Sukses

Cetak Perjualan Rp 2,61 Triliun, Samator Indo Gas Sebar Dividen Rp 14,9 Miliar

PT Samator Indo Gas Tbk akan membagikan dividen tunai Tahun Buku 2022 sebesar Rp 14,9 miliar

 

Liputan6.com, Jakarta PT Samator Indo Gas Tbk akan membagikan dividen tunai Tahun Buku 2022 sebesar Rp 14,9 miliar. Jumlah dividen yang dibagikan setara 15% laba bersih perseroan tahun lalu yang sebesar Rp 99,34 miliar. Para pemegang saham akan mendapatkan dividen sebesar Rp 4,86 per saham.

Secara angka, Perseroan menyisihkan Laba Bersih Tahun Buku 2022 sebesar Rp 5 miliar untuk dana cadangan, sementara sebesar Rp 79,4 miliar lainnya digunakan untuk menambah Saldo Laba (Retained Earning) untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Adapun Perseroan mencatat total penjualan mencapai Rp 2,61 triliun, Laba Bruto mencapai Rp 1,16 triliun, dan Laba Tahun Berjalan tercetak positif di level Rp 103,89 miliar per periode FY2022.

Selain itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 telah membahas 8 Mata Acara yang terdiri atas 6 Mata Acara tahunan, seperti Pengesahan Laporan Tahunan Perusahaan dan Penetapan Penggunaan Laba Bersih, serta 2 Mata Acara lainnya yang memerlukan persetujuan Pemegang Saham, salah satunya yaitu Persetujuan Perubahan Susunan Anggota Komisaris dan Direksi Perseroan.

"Melalui perubahan susunan Manajemen yang berkolaborasi dengan CVC, Perseroan optimis akan terus tumbuh dan memperkuat posisinya pada sektor gas industri dan medis di Indonesia. Perubahan susunan ini merupakan bagian dari komitmen Perseroan untuk terus bertransformasi positif dan diharapkan mampu membawa manfaat yang signifikan bagi para pemegang saham yang sejalan dengan visi misi Perseroan, serta membuka peluang besar untuk turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia," kata Direktur Utama Perseroan, Rachmat Harsono, dikutip Sabtu (3/6/2023).

Pemegang Saham Perseroan sepakat menyetujui perubahan susunan Manajemen Perseroan, sehingga komposisi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan adalah sebagai berikut:

Komisaris

  • Komisaris Utama : Heyzer Harsono
  • Wakil Komisaris Utama : Rasid Harsono
  • Wakil Komisaris Utama : Setyo Wahono, S.E., M.M.
  • Komisaris : Michael William P. Soeryadjaya
  • Komisaris : Atiff Ibrahim Gill
  • Komisaris Independen : Komjen Pol (P) Drs. Sutanto, S.H.
  • Komisaris Independen : Dr. Dr. Robiyanto, S.E., M.M.
  • Komisaris Independen : Dr. Hans-Gerd Wienands

Direksi

  • Direktur Utama : Rachmat Harsono, B.Sc., M.B.A.  
  • Wakil Direktur Utama : Ir. Ferryawan Utomo, M.M.  
  • Direktur : Imelda Mulyani Harsono, B.A., M.M., LL.M
  • Direktur : Nini Liemijanto, S.E. Akt., M.B.A.  
  • Direktur : Budi Susanto 
  • Direktur : Djanarko Tjandra Dipl.-Ing, M.Sc
  • Direktur : Octavianus Santoso Rastanto, S.T.
  • Direktur : Andy Purwohardono

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelian Saham Minoritas

Sedikit kilas balik sehubungan dengan anggota jajaran Komisaris dan Direksi yang disebutkan, per 15 Maret 2023, Matrix Company Limited, sebuah perusahaan investasi induk yang dikelola oleh CVC Capital Partners (CVC) telah membeli saham minoritas signifikan di Perseroan dari pemegang saham eksisting dengan nilai sekitar US$155 juta.

CVC Asia Pacific sendiri merupakan manajer investasi alternatif global terkemuka dengan €137 miliar aset yang dikelola dan rekam jejak investasi yang kuat di Indonesia setelah 7 investasi lainnya di Indonesia.

Melalui konteks tersebut, Perseroan dengan rasa hormat menyambut keterlibatan Matrix Company Limited yang saat ini terwujud dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

 

3 dari 3 halaman

Samator Bangun Pabrik Terbesar di Jateng Senilai Rp 500 Miliar

PT Samator Indo Gas Tbk melakukan Groundbreaking Pabrik di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City, Batang, Jawa Tengah. Pabrik ini secara resmi akan menjadi pabrik ke-56 Perusahaan dan dijadwalkan commissioning pada Kuartal IV Tahun 2024.

Acara Groundbreaking dipimpin oleh Direktur Utama AGII Rachmat Harsono, dan turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Direktur Utama PT KITB Ngurah Wirawan.

“Kami bersyukur hari ini telah diberi kesempatan untuk secara resmi mengumumkan peletakan batu pertama pabrik kami yang ke-56 di KITB, bersama dengan Pemerintah Jawa Tengah, Pejabat KITB, serta tamu dan mitra terhormat yang hadir bersama kami hari ini,” kata Rachmat Harsono, Jumat (17/3/2023)

“Pabrik baru ini akan turut mendukung dedikasi kami untuk melayani kebutuhan gas industri di Jawa Tengah dan ikut serta dalam perjalanan Indonesia pada era Industrialisasi Cerdas dan Berkelanjutan.” lanjut dia,

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, saat ini tidak banyak supplier oksigen di Indonesia dan Samator adalah salah satu yang terbesar.

"Pada saat pandemi terjadi, dibawah kepemimpinan Almarhum Bapak Arief Harsono, Provinsi Jawa Tengah turut dibantu untuk memastikan suplai oksigen tersedia demi keselamatan rakyat. Hal ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjunjung tinggi nilai kemanusiaan," tutur dia.

"Kami senang Samator akan membuka pabrik di KITB, yang dimana akan menjadi pabrik terbesar milik Samator. Kami pastikan kawasan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mempersembahkan yang terbaik demi bangsa," tambahnya.

Melalui pabrik baru ini, Perusahaan tidak hanya berniat mengembangkan bisnis pipeline dengan melayani tenant-tenant di KITB, namun juga mengembangkan bisnis lainnya dengan pelanggan industri maupun medis yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.