Sukses

Dorong Mobil Listrik Made in Indonesia, Jokowi Belum Kepikiran Tambah Insentif

Jokowi belum terpikirkan untuk memberikan insentif tambahan untuk mobil listrik. Pemerintah sendiri sempat memberikan pengurangan PPN sebesar 10 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka-bukaan soal rencananya terkait industri kendaraan listrik baik mobil listrik maupun motor listrik di Indonesia. RI 1 dalam hal ini lebih memilih untuk mengembangkan produksi mobil listrik buatan Indonesia ketimbang memberikan insentif tambahan.

Pernyataan itu disampaikannya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024). Pada kesempatan itu, Jokowi turut memuji mobil listrik yang dipamerkan dalam gelaran tersebut.

 

"Saya melihat baik dan banyak yang dipamerkan mobil-mobil listrik yang saya kira ini memang masa depan otomotif Indonesia. Ada di mobil listrik karena kita memiliki bahan baku nikel dan yang lainnya," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Jokowi belum terpikirkan untuk memberikan insentif tambahan untuk mobil listrik. Pemerintah sendiri sempat memberikan pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen, dari 11 persen menjadi hanya 1 persen.

Namun, insentif PPN itu hanya berlaku untuk tahun anggaran 2023, pada periode April-Desember 2023. "Ya sementara belum (ada tambahan insentif). Tapi kita kan sudah mendorong dengan pengurangan PPN, saya kira ini akan mendorong penjualan," imbuhnya.

Kembangkan Industri Dalam Negeri

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lebih condong untuk mendorong produksi di pabrik-pabrik kendaraan listrik yang ada di Tanah Air.

"Saya kira arahnya ke sana agar kita nanti bisa bersaing dengan negara-negara lain. Kalau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira kita lihat nanti, kita akan bisa bersaing dengan negara lain," ungkapnya.

Termasuk untuk pengadaan kendaraan listrik sebagai kendaraan umum. Jokowi ingin itu agar bisa diproduksi dari dalam negeri. Ia yakin itu bisa berjalan lantaran Indonesia punya nilai tawar dalam bentuk nikel sebagai bahan baku produksi baterai kendaraan listrik.

"Semuanya, semuanya kita dorong agar semuanya berproduksi di Indonesia. EV, semua merek berproduksi di Indonesia karena kita mempunyai kekuatan EV battery," pungkas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Dorong Semua Merek Mobil Listrik Diproduksi di Indonesia

Sebelumnya, pemerintah berambisi untuk bisa jadi pemain penting di industri otomotif global. Bermodalkan cadangan nikel yang melimpah di dalam negeri, Indonesia diyakini mampu berperan penting dalam ekosistem kendaraan ramah lingkungan di dunia.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan terus mendorong pemberian insentif untuk kendaraan listrik. Hal tersebut, bertujuan agar pabrikan di Tanah Air melakukan produksi di dalam negeri.

"Semuanya kita dorong (insentif kendaraan umum listrik). Tujuannya agar semuanya berproduksi di Indonesia," tegas pria yang akrab disapa Jokowi, saat mengunjungi pameran IIMS 2024, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Lanjut pria asal Solo ini, dengan memiliki banyak nikel di Tanah Air, Indonesia berpotensi jadi negara penghasil baterai kendaraan listrik yang cukup besar.

"EV semua merek berproduksi di Indonesia, karena kita mempunya kekuatan EV baterai," tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan, saat ini pemerintah terus mendorong perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Berbagai insentif terus diberikan, seperti pembebasan bea masuk dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang tercantum dalam Perpres No 79 Tahun 2023, serta Peraturan Menteri Investasi/Kepala Badan koordinasi Penanaman Modal No.6 tahun 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Insentif

Video Terkini