Sukses

394 Ribu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2024 Ludes Terjual

KAI mencatat sudah ada 394.421 tiket KA mudik Lebaran yang sudah terjual. Angka ini setara dengan 32 persen dari total tiket kereta api yang bisa dipesan oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sudah ada 394.421 tiket KA mudik Lebaran yang sudah terjual. Angka ini setara dengan 32 persen dari total tiket kereta api yang bisa dipesan oleh masyarakat.

"Berdasarkan pantauan data pada Minggu (25/2) pkl 08.30 WIB, dimana masyarakat sudah bisa memesan tiket sampai dengan keberangkatan tanggal 10 April 2024 (H Lebaran Ke- 1). Tiket yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H Lebaran Ke- 1 (10 April) adalah sebanyak 394.421 tiket atau 32 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 1.222.090 tiket pada periode tersebut," kata  VP Public Relation KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Minggu (25/2/2024).

Joni memproyeksikan penjualan tiket ini akan terus meningkat, karena penjualan masih berlangsung. Ia mencatat tiket KA mudik lebaran paling banyak terjual pada H-3 Lebaran atau 7 April 2024. Jumlahnya mencapai 55.192 tiket yang terjual.

KAI pun mengingatkan, jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif. Selain itu, pelanggan bisa memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode Angkutan Lebaran adalah Jakarta - Surabaya, Jakarta - Solo, Bandung – Blitar, Jakarta - Purwokerto, Jakarta – Malang, dan relasi lainnya.

Rute Favorit

Berikut daftar KA-KA favorit untuk periode Angkutan Lebaran sebagai berikut:

  1. KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi (PP)
  2. KA Bengawan relasi Pasarsenen - Purwosari (PP)
  3. KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar (PP)
  4. KA Serayu relasi Pasarsenen - Purwokerto (PP)
  5. KA Kertajaya relasi Pasarsenenen - Surabaya Pasarturi  (PP)
  6. KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong - Kutoarjo (PP)
  7. KA Matarmaja relasi Pasarsenen - Malang (PP)
  8. KA Kertajaya relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi (PP)
  9. KA Tegal Bahari relasi Pasarsenen - Tegal (PP)
  10. Kereta Api (KA) Brantas relasi Pasarsenen - Blitar (PP) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asik, Ada Mudik Gratis Naik Kereta Api Lagi di Lebaran 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana untuk mengadakan kembali mudik gratis pada momen Idul Fitri atau Lebaran tahun ini. Ini jadi program rutin yang dijalankan oleh pemerintah dan BUMN.

VP Public Relation KAI Joni Martinus memastikan program mudik gratis akan kembali diselenggarakan. Menurutnya, ini jadi kesepakatan bersama Kementerian dan instansi terkait lainnya.

"Program mudik gratis dengan menggunakan layanan kereta api pada masa angkutan lebaran merupakan program rutin yang dilaksanakan antara pihak ketiga (Kementerian, Pemda atau Instansi lainnya) bersama KAI," ujar Joni kepada Liputan6.com, Selasa (20/2/2024).

Dia menjelaskan, mekanisme pelaksanaannya dilakukan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak-pihak terkait. Nantinya, akan ditentukan juga sejumlah persyaratan bagi calon pemudik untuk mengikuti program ini.

"Dimana mekanisme kerjasamanya ditentukan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS), termasuk didalamnya persyaratan calon penumpang yang mendapatkan tiket mudik gratis tersebut," jelas Joni.

Angkutan Mudik Lebaran 2024Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan angkutan periode mudik Lebaran 2024, Joni mengatakan pihaknya belum memberikan promo tiket kereta api. Meski begitu, dia tak menutup kemungkinan KAI akan memberikan promo khusus.

"Untuk saat ini, belum tersedia promo pada periode Angkutan Lebaran. Namun jika nantinya terdapat promo, akan kami sampaikan lebih lanjut pada kesempatan berikutnya," ungkap Joni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini