Sukses

Melihat Nilai Pasar Sederet Klub Sepak Bola di Liga Arab Saudi, Siapa Jawaranya?

Berikut deretan klub paling berharga berdasarkan nilai pasar atau valuasi skuad di liga Arab Saudi versi totalsportal.com.

Liputan6.com, Jakarta - Iming-iming kontrak yang menggiurkan terus menarik nama-nama bintang ke liga Arab Saudi. Di tengah pemain bintang yang datang ke Arab Saudi, ada lima klub di liga Arab Saudi masuk daftar klub paling berharga berdasarkan nilai pasar.

Dikutip dari laporan sportingnews.com pada 8 Februari 2023, Karim Benzema dan N’Golo Kante bergabung dengan juara bertahan Al Ittihad, kipper Senegal Edouard Mendy bergabung dengan Al Ahli, dan mantan rekan setim Chelsea Kalidou bergabung dengan rival Al Hilal. Sejak itu, transfer terus berlanjut.

Adapun Karim Benzema akan mendapatkan 84 juta pound sterling atau USD 107 juta atau sekitar Rp 1,62 triliun (asumsi kurs Rp 15.181 per dolar AS) per tahun selama tiga tahun di Al Ittihad. Kante dilaporkan akan hasilkan 67,6 juta pound sterling atau 86 juta per tahun selama kontrak empat tahunnya.

Al Hilal juga mengejar target ambisius dari Paris Saint-Germain, termasuk langkah potensial rekor dunia untuk Kylian Mbappe, di samping tawaran untuk pemain internasional Italia Marco Verratti.

Marcelo Brozovic telah pindah ke Al Nassr bergabung bersama Cristiano Ronaldo, Roberto Firmino telah menyelesaikan perpindahan bebas transfer ke Al Ahli setelah meninggalkan Liverpool dan bintang Serbia Sergej Milinkovic-Savic telah menerima perpindahan ke Al Hilal.

Selain itu,  Jordan Henderson bergabung dengan mantan kapten The Reds dan Inggris Steven Gerrard dalam peran barunya di Al Ettifaq. Kini, Riyad Mahrez telah bergabung dari Manchester City. Sporting News melihat transfer terbesar ke Arab Saudi sejauh ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejumlah Bintang ke Arab Saudi

Anderson Talisca adalah salah satu nama terkenal pertama yang bergabung dengan liga Arab Saudi. Dia pindah ke Al Nassr setelah beberapa tahun di China.

Cristiano Ronaldo juga menjadi daya tarik liga Arab Saudi ketika meninggalkan Manchester United dan bergabung ke Al Nassr setelah Piala Dunia 2022. Ia membantu mereka mendapatkan lebih banyak penonton dan menunjukkan hierarki liga Arab Saudi kalau dapat menarik nama-nama besar. Sadio Mane pun bergabung ke Al Nassr dari Bayern Munich. 

Sebelumnya kepindahan Ruben Neves ke Al Hilal senilai 47,1 juta pound sterling atau USD 60 juta dari klub liga Premier Wolves telah mencetak rekor transfer baru pada Juni, tetapi tolok ukur itu telah dinaikkan lagi oleh mantan pemain Barcelona Malcom.

Ia bergabung dengan Al Hilal dari klub Rusia Zenit Saint Petersburg dengan biaya 51,5 juta pound sterling atau USD 66,9 juta. Kepindahan Riyad Mahrez ke Al Ahli itu diumumkan oleh Manchester City pada 28 Juli. Pemain sayap Aljazair itu akhiri masa suksesnya di liga Premier dengan bayaran sekitar 30 juta pound sterling atau USD 38,6 juta. Ia dengan cepat diikuti ke klub yang sama oleh pemain lainnya Allan Saint-Maximin dari Newcastle.

Di tengah sejumlah transfer pemain bintang sepak bola itu, liga Arab Saudi mengalami ledakan popularitas dan ketenaran. Sejumlah pemain tertarik pada klub seiring bayaran besar dan kesepakatan promosi.

3 dari 5 halaman

Daftar Klub Paling Berharga di Liga Arab Saudi Berdasarkan Nilai Pasar

Dikutip dari laporan totalsportal.com pada 15 Februari 2023, dengan kesepakatan promosi dan mendatangi sejumlah bintang, tim hasilkan pendapatan besar dan meningkatkan kekayaan bersihnya.

Berikut deretan klub paling berharga berdasarkan nilai pasar atau valuasi skuat di liga Arab Saudi dari laporan totalsportal.com pada Februari 2023, demikian daftar klubnya:

1.Al-Nassr: USD 87,7 juta atau sekitar Rp 1,33 triliun 

Dengan nilai pasar USD 87,7 juta, Al-Nassr menduduki puncak daftar berdasarkan versi totalsportal.com. Banyak pemain terkenal termasuk Cristiano Ronaldo, Meshari Al Nemer dan Luiz Gustavo saat ini memegang kontrak dengan tim.

Dengan demikian, Al Nassr menginvestasikan lebih banyak uang yang hasilkan pendapatan. Klub dapat hasilkan pendapatan dari sumber penjualan merchandise, sponsor dan kesepakatan hak gambar.

2.Al-Shabab: USD 42,7 juta (Rp 648,22 miliar)

Klub Al-Shabab yang masuk daftar dengan nilai pasar USD 42,7 juta. Ada peningkatan besar dalam nilai pasar tim karena mereka bermain sangat baik dalam dua musim terakhir. Selain itu, penandatanganan nama-nama besar juga meningkatkan penggemar yang hasilkan promosi ektensif dan lebih banyak pendapatan.

Merek Emaratech dan SGH juga memberikan endorsement dan membayar jutaan dolar AS sesuai kontrak. Namun, tidak disampaikan detil nilai kontrak.

4 dari 5 halaman

3.Al-Hilal: USD 42,6 juta (Rp 646,71 miliar)

Memiliki nilai pasar USD 42,6 juta menempatkan klub ini berada pada urutan ketiga dalam daftar ini. Al Hilal telah menandatangani kesepakatan endorsements jutaan dolar AS dengan sejumlah merek terkenal dunia. Saat ini hasilkan pendapatan sebesar USD 55,5 juta atau sekitar Rp 842,54 miliar dari satu musim.

Selain itu, penjualan merchandise dan kesepakatan hak cipta foto juga mendatangkan uang bagi klub sehingga mendongkrak nilai pasar klub.

4.Al-Ittihad: USD 31,6 juta (Rp 479,71 juta)

Setelah kumpulkan pendapatan USD 23,1 juta dari satu musim, klub Al-Ittihad menjadi salah satu tim terkaya di liga Arab Saudi. Mereka telah tampil sangat baik dari dua hingga tiga tahun terakhir yang inspirasi investor untuk memasukkan dana ke dalam tim.

Saat ini klub memiliki nilai pasar USD 31,6 juta dan pemilik berharap untuk menandatangani beberapa kesepakatan sponsor untuk hasilkan lebih banyak pendapatan.

5 dari 5 halaman

5.Ettifaq: USD 30,8 juta (Rp 467,57 miliar)

Setelah menjalani musim yang memukau secara beruntung, Ettifaq kini berada di peringkat lima dalam daftar klub paling berharga di liba Arab Saudi. Pemilik telah menjual hak image dengan harga sangat tinggi dan meningkatkan kekayaan tim. Selain itu, penjualan kaos dan kesepakatan sponsor dengan merek terkenal juga memberikan uang yang sangat besar kepada pemilik dan nilai pasar tim yang menyentuh USD 30,8 juta.

Nilai Pasar

Adapun mengutip berbagai sumber, nilai pasar atau valuasi skuad sebuah klub sering menjadi indikator statusnya peserta sebuah kompetisi. Nilai skuad dihitung dengan menjumlahkan nilai pasar transfer semua pemain yang ada di tim. Nilai ini sering dipakai sebagai ukuran kekuatan dan daya saing tim secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini