan analisis pengembang perangkat lunak berbasis di Carolina Utara ini masuk pada peringkat ketiga pada tahun 2011, keempat tahun 2012, dan tersangkut posisi teratas tahun ini.

"SAS Institute secara konsisten telah menjadi perusahaan teratas yang memberikan keseimbangan antara kehidupan dan kerja. Karyawan berbicara positif tentang jadwal yang fleksibel kerja, kerja 35 jam per minggu, dan pemahaman manajer," tutur Zupan.

SAS memperoleh rating 4,5 dari 5, menjadikannya perusahaan nomor 1 pemberi keseimbangan kehidupan kerja di tahun ini. National Instruments menempati posisi kedua dengan rating 4,3 seperti tahun lalu.

Seorang karyawan di kantor pusat Texas yang mengatakan: "Saya membuat jam sendiri, tidak bekerja lebih dari 40 jam seminggu, dan kadang-kadang dapat bekerja dari rumah bila diperlukan," ujar dia.

Posisi ketiga dipegang Slalom Consulting. Perusahaan konsultan teknologi memperoleh skor 4,1 dari 5 dari pekerjanya.

"Ketika datang keseimbangan kehidupan kerja di Slalom Consulting, yang berkantor pusat di Seattle, Washington, karyawan berbicara tentang pengelolaan waktu kerja (biasanya bekerja 40 sampai 45 jam seminggu), bekerja di kantor ini dinilai ramah dan memiliki jadwal kerja yang fleksibel," tutur dia.

Nama-nama besar lainnya, seperti AOL dengan rating (4,0), Yahoo! (4,0), MasterCard (3,9), dan Shell (3,9). Keempat perusahaan ini membuat debut mereka pada daftar tahun ini. Zupan mengaku terkejut melihat raksasa internet Yahoo masuk pada daftar tahun ini.

"Meskipun semua kegemparan publik atas keputusan Marissa Mayer untuk melarang telecommuting awal tahun ini, tampaknya karyawan masih  merasa pekerjaan mereka menawarkan fleksibilitas dan fasilitas yang besar," tutur dia.

Berikut daftar lengkap perusahaan yang mampu memberikan keseimbangan antara karir dan kehidupan pribadi bagi pekerjanya, yakni:

1. SAS, dengan rating 4,5
2. National Instruments, dengan rating 4,3
3. Slalom Consulting, dengan rating 4,1 
4. MITRE, dengan rating 4,1
5. Orbitz, dengan rating 4,1 
6. Scottrade, denganrating 4,1
7. Mentor Graphics, dengan rating 4,1 
8. FactSet dengan rating 4,1
9.  Agilent Technologies dengan rating 4,1 
10. Nokia dengan rating 4,1 
11. MathWorks dengan rating 4,1
12. AutoDesk dengan rating 4,0
13. AOL dengan rating 4,0
14. CITRIX dengan rating 4,0
15. GlobalLogic rating 4,0
16. Yahoo! dengan rating 4,0
17. Tieto dengan rating 4,0
18. MasterCard dengan rating 3,9
19.Morningstar dengan rating 3,9
20. Shell dengan rating 3,9
21. Bosch dengan rating 3,9
22. Chevron dengan rating 3,9
23. REI dengan rating 3,9
24 STMicroelectronics dengan rating 3,9
25. NetApp dengan rating 3,9. (Pew/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.