Sukses

Swasta Antre Bangun RS di IKN, Jokowi Minta Jangan Berobat Lagi ke Luar Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan pembangunan (groundbreaking) rumah sakit di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kali ini, yang dibangun adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) milik pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan pembangunan (groundbreaking) rumah sakit di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kali ini, yang dibangun adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) milik pemerintah.

Groundbreaking RSUP ini melengkapi pembangunan 3 rumah sakit sebelumnya yang dilakukan oleh perusahaan swasta. Diantaranya, ada Rumah Sakit (RS) Hermina, RS Abdi Waluyo, dan RS Mayapada.

"Sudah mulai dibangun 3 rumah sakit swasta yang kita groundbreaking bulan yang lalu, 2 bulan yang lalu dan 3 bulan yang lalu, ada 3 (RS)," kata Jokowi dalam Groundbreaking RSUP, di IKN, Rabu (20/12/2023).

"Yang pertama rumah sakit Hermina, yang kedua rumah sakit Abdi Waluyo yang ketiga rumah sakit Mayapada, dan hari ini kita groundbreaking lagi untuk rumah sakit umum pusat yang akan dibangun oleh pemerintah," sambungnya.

Proses Pembangunan RS di IKN

Kepala Negara mengungkap, proses pembangunan RS di IKN nyatanya tidak berhenti disini. Ada lagi pihak swasta yang disebut mengantre untuk mulai membangun pusat pelayanan kesehatan itu di IKN. Merespons itu, dia pun seakan heran.

"Setelah ini sudah ngantre lagi tiga rumah sakit swasta. Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-berbondong orang mendirikan rumah sakit," ucapnya.

Dengan begitu, ketika seluruhnya rampung, setidaknya akan ada 7 RS yang beroperasi di IKN. Jokowi berharap, hadirnya rumah sakit ini bisa menarik minat masyarakat untuk tidak ke luar negeri. "Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, ke Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya. Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungi IKN Lagi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Di sana, dia akan melaksanakan groundbreaking dan meninjau progres pembangunan infrastruktur di IKN.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (20/12/2023), Jokowi menuju ke IKN menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia 1. Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan sekitar pukul 09.55 WITA.

Jokowi disambut langsung oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Nanang Avianto, Pangkoopsud II Marsda TNI Budi Achmadi, dan Danlantamal XIII/Tarakan Laksma TNI Deni Herman.

 

3 dari 3 halaman

Bangun RSUP

Dari Balikpapan, Presiden Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju IKN. Setibanya di sana, Presiden akan melaksanakan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ibu Kota Nusantara hingga Nusantara Superblock.

Di samping itu, Jokowi juga diagendakan untuk melaksanakan penanaman pohon di sejumlah lokasi yang berada di IKN, antara lain di area Sumbu Kebangsaan hingga lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Mayjen TNI Rudy Saladin, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini