Sukses

10 Miliarder Termuda di Dunia, Sebagian Harta dari Warisan

Simak daftar 10 nama yang memasuki daftar miliarder termuda di dunia versi Forbes di tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar miliarder termuda di dunia mewarisi kekayaan dari keluarga mereka. Sebaliknya, sebagian besar orang lanjut usia membangun kekayaannya dari nol.

Namun, beberapa miliarder muda yang mandiri juga harus menghadapi kompleksitas kewirausahaan dan inovasi. Perjalanan mereka ditandai dengan tekad, ketahanan, dan kemampuan menangkap peluang.

Terlepas dari bagaimana mereka memperoleh kekayaannya, miliarder muda saat ini tidak hanya membangun kerajaan bisnis, tetapi juga membentuk masa depan.

Majalah bisnis ternama asal Amerika Serikat, Forbes merilis daftar terbaru miliarder termuda di dunia tahun 2024.

Berikut adalah 10 nama yang memasuki daftar miliarder termuda di dunia, dikutip dari Forbes, dikutip pada Sabtu (3/2/2024):

Clemente Del Vecchio (19 tahun)

Kekayaan: USD 4,1 miliar 

Dengan sumber kekayaan dari penjualan kacamata, miliarder asal Milan, Italia, Clemente Del Vecchio menduduki puncak daftar sepuluh miliarder termuda di dunia.

Ia merupakan salah satu keturunan mendiang Leonardo Del Vecchio yang menjabat sebagai ketua EssilorLuxottica hingga meninggal dunia pada tahun 2022.

Setelah kematian ayahnya, Clemente mengakuisisi 12,5 persen kepemilikan di perusahaan induk Delfin yang berbasis di Luksemburg. Portofolio Delfin mencakup kepemilikan EssilorLuxottica, saham di perusahaan asuransi Generali, bank seperti Mediobanca dan UniCredit, dan pengembang real estat Convivio. Setelah mewarisi kekayaan ayahnya, Clemente menjadi miliarder termuda di dunia pada usia 18 tahun.

Kim Jung-youn (20 tahun)

Kekayaan: USD 1,7 miliar

Dengan sumber kekayaan yang berasal dari industri game online, miliarder asal Korea Selatan dan kakak perempuannya, Jung-min, secara kolektif memegang sekitar 31 persen NXC, yang merupakan pemegang saham terbesar di perusahaan game online Nexon.

Sebagian besar taruhan mereka diwariskan melalui mendiang ayah mereka, Kim Jung-ju.

Kim Jung-ju mendirikan Nexon pada tahun 1994 dan meninggal dunia pada usia 54 tahun pada Februari 2022. Baik Jung-youn maupun saudara perempuannya tidak terlibat aktif dalam operasi Nexon sehari-hari, dan mereka tidak menonjolkan diri di hadapan publik.

Kevin David Lehmann (21 tahun)

Kekayaan: USD 2,5 miliar

Miliarder asal Karlsruhe, Jerman yakni Kevin David Lehmann mengumpulkan kekayaannya dari bisnis farmasi, memiliki 50 persen kepemilikan saham di jaringan toko obat Jerman, dm (drogerie markt), dengan pendapatan tahunan melebihi USD 14 miliar.

Asal usul perusahaan ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1973 ketika Goetz Werner mendirikan toko pertamanya di Karlsruhe, Jerman. Saat ini, dm telah berkembang hingga mencakup lebih dari 3.700 lokasi.

Pada tahun 1974, ayah Kevin David Lehmann, Guenther, yang mengelola jaringan toko kelontong milik keluarga Pfannkuch, berinvestasi di dm. Guenther mengalihkan 50 persen kepemilikannya di dm kepada Kevin David pada tahun 2017. Baik Kevin David maupun ayahnya tidak berpartisipasi aktif dalam kegiatan operasional dm, dan mereka menjaga profil publik pribadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kim Jung-min (22 tahun)

Kekayaan: USD 1,7 miliar

Adik perempuan Jung-youn, Jung-min, berada di urutan keempat dalam daftar sepuluh miliarder termuda di dunia. Secara kolektif, kedua bersaudara ini memegang sekitar 31 persen saham NXC, menjadikannya pemegang saham terbesar di raksasa game online terkenal Nexon. Kedua saudara perempuan ini menjaga profil pribadi.

Luca Del Vecchio (22 tahun)

Kekayaan: USD 4,1 miliar

Luca Del Vecchio adalah salah satu dari enam keturunan mendiang Leonardo Del Vecchio. Setelah kematian ayahnya, Luca, seperti saudaranya, Clemente, mewarisi 12,5 persen saham di perusahaan induk Delfin yang berbasis di Luksemburg.

Portofolio Delfin yang luas mencakup kepemilikan EssilorLuxottica, saham di perusahaan asuransi Generali, bank seperti Mediobanca dan UniCredit, dan pengembang real estate Covivio.

Alexandra Andresen (27 tahun)

Kekayaan: USD 1,5 miliar

Miliarder muda asal Norwegia, Alexandra Andresen dan kakak perempuannya, Katharina, keduanya mewarisi 42 persen kepemilikan saham di perusahaan investasi milik keluarga Ferd.

Ayah mereka, Johan Andresen, tetap memimpin perusahaan dan mengendalikan 70 persen hak suara melalui struktur saham kelas ganda.

Ferd terlibat dalam berbagai bisnis di sektor keuangan, termasuk menjalankan dana lindung nilai, berpartisipasi aktif di bursa saham Nordik sebagai investor, dan terlibat dalam investasi ekuitas swasta.

 

3 dari 4 halaman

Leonardo Maria Del Vecchio (28 tahun)

Kekayaan: USD 3,9 miliar

Anggota ketiga keluarga Vecchio yang masuk dalam daftar sepuluh miliarder termuda di dunia, Leonardo Maria adalah salah satu dari hanya dua ahli waris ayahnya yang aktif terlibat dalam urusan perusahaan, menjabat sebagai kepala strategi EssilorLuxottica.

Dia juga memegang peran CEO di pengecer kacamata Salmoiraghi & Viganò, sebuah entitas yang diakuisisi oleh EssilorLuxottica pada tahun 2016 dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Leonardo Maria mewarisi 12,5 persen kepemilikan saham di perusahaan induk yang berbasis di Luksemburg seperti saudara kandungnya. 

Katharina Andresen (28 tahun)

Kekayaan: USD 1,5 miliar

Lahir pada tahun 1995, Katharina Andresen adalah putri dari Johan H. Andresen Jr., pemilik Ferd AS, yang pada tahun 2007 mengalihkan 42,2 persen kepemilikan saham kepada Katharina dan saudara perempuannya, Alexandra.

Katharina berasal dari keluarga politisi dan industrialis terkemuka. Kakek buyutnya Johan H. Andresen adalah seorang politikus di Partai Konservatif. Ia juga merupakan cicit dari Nicolai Andresen, yang meletakkan dasar bagi apa yang sekarang disebut Nordea Bank Norge.

 

4 dari 4 halaman

Ryan Breslow (29 tahun)

Kekayaan: USD 1,1 miliar

Ryan Breslow dengan berani memutuskan untuk meninggalkan Stanford pada tahun 2014 untuk memulai perjalanan meluncurkan startup pembayaran bernama Bolt. Pada Januari 2022, ia memutuskan untuk beralih dari perannya sebagai CEO ke posisi ketua.

Breslow mendapatkan pendanaan sebesar USD 1,3 miliar untuk Bolt, pencapaian penting lainnya adalah investasi senilai USD 355 juta pada Januari 2022. Perkiraan Forbes menunjukkan penilaian perusahaan saat ini berkisar sekitar USD 5 miliar.

Breslow dikenal karena kegemarannya pada kesendirian dan praktik perawatan diri seperti yoga, meditasi, dan menari.

Dia juga menerapkan empat hari kerja dalam seminggu untuk 700 karyawannya, dengan menekankan keseimbangan kehidupan kerja. Selain keterlibatannya dengan Bolt, Breslow merambah ke sektor kesehatan dengan mendirikan Love, sebuah startup tahap awal yang diluncurkan pada Januari 2022.

Gustav Magnar Witzor (30 tahun)

Kekayaan: USD 3,5 miliar 

Gustav Magnar Witzoe memiliki hampir 50 persen saham Salmar ASA, salah satu produsen salmon utama dunia. Saham ini dilimpahkan kepadanya pada tahun 2013 sebagai hadiah dari ayahnya, Gustav Witzoe, yang mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 1991.

Salmar telah memainkan peran perintis dalam memajukan industrialisasi budidaya ikan di Norwegia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini