Sukses

Sosok Soebronto Laras di Mata Pengusaha Hariyadi Sukamdani

Pengusaha Hariyadi Sukamdani berbagi cerita sosok Soebronto Laras yang telah menjadi partner bisnisnya selama puluhan tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia usaha. Pengusaha dan Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk Soebronto Laras meninggal dunia pada Rabu, 20 September 2023.

Kabar tersebut dibenarkan Pengusaha Hariyadi Sukamdani. "Iya benar,” ujar Haryadi saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

Haryadi menuturkan, sosok Soebronto Laras adalah salah satu partner bisnisnya. Soebronto Laras bersama sang ayah Sukamdani Sahid Gitosardjono mendirikan Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia).

"Sudah berpartner sekitar 38 tahun. Panjang ceritanya. Selama kami berpartner, beliau seorang yang profesional dalam bekerja dan pengusaha. Sebagai profesional, ia  sangat kompeten di bidangnya, punya pengalaman banyak sebagai CEO dan presiden direktur,” kata Hariyadi Sukamdani.

Haryadi mengatakan, sosok Soebronto Laras punya integritas dan memiliki motivasi kerja luar biasa tinggi. Hal ini juga terlihat saat pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Haryadi menceritakan, saat itu Soebronto juga masih memonitor pelaksanaan GIIAS 2023.

“Punya kemampuan kelola banyak perusahaan dengan baik. Orang yang sangat cermat. Kalau perusahaan punya problem cepat deteksi,” ujar Haryadi.

Selain itu, Haryadi menuturkan, sosok Soebronto Laras yang memiliki integrasi sehingga tata kelola perusahaannya cukup terjaga. Saat ini, Soebronto Laras menjabat sebagai Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional.

Adapun Haryadi bertemu terakhir kali dengan Soebronto Laras pada Agustus 2023. Saat itu hadir bersama dalam acara pemberikan penghargaan di Bisnis Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soebronto Laras Meninggal Dunia

Sebelumnya, berita duka. Soebronto Laras yang merupakan Founder dan Komisaris Indomobil Group meninggal dunia. Soebronto Laras meninggal dunia Rabu malam ini di Rumah Sakit Medistra. 

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani," Iya benar," tulisnya dalam pesan singkat kepada Liputan6.com, Rabu (20/9/2023). 

Kabar yang sama juga diungkap oleh Harold Donnel, 4W Marketing & Business Strategy Director PT Suzuki Indomobil Sales. "Meninggal di rs medistra. Namun detailnya nanti menyusul ya," ucap dia.

Harold merincikan Soebronto Laras meninggal dunia malam ini di RS Medistra jam 20.00 WIB. 

Soebronto Laras lahir pada 5 Oktober 1943. Ia adalah seorang pembalap sekaligus mekanik. Soebronto Laras sering dikenal sebagai Yonto anak dari R. Moerdono importir mobil Citroen, Tempo, dan Combi sejak 1949.

Sejak kecil Soebronto telah tertarik dengan kegiatan bengkel, hingga dirinya telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Indohero Steel & Engineering Co., dan PT Indo Mobil Utama sebagai perakit motor dan mobil suzuki.

Latar belakang pendidikan Soebronto Laras yakni Sekolah Dasar Cikini, Jakarta pada 1958; Sekolah Menengah Pertama Cikini, Jakarta pada 1961; Sekolah Menengah Atas Harapan Kita, Jakarta pada 1964; Paisley College, London, Inggris pada 1965; dan London College, Inggris pada 1965. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.