Sukses

Kloter I Jemaah Haji Tiba di Indonesia

Pada Selasa, 4 Juli 2023 kemarin, kloter pertama jemaah haji berhasil mendarat setelah terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan mencatat kedatangan jemaah haji ke Indonesia sudah mulai berjalan. Salah satunya ditandai dengan telah mendaratnya kloter I jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta.

Pada Selasa, 4 Juli 2023 kemarin, kloter pertama berhasil mendarat setelah terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Kedatangan kloter pertama ini sekaligus mengawali fase gelombang pertama jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Sebanyak 371 jamaah haji beserta 5 petugas haji telah tiba di Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Saudia Airline pada pukul 15.47 WIB.

"Alhamdulillah kedatangan pesawat yang mengangkut jemaah haji kloter pertama di Bandara Soekarno Hatta berjalan lancar. Semoga sampai kloter terakhir operasional penerbangan berjalan selamat, aman dan nyaman," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M.Kristi Endah Murni, melalui keterangannya, ditulis Rabu (5/7/2023).

Waktu Kedatangan

Kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta ini direncanakan berlangsung mulai 4 Juli – 4 Agustus 2023 menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

Kristi mengatakan Ditjen Hubud bersama dengan kementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan terkait memastikan kesiapan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan kedatangan jemaah haji dengan baik, khususnya jemaah haji lansia.

"Sesuai tema haji tahun 2023 yaitu Ramah Lansia, maka fasilitas kursi roda dan petugas telah siap membantu jemaah haji mulai dari keluar pesawat menuju terminal bandara hingga memasuki bus yang mengantarkan ke asrama haji," jelas Kristi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menuju Asrama Haji

Dia menyebut, dari bandara, jemaah haji diberangkatkan ke asrama haji menggunakan 6 unit Bus Damri dengan pengawalan oleh pihak Balai Karantina Kesehatan Soekarno Hatta.

Kristi berharap proses kedatangan jamaah haji dan pelayanan angkutan udara di semua bandara yang telah ditetapkan dapat berjalan lancar dan tidak ada kejadian khusus atau penerbangan lain yang terdampak.

“Setelah semua proses kedatangan jemaah haji nanti selesai, kami akan melakukan evaluasi untuk perbaikan pelayanan angkutan udara haji tahun berikutnya,” ungkap Kristi.

 

3 dari 4 halaman

Keberangkatan

Diberitakan sebelumnya, Garuda Indonesia telah menyelesaikan fase I keberangkatan penerbangan haji 2023. Selesainya fase I penerbangan Haji 2023 tersebut ditandai dengan diberangkatkannya 165 calon jemaah Haji dari embarkasi Batam yang dilayani dengan GA-3502 menuju Jeddah pada 23 Juni 2023 pukul 22.41 waktu setempat.

Dengan selesainya fase I Haji 1444/2023 tersebut, Garuda Indonesia telah menerbangkan total 110.404 calon jemaah haji yang terbagi dalam 305 kelompok terbang (kloter). Pada fase keberangkatan ini, maskapai pelat merah tersebut mencatatkan On Time Performance (OTP) sebesar 88,9 persen.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, pihaknya senantiasa berupaya mengoptimalkan dukungan terhadap layanan penerbangan Haji. Khususnya dalam memastikan layanan penerbangan yang aman, nyaman, serta seamless bagi seluruh jemaah.

"Komitmen tersebut kami optimalkan melalui kesiapan operasional penerbangan serta koordinasi secara intensif dengan berbagai stakeholder khususnya untuk memastikan layanan penerbangan Haji bagi seluruh jemaah dapat berjalan lancar dan tepat waktu," papar Irfan, Selasa (27/6/2023).

Adapun seluruh calon jemaah tersebut turut mencakup kuota haji tambahan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Selain dilayani dari 9 embarkasi yang telah ditetapkan sebelumnya juga dilayani dari 5 embarkasi tambahan, yakni Jakarta-Bekasi, Kertajati, Surabaya, Palembang, dan Batam.

 

4 dari 4 halaman

Rincian

Dengan telah usainya Fase I penerbangan Haji tahun ini, maka Garuda Indonesia telah mengangkut calon jemaah haji dari Banda Aceh sebanyak 4.560 jemaah.

Selanjutnya dari Balikpapan 6.082 jemaah, Banjarmasin 5.568 jemaah, Batam 476 jemaah, Jakarta 19.366 jemaah, Jakarta-Bekasi 393 jemaah, Kertajati 318, Lombok 4.999 jemaah, Makassar 16.864 jemaah, Medan 8.142 jemaah, Padang 6.607 jemaah, Palembang 333 jemaah, Solo 35.291 jemaah, dan Surabaya 1.405 jemaah.

Secara keseluruhan, fase I keberangkatan Haji Garuda Indonesia pada tahun ini, menuju Madinah dan Jeddah, telah dilaksanakan mulai 24 Mei-23 Juni 2023. Selanjutnya, Fase II kepulangan akan dilaksanakan mulai tanggal 4 Juli hingga 3 Agustus 2023.

"Keberhasilan menyelesaikan layanan penerbangan bagi lebih dari 100 ribu jemaah merupakan hal yang sangat kami syukuri. Terlebih, penerbangan haji tahun ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi kami, di mana total jumlah jemaah lansia asal Indonesia, yang mencapai lebih dari 30 persen, tercatat merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir," imbuh Irfan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.