Sukses

Media Sosial Picu Money Dysmorphia, Apa Itu?

Media sosial memiliki efek negatif pada tingkat kepercayaan diri. Hal ini tidak hanya berlaku untuk perasaan orang tentang penampilan dan status sosial mereka, tetapi juga kesejahteraan finansial dan status ekonomi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Banyak bukti yang menunjukkan bahwa media sosial memiliki efek negatif pada tingkat kepercayaan diri. Hal ini tidak hanya berlaku untuk perasaan orang tentang penampilan dan status sosial mereka, tetapi juga kesejahteraan finansial dan status ekonomi mereka.

Sebuah istilah baru, "money dysmorphia", bertujuan untuk menggambarkan pandangan yang menyimpang tentang keuangan seseorang. Sebanyak 29%, orang Amerika mengatakan bahwa mereka sekarang mengalaminya.

Menurut sebuah laporan baru-baru ini dari Credit Karma, sering kali disebabkan oleh membandingkan situasi keuangan mereka dengan orang lain dan merasa tidak mampu.

"Money dysmorphia seperti versi masa kini dari mengikuti perkembangan zaman," kata Courtney Alev, penasihat keuangan konsumen di Credit Karma Melansir CNBC ditulis Jumat (21/3/2024).

Tidak mengherankan, money dysmorphia bahkan lebih banyak terjadi di kalangan generasi muda, menurut Credit Karma. Sekitar 43% dari Gen Z dan 41% dari generasi milenial berjuang dengan perbandingan dengan orang lain dan merasa tertinggal secara finansial.

"Ini sudah menjadi masalah sejak lama, tapi media sosial telah membawanya ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Carolyn McClanahan, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri Life Planning Partners di Jacksonville, Florida.

Banyak dari mereka yang mengalami money dysmorphia memiliki tabungan di atas rata-rata, demikian temuan Credit Karma. Namun, mereka juga cenderung mengaku terobsesi dengan ide menjadi kaya.

Ada "distorsi antara persepsi dan kenyataan," kata Alev.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya 14% Orang Amerika yang Anggap Diri Mereka Kaya

Perasaan kaya semakin sulit dipahami, hampir terlepas dari berapa banyak uang yang Anda miliki, sebuah laporan terpisah dari Edelman Financial Engines juga menemukan.

Kekayaan bersih rata-rata rumah tangga telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, naik 37% antara 2019 dan 2022, menurut survei keuangan konsumen dari Federal Reserve.

Namun, hanya 14% orang Amerika yang menganggap diri mereka kaya, menurut Edelman Financial Engines, dan batasannya semakin jauh dari jangkauan. Faktanya, lebih dari separuh orang Amerika yang berpenghasilan lebih dari USD 100.000 per tahun mengatakan bahwa mereka hidup dari gaji ke gaji, demikian laporan lain dari LendingClub.

Periode inflasi dan ketidakstabilan yang tinggi dan berkepanjangan telah mengikis daya beli dan kepercayaan diri sebagian besar konsumen. Instagram juga turut menjadi penyebabnya.

"Apa yang kami temukan adalah hubungan yang sangat kuat antara perasaan buruk tentang situasi keuangan Anda dan seberapa banyak waktu yang Anda habiskan di media sosial," kata Isabel Barrow, direktur perencanaan keuangan di Edelman Financial Engine.

 

3 dari 3 halaman

Puas dengan Jumlah Uang

Sekitar seperempat konsumen merasa kurang puas dengan jumlah uang yang mereka miliki karena media sosial, demikian hasil studi Edelman Financial Engines. Hal ini bahkan dapat membuat beberapa orang mengeluarkan uang secara berlebihan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti liburan, renovasi rumah, atau barang-barang mewah karena tekanan untuk mengikuti "digital Joneses".

Barrow, yang baru-baru ini menghapus akun Instagram-nya sendiri, menyarankan orang lain untuk mengurangi waktu di media sosial dan menghapus rincian pembayaran yang tersimpan secara online untuk membantu menciptakan "rintangan pembelian" yang memaksa Anda untuk memikirkan keputusan pembelian.

"Terkadang Anda harus membuat pagar pembatas untuk diri Anda sendiri," katanya.

Kemudian, perhatikan psikologi keuangan, tambah McClanahan, yang juga anggota Dewan Penasihat CNBC.

"Ada persepsi bahwa Anda harus menggambarkan diri Anda sebagai orang yang sukses dan itu berarti memiliki jam tangan mahal atau mobil bagus dan itu tidak benar," katanya. "Anda harus memastikan bahwa Anda bahagia. Barang-barang tidak akan membuat Anda bahagia."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.