Sukses

Cerita Sukses Miliarder Termuda Dunia, Punya Perusahaan Teknologi Senilai Rp 35,9 Triliun

Sosok miliarder temuda di dunia itu adalah Austin Russell, pengusaha asal AS yang mendirikan startup teknologi Luminar Technologies.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin sulit untuk percaya bahwa seorang miliarder termuda di dunia, memiliki kesamaan dengan anak muda lain seusianya. 

Sosok miliarder temuda di dunia itu adalah Austin Russell, pengusaha asal Amerika Serikat yang mendirikan startup teknologi Luminar Technologies yang berbasis di Orlando, Florida, yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar senilai USD 2,4 miliar atau setara Rp 35,9 triliun.

Perusahaan itu didirikan Russell 11 tahun lalu saat ia masih remaja, mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menggerakkan mobil self-driving.

Russell pun memuji perjalanan membangun bisnisnya, karena dua sifat yang umum di kalangan generasi muda, yaitu energi dan semangat.

"Orang-orang berusia 20-an memiliki banyak energi yang besar," ujar Russell, dikutip dari CNBC International, Rabu (28/6/2023).

"Mereka menaruh banyak semangat (dalam) hal-hal dan saya tentu tidak terkecuali untuk itu. Saya mungkin menganggapnya ekstrem, dan itu sangat berarti," ungkapnya kepada CNBC Make It.

Survei SAP tahun 2020 terhadap 10.000 orang menemukan bahwa generasi milenial lebih bersemangat daripada generasi baby boomer dan Gen X. Satu-satunya grup di depan mereka, saat ini, adalah Gen Z, yang kemungkinan akan terlampaui seiring dengan datangnya generasi berikutnya.

Dari bisnis startup yang dijalankannya, Russell diperkirakan berhasil mengumpulkan kekayaan bersih sebesar USD 1,6 miliar atau setara Rp 23,9 triliun.

Dalam sebagian besar kasus, hanya sedikit remaja atau orang berusia 20-an atau 30-an yang dapat meluncurkan dan mempertahankan jenis bisnis tersebut.

Namun dalam perjalanan Russell, dia dibantu oleh Thiel Fellowship, dengan pendanaan sebesar USD 100.000 untuk keluar dari Universitas Stanford dan mengembangkan perusahaan teknologi secara penuh waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Cukup Hanya dengan Energi dan Semangat

Russell mengungkapkan kepada Forbes pada tahun 2021, "Saya berusia 16, 17 tahun di mana saya berkata ... 'Saya memiliki visi untuk menciptakan sistem laser jenis baru yang memungkinkan mobil dapat mengemudi sendiri. Dan kami akan mengalahkan Google di bidang ini, dan semua pembuat mobil besar, dalam upaya pengembangan mereka, mereka akan melakukan ini".

Saat ini, Luminar Technologies memiliki ratusan karyawan.

Mobil Anda mungkin akan segera menyertakan teknologinya, jika Anda mengendarai mobil Mercedes-Benz atau Volvo.

Russell mengakui, bahwa untuk membangun perusahaan seperti yang dijalankannya membutuhkan lebih dari sekadar semangat dan energi.

"Saya kira, saya benar-benar menghafal tabel periodik – saya pikir saya berusia sekitar 2 tahun atau lebih," bebernya kepada CNBC Make It pada tahun 2018.

"Saya hanya terobsesi untuk mempelajari hal-hal tertentu… secara mandiri belajar dan memahami banyak hal baru jenis bidang ilmiah," ceritanya.

 

3 dari 3 halaman

Komitmen Menjaga Semangat

Tetapi Russell mungkin tidak akan mengasah keterampilan teknis dan bisnisnya, mulai dari pengkodean hingga pemasaran, tanpa memanfaatkan dorongan itu di usia muda.

Dia pun berharap untuk menjaga momentumnya selama dia bisa, katanya – bahkan saat dia menua, dan energi serta semangatnya berpotensi memudar.

"Saya pikir banyak orang berusia 20-an dan 30-an memiliki pikiran yang lebih terbuka terhadap dunia," ujar Russell. 

"Dan kemudian rasanya seperti, seiring waktu, itu tertutup begitu saja, atau orang-orang mendarah daging dalam cara-cara tertentu dalam melakukan sesuatu. Sering kali, Anda hanya perlu mendekati masalah dari perspektif baru," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.