Sukses

Indonesia Gandeng Australia dan Bank Dunia Luncurkan 'The Indonesia Gender Dashboard On women In SMEs'

KemenPPPA bermitra dengan G20 Empower Indonesia dan Bank Dunia, didukung oleh Pemerintah Australia, meluncurkan The Indonesia Gender Dashboard on Women in SMEs dan laporan Opening Opportunities: The economic Cost of Gender Gaps in Entrepreneurship in Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - KemenPPPA bermitra dengan G20 Empower Indonesia dan Bank Dunia, didukung oleh Pemerintah Australia, meluncurkan The Indonesia Gender Dashboard on Women in SMEs dan laporan Opening Opportunities: The economic Cost of Gender Gaps in Entrepreneurship in Indonesia. 

Hal ini untuk mendukung peran perempuan dalam kesetaraan gender pembangunan ekonomi. Sebab, tak diragukan lagi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, UMKM menyumbang 61persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB), dan menyerap 98 persen dari total tenaga kerja. 

"Perempuan memainkan peran penting dalam UMKM. Statistik mencatat bahwa 64,5 persen UMKM saat ini dimiliki atau dikelola oleh perempuan. Nilainya diproyeksikan sekitar USD 135 miliar pada tahun 2025," ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, Kamis (1/6/2023).

Atas kerjasama ini, lanjut Bintang, negara menyadari peran perempuan bagi bangsa, maka pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong kesetaraan gender dalam pembangunan.

Sementara, Rinawati Prihatiningsih, Wakil Ketua Umum DPP IWAPI juga menjabat sebagai Co-Chair G20 EMPOWER menuturkan, saat ini Indonesia sedang dihadapkan dengan krisis multi dimensional global yang didorong akibat pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya pulih. 

“Di tengah krisis multi dimensional tersebut, peran perempuan di sektor UMKM menjadi strategis. Untuk itu diperlukan kerjasama global dan pentingnya kolaborasi yang terkoordinasi dalam memajukan perempuan di sektor UMKM, “ ujarnya.

Lalu, keterlibatan Bank Dunia dan dukungan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia dalam menghasilkan analitik yang dapat ditindaklanjuti, untuk menginformasikan kebijakan dan inisiatif dapat berkontribusi dalam memaksimalkan upaya bersama untuk memajukan pemberdayaan perempuan dengan langkah yang inklusif dan sejahtera. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Platform Interaktif

Di satu sisi, laporan Opening Opportunities mengulas kendala yang mengikat bagi kewirausahaan perempuan di Indonesia. Panduan ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan lingkungan bisnis bagi UMKM perempuan. 

"Gender Dashboard merupakan platform interaktif yang merujuk laporan Bank Dunia dan publikasi lainnya yang berfokus pada gender di sektor swasta serta bekerja untuk mengumpulkan data baru,"katanya.

Tak hanya itu, Gender Dashboard pun bertindak sebagai platform kolaboratif, terbuka, dan hidup, mengumpulkan hasil dari upaya kolektif, dan penyelenggara virtual suatu aksi. Gender Dashboard akan menjadi alat yang berguna untuk memantau kemajuan indikator kunci terkait partisipasi ekonomi perempuan dan mendukung dialog kebijakan di suatu negara. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini