Sukses

Ahli Berbagi 5 Jurus Tetap Berduit di Tengah Gempuran Inflasi

Di samping itu, berikut ini beberapa tips terbaik dari penasihat keuangan untuk membangun kekayaan meskipun ada kenaikan biaya secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan bahwa inflasi keseluruhan berada pada 5 persen selama periode 12 bulan menjelang Maret 2023. Itu lebih baik daripada inflasi persen 8,5 persen dari Maret 2021 hingga Maret 2022, tetapi masih jauh di atas norma.

Untungnya, ada banyak sekali cara untuk menghadapi inflasi. Di tengah beberapa inflasi terburuk di akhir 2022, Biro Perlindungan Keuangan Konsumen (CFPB) mengeluarkan buletin dengan tips terbaiknya.

Misalnya, menyimpan makanan dalam freezer saat Anda membelinya ketika sedang diobral, mengurangi konsumsi energi, dan berbelanja harga untuk pembelian besar sebelum Anda membeli.

Di samping itu, berikut ini beberapa tip terbaik dari penasihat keuangan untuk membangun kekayaan meskipun ada kenaikan biaya secara keseluruhan.

Analisis dan sesuaikan pengeluaran dan tabungan

Inflasi tinggi berarti Anda mungkin harus mengubah kebiasaan belanja, menabung, dan berinvestasi.

Susan Hirshman, yang menjabat sebagai direktur manajemen kekayaan di Schwab Wealth Advisory, mengatakan konsumen yang khawatir dengan inflasi perlu mempertimbangkan cara kenaikan biaya dapat berdampak pada tujuan jangka pendek dan panjang. Mereka mungkin juga perlu menyesuaikan rencana dengan cara yang membantu memenuhi tagihan tanpa menghabiskan tabungan.

“Saat memperhitungkan inflasi dan peningkatan biaya hidup, Anda mungkin perlu mengkalibrasi ulang tabungan dan strategi pengeluaran Anda untuk mencapai tujuan jangka panjang seperti membayar kuliah, melunasi pinjaman mahasiswa, membeli rumah atau menabung untuk masa pensiun,” kata Hirshman.

“Fleksibilitas adalah kuncinya, dan penting untuk mengambil langkah mundur untuk meninjau pengeluaran diskresioner Anda dan sasaran keuangan jangka pendek dan jangka panjang selama periode kenaikan suku bunga,” sambungnya.

Mengunci tarif yang lebih tinggi hari ini

Sementara kenaikan suku bunga telah membuat lebih mahal untuk membiayai rumah atau mobil, mengunci suku bunga yang lebih tinggi untuk tabungan dan investasi (bila berlaku) dapat membantu Anda mengatasi inflasi atau setidaknya mengikuti.

Hirshman mengatakan bahwa, khususnya, tingkat pembayaran anuitas adalah yang tertinggi dalam satu dekade.

Sebagai contoh, penasihat mengatakan anuitas langsung premi tunggal, juga dikenal sebagai anuitas langsung tetap, dapat bermanfaat bagi pensiunan dengan kesehatan yang baik yang khawatir aset mereka akan hidup lebih lama. Dalam hal ini, anuitas dengan tarif tetap dapat memberikan pendapatan yang dapat diprediksi untuk menutupi sebagian dari biaya penting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diversifikasi portofolio

Portofolio investasi yang terdiversifikasi penting selama masa inflasi tinggi.

“Bangun portofolio yang terdiversifikasi berdasarkan toleransi risiko individu, cakrawala waktu, dan tujuan jangka panjang Anda,” katanya.

Namun, penasihat tersebut menambahkan bahwa membangun portofolio yang terdiversifikasi tidak selalu Anda membeli dan menahan. Alokasi aset mungkin tetap sama, namun kepemilikan yang mendasarinya perlu disesuaikan seiring waktu.

Selama masa inflasi tinggi, Hirshman mengatakan bahwa fokus pada kualitas penting untuk ekuitas dan pendapatan tetap. Meskipun penasihat tidak menyarankan untuk mencoba mengatur waktu pasar, dia menyarankan untuk tetap berinvestasi di berbagai kelas aset dari waktu ke waktu untuk memperhitungkan perubahan kondisi pasar.

Bangun dana darurat dan investasikan sisanya

Pastikan untuk menyimpan dana darurat Anda saat inflasi tinggi.

Perencana keuangan Brandon Goldstein dari Prudential Financial mengatakan dana darurat selalu menjadi tempat awal dari setiap "pembangunan" keuangan, terutama di saat inflasi terus-menerus. Penasihat juga menyarankan pendekatan multi-cabang untuk menghemat dana darurat yang memastikan uang tidak dibiarkan berlama-lama di tempat yang kehilangan nilainya dari tahun ke tahun.

Goldstein mengatakan tingkat pertama dari sarannya adalah meninjau arus kas dengan lembar anggaran, menentukan pengeluaran bulanan, dan menyisihkan pengeluaran tiga hingga enam bulan dalam rekening tabungan.

“Sementara Anda tidak mendapatkan tarif gila pada akun ini, kecuali jika Anda menjelajahi beberapa rekening tabungan hasil tinggi online, penting agar dana ini mudah diakses, baik untuk keadaan darurat atau pembelian besar yang akan datang,” katanya.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk menginvestasikan uang tambahan ke dalam saham atau reksa dana yang dapat dicairkan jika Anda membutuhkan uang tunai yang tersedia tanpa penalti yang signifikan, jika ada.

Pikirkan kembali pinjaman

Suku bunga tinggi membuat uang pinjaman lebih mahal, jadi lakukan yang terbaik untuk menghindari utang.

Pada akhirnya, Anda harus menghindari meminjam uang kecuali benar-benar harus melakukannya.

Alih-alih meminjam uang, Anda harus mencari cara untuk membayar tunai atau memanfaatkan apa pun yang Anda miliki yang ingin Anda ganti.

Bagaimanapun juga, Anda harus berusaha untuk menghindari utang kartu kredit. Tingkat bunga rata-rata rekening kartu kredit yang saat ini mengumpulkan bunga adalah 20,92 persen menurut Fed. Jadi, utang kartu kredit dapat membuat masalah inflasi Anda jauh lebih buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.