Sukses

Harga Minyak Dunia Hari Ini Merosot, Bakal Makin Anjlok?

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 1,3% menjadi USD 82,79 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 1,26% menjadi USD 78,26 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun hampir USD 1 per barel pada hari Jumat (Sabtu waktu Jakarta) karena komentar dari pejabat bank sentral AS menunjukkan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama, yang dapat menghambat permintaan dari konsumen minyak mentah terbesar di dunia.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (11/5/2024), harga minyak mentah berjangka Brent turun 1,3% menjadi USD 82,79 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 1,26% menjadi USD 78,26 per barel.

Kedua patokan harga minyak dunia tersebut menuju penurunan mingguan.

Harga minyak juga tertekan karena dolar AS menguat setelah Presiden Federal Reserve Dallas Lorie Logan mengatakan tidak jelas apakah kebijakan tersebut cukup ketat untuk menurunkan inflasi ke target 2% yang ditetapkan bank sentral AS.

Nilai tukar dolar AS yang kuat membuat komoditas dalam mata uang greenback lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain, dan suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama juga dapat mengurangi permintaan.

Suku bunga yang lebih tinggi biasanya memperlambat aktivitas ekonomi dan melemahkan permintaan minyak.

Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic juga mengatakan kepada Reuters bahwa menurutnya inflasi kemungkinan akan melambat berdasarkan kebijakan moneter saat ini, sehingga memungkinkan bank sentral untuk mulai menurunkan suku bunga kebijakannya pada tahun 2024, meskipun mungkin hanya seperempat poin persentase dan tidak akan sampai pada bulan-bulan terakhir di tahun ini.

“Kedua pembicara The Fed tampaknya mengabaikan prospek penurunan suku bunga,” kata Partner Again Capital LL, John Kilduff.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Minyak di Bawah Tekanan

Harga minyak juga berada di bawah tekanan dari meningkatnya persediaan bahan bakar AS menjelang musim mengemudi di musim panas, kata Jim Ritterbusch dari Ritterbusch and Associates.

“Mengingat penurunan harga pada bulan lalu dan tren permintaan bensin dan solar AS yang lebih lemah dari perkiraan, beberapa penyesuaian permintaan yang bearish mungkin akan muncul,” kata Ritterbusch.

Minggu depan, data inflasi AS dapat mempengaruhi keputusan Fed mengenai suku bunga.

Harga hanya mendapat sedikit dukungan dari jumlah rig minyak AS, yang merupakan indikator pasokan di masa depan, meskipun data perusahaan jasa energi Baker Hughes menunjukkan jumlah rig minyak turun tiga menjadi 496 pada minggu ini, terendah sejak November.

 

3 dari 3 halaman

Impor Minyak China

Data pada hari Kamis yang menunjukkan Tiongkok mengimpor lebih banyak minyak pada bulan April dibandingkan bulan yang sama tahun lalu juga membantu menjaga harga minyak agar tidak bergerak lebih rendah. Ekspor dan impor Tiongkok kembali tumbuh pada bulan April setelah mengalami kontraksi pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa tampaknya semakin mungkin untuk mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni.

Di Eropa, serangan pesawat tak berawak Ukraina menyebabkan kilang minyak di wilayah Kaluga Rusia terbakar, kantor berita negara RIA melaporkan pada hari Jumat, serangan terbaru dari Kyiv dalam serangkaian serangan balasan terhadap infrastruktur energi.

Konflik di Timur Tengah juga berlanjut setelah pasukan Israel membombardir wilayah kota Rafah di Gaza selatan pada hari Kamis setelah kurangnya kemajuan dalam putaran terakhir perundingan untuk menghentikan permusuhan di Gaza. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini