Sukses

IMF Revisi Pertumbuhan Ekonomi Global, Harga Minyak Mentah Naik

Harga minyak naik pada hari Selasa setelah Dana Moneter Internasional (IMF) meningkatkan perkiraan pertumbuhan global untuk tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik pada hari Selasa setelah Dana Moneter Internasional meningkatkan perkiraan pertumbuhan global untuk tahun ini. Selain itu, penggerak harga minyak dunia lainnya yaitu pasar menunggu untuk melihat bagaimana AS akan menanggapi serangan pesawat tak berawak yang mematikan terhadap pasukannya di Timur Tengah.

Dikutip dari CNBC, Menengah Texas Barat kontrak untuk bulan Maret naik USD 1,04, atau 1,35%, menjadi USD 77,82 per barel. Brent kontrak untuk bulan Maret naik 47 sen, 0,57%, menjadi USD 82,87.

Harga minyak WTI dan Brent masing-masing naik 8,6% dan 7,5% tahun ini.

Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Selasa menaikkan perkiraannya untuk perekonomian global karena pertumbuhan kuat yang tidak terduga di AS dan stimulus di Tiongkok. IMF memperkirakan pertumbuhan sebesar 3,1% tahun ini, meningkat 0,2 poin persentase dari proyeksi bulan Oktober.

Arab Saudi Tunda Tingkatkan Produksi

Kedua benchmark tersebut turun lebih dari 1% di awal sesi setelah Saudi Aramco menghentikan rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak mentahnya menjadi 13 juta barel per hari, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang gambaran pasokan dan permintaan di masa depan.

Hamas juga mengatakan pihaknya sedang mempelajari proposal untuk menghentikan pertempuran di Gaza, sebagai tanda bahwa diplomasi untuk mengurangi eskalasi perang mungkin akan mendapatkan daya tarik.

Harga minyak mentah telah turun lebih dari 1% pada hari Senin karena krisis real estate di Tiongkok meningkatkan kekhawatiran terhadap permintaan di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia.

“Konsekuensi dari kemungkinan keruntuhan sektor properti Tiongkok akan memperdebatkan stimulus otoritas apa pun dan akan menimbulkan gelombang kejutan global yang sangat negatif,” tulis John Evans dari pialang minyak PVM dalam sebuah catatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eskalasi Timur Tengah

Para pedagang juga memantau bagaimana AS akan menanggapi serangan pesawat tak berawak yang menewaskan tiga tentaranya di Yordania pada hari Minggu. Presiden Joe Biden menganggap militan sekutu Iran di Suriah dan Irak bertanggung jawab atas serangan itu.

Biden mengatakan AS akan meminta pertanggungjawaban mereka “pada waktu dan cara yang kami pilih.” Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan pemerintahan Biden “akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk membela Amerika Serikat, pasukan kita, dan kepentingan kita.”

Namun juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby tampaknya meremehkan kemungkinan konfrontasi langsung antara Iran dan AS.

“Kami tidak ingin berperang dengan Iran,” kata Kirby kepada wartawan di Gedung Putih, Senin. “Kami tidak ingin meningkatkan ketegangan lebih dari yang sudah terjadi.”

Iran membantah terlibat dalam serangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini