Sukses

Beda Dengan AS, Intip Cara Denmark Kelola Utang

Denmark menjadi satu-satunya negara di dunia dengan batas utang yang ditetapkan pada angka nominal tetap, namun tidak pernah menghasilkan gejolak politik dan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat (AS) berisiko mengalami default untuk pertama kalinya, jika Kongres tidak dapat memecahkan kebuntuan plafon utang hingga 1 Juni mendatang.

Hal ini dikhawatirkan menimbulkan konsekuensi ekonomi yang serius, termasuk resesi, kehilangan pekerjaan massal, dan runtuhnya pasar saham global.

Plafon utang AS sendiri telah dinaikkan sebanyak 78 kali sejak tahun 1960, terakhir naik USD 2,5 triliun pada Desember 2021 menjadi USD 31,381 triliun.

Melansir CNBC Intenational, Kamis (25/4/2023) sementara pagu utang AS. membatasi pinjaman pemerintah pada angka tertentu, sejumlah negara lain menetapkan batas utang sebagai persentase dari PDB.

Misalnya, negara-negara yang merupakan bagian dari Uni Eropa, di bawah aturan yang ditetapkan dalam Perjanjian Maastricht, sepakat mempertahankan utang publiknya di bawah 60 persen dari PDB dan mempertahankan defisit anggaran tahunan kurang dari 3 persen.

Denmark menjadi satu-satunya negara di dunia dengan batas utang yang ditetapkan pada angka nominal tetap, namun tidak pernah menghasilkan gejolak politik dan ekonomi. Bahkan, jarang dibicarakan.

Profesor ekonomi di University of Copenhagen, Laura Sunder-Plassmann menjelaskan bahwa hal ini sebagian besar karena plafon utang Denmark dirancang untuk menjadi ketentuan konstitusional sintetik dan ditetapkan sangat tinggi, sehingga tidak akan pernah menjadi "alat tawar-menawar politik" karena kebutuhan pinjaman pemerintah berulang kali bertentangan dengannya.

Dia juga menjelaskan bahwa politik di Denmark kurang terpolarisasi secara politis, dengan dua partai besar dan selusin atau lebih kecil tetapi bukan partai yang tidak signifikan terwakili di parlemen.

"Meskipun pasti ada argumen yang harus dibuat untuk aturan fiskal, sebagian besar negara maju telah memilih batasan yang tidak mengikat pada rasio utang terhadap PDB (dan defisit) daripada jumlah nominal, yang meskipun mungkin tidak sempurna setidaknya menghindari perdebatan yang seperti kita lihat di A.S," beber Sunder-Plassmann dalam sebuah pesan email.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Pengelolaan Utang Denmark

Plafon utang Denmark, atau yang dikenal sebagai "gældsloft", diterapkan sebagai persyaratan konstitusional pada tahun 1993 setelah restrukturisasi pemerintah negara tersebut, dan ditetapkan sebesar 950 miliar kroner Denmark (USD 137,5 miliar).

Politisi Denmark menganggap batas utang tersebut lebih sebagai formalitas sintetik, sebagian besar untuk meyakinkan parlemen dan publik bahwa pemerintah tidak boleh lengah.

Denmark secara historis mempertahankan posisi fiskal yang kuat, tetapi mengalami defisit yang signifikan setelah krisis keuangan tahun 2008, mendorong plafon utang dinaikkan pada tahun 2010 menjadi 2 triliun kroner Denmark.

Ini adalah batas yang besar dan kuat untuk negara kecil berpenduduk sekitar 6 juta orang, dengan utang nasional hanya 323 miliar kroner pada akhir tahun 2022, menurut Bank Nasional Denmark.

Denmark menjalankan surplus anggaran dan telah melihat utangnya turun secara substansial selama dekade terakhir.

Utang nasional terhadap PDB terus menurun hingga lonjakan pada tahun 2020 yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan turun lagi menjadi lebih dari 30 persen PDB pada akhir tahun 2022.

3 dari 3 halaman

Sistem yang Terstruktur

Jesper Rangvid, profesor keuangan di Sekolah Bisnis Kopenhagen, mengatakan bahwa sistem di Denmark terstruktur sehingga keputusan politik tentang kebijakan fiskal hanya pada anggaran publik untuk pajak dan pengeluaran setiap tahun, dengan plafon utang yang sepenuhnya terpisah.

"Plafon utag tidak dibahas di negara ini karena itu bukan masalah, dan tentu saja, karena faktor inilah semua surplus selama bertahun-tahun pada anggaran pemerintah, dan oleh karena itu utang benar-benar jatuh untuk bertahun-tahun," jelasnya melalui sebuah panggilan telepon dari Kopenhagen.

"Kami memiliki diskusi politik ketika kami memutuskan pengeluaran dan pajak dan sebagainya, dan batas utang tidak boleh membatasi itu, yang tentu saja sangat berbeda dengan AS, di mana mereka memiliki diskusi tahunan tentang anggaran, tentang pengeluaran  dan pendapatan, dan karena Anda selalu mengalami defisit, maka Anda juga berdiskusi tentang batas utang," paparnya.

Rangvid menambahkan, sementara politisi Denmark di berbagai partai politik negara itu memiliki spektrum pandangan yang sangat luas tentang kebijakan fiskal, perbedaan utamanya adalah bahwa forum untuk membahasnya terbatas pada anggaran tahunan.

Oleh karena itu, fungsi-fungsi lain dari pemerintah tidak dapat diganggu oleh tuntutan fiskal dari partai-partai oposisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini