Sukses

Vale Dapat Perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus Hari Ini

Adapun IUPK Vale akan berakhir pada Desember 2025. Dengan adanya perpanjangan ini, maka batas IUPK Vale menjadi berakhir pada 2045.

Liputan6.com, Jakarta - Usai melakukan divestasi saham dengan BUMN Holding Industri Pertambangan (MIND ID), PT Vale Indonesia Tbk akan segera mendapat perpanjangan kontrak berupa izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, Kementerian ESDM bakal memberikan dokumen resmi IUPK tersebut pada pekan ini. Saat dikonfirmasi kembali, dokumen itu akan diberikan kepada Vale Indonesia pada Jumat (22/3/2024) hari ini. 

"Dokumen resminya minggu ini. (Hari ini?) Ya, Insya Allah," ujar Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Arifin menyampaikan, izin usaha pertambangan khusus yang akan diberikan sesuai dengan permintaan Vale, yakni 20 tahun. 

Adapun IUPK Vale sendiri akan berakhir pada Desember 2025. Dengan adanya perpanjangan ini, maka batas IUPK Vale menjadi berakhir pada 2045.

Selain perpanjangan kontrak, sesuai komitmen Vale dalam IUPK, perusahaan tambang itu juga akan menambah jumlah smelter High Pressure Acid Leaching (HPAL), dari sebelumnya 2 smelter.

"Ke depannya ada untuk komponen matte, nikel matte. Kan ada kerja sama dengan Ford dan General Motors," terang Arifin. 

"Ya mudah-mudahan (ada penambahan smelter HPAL). Kita kasih waktu ya sesuai IUPK ini, 5 tahun sesudah izin semua selesai, itu sudah harus terbangun," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rights Issue, Vale Indonesia Bakal Lepas 603,44 Juta Saham

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Kamis (14/3/2024), PT Vale Indonesia Tbk menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 603.445.814 saham atau 603,44 juta saham dengan nilai nominal Rp 25 per saham.

Manajemen Perseroan mengatakan, pelaksanaan rights issue ini bagian dari pelaksanaan pemenuhan kewajiban divestasi saham Perseroan kepada pemerintah Indonesia. Hal ini berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di bidang pertambangan (kewajiban divestasi saham).

Vale Indonesia menyebutkan, Pemerintah telah memberitahukan Perseroan dan menyatakan minatnya untuk membeli saham divestasi Perseroan sehubungan dengan kewajiban divestasi saham. Adapun PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND IDtelah ditunjuk untuk melaksanakan pengambilalihan saham perseroan terkait kewajiban divestasi saham tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Diterima MIND ID

Perseroan menyatakan MIND ID akan membeli dan menerima pengalihan dari pemegang saham utama Perseroan yakni Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining CoLtd (SMM) dan Vale Japan Limited (VJL) atas seluruh HMETD yang akan menjadi porsi dalam rights issue dan melaksanakan rights issue.

Rights issue yang akan menjadi porsi MIND ID berdasarkan syarat dan ketentuan yang diatur dalam perjanjian-perjanjian definitif terkait transaksi pelaksanaan kewajiban divestasi saham yang ditandatangani oleh VCL,MIND ID dan SMM serta berlaku efektif sejak 26 Februari 2024.

“Bersamaan dengan transaksi saham baru, MIND ID juga akan membeli dan menerima pengalihan sebagian saham milik VCL, SMM dan VJL dalam Perseroan sebagai bagian dari pelaksanaan pemenuhan kewajiban divestasi saham untuk mewakili pemerintah,” tulis Perseroan.

Setelah penyelesaian transaksi saham baru dan transaksi saham lama (transaksi pengambilalihan), MIND ID akan memperoleh saham tambahan sebesar 14 persen sehingga menjadi pemegang saham tunggal terbesar di Perseroan dengan kepemilikan saham sekurang-kurangnya 34 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini