Sukses

1,1 Juta Tiket Kereta Mudik Lebaran 2023 Terjual, 5 KA Ini Full Penumpang

Tiket Kereta Api Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023 (12 April s.d 3 Mei 2023) sebanyak 1.137.854 tiket atau 39,5 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan.

Liputan6.com, Jakarta Tiket Kereta Api Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023 (12 April s.d 3 Mei 2023) sebanyak 1.137.854 tiket atau 39,5 persen dari total keseluruhan tiket kereta yang disediakan. Data tersebut berdasarkan pantauan Senin 27 Maret 2023 pukul 9.00 WIB.

Dilansir dari keterangan resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero), Senin (27/3/2023), jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Relasi Favorit

  • Untuk periode sebelum Lebaran: Didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).
  • Untuk periode setelah Lebaran: Didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta / Bandung).

Berikut perjalanan KA yang masuk 10 besar dalam okupansi yang telah dipesan:

  1. KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp) = 100 persen
  2. KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp) = 100 persen
  3. KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp) = 100 persen
  4. KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp) = 100 persen
  5. KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp) = 100 persen
  6. KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang pp) = 88,23 persen
  7. KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp) = 84,31 persen
  8. KA Serayu (Pasar Senen - Purwokerto pp) = 72,86 persen
  9. KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp) = 67,88 persen
  10. KA Malabar (Bandung - Malang pp) = 65,90 persen

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan:

  • Tanggal 20 April 2023 = 67 persen
  • Tanggal 21 April 2023 = 64 persen
  • Tanggal 25 April 2023 = 61 persen 

Pihak KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

Apabila tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kabar Baik! Buruh Pelabuhan Bakal Dapat Angkutan Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berkoordinasi dengan PT Pelindo (Persero) dan stakeholder terkait untuk mengupayakan fasilitas mudik gratis bagi pekerja dan buruh di lingkungan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, fasilitas mudik gratis tersebut bakal difasilitasi dengan menggunakan bus atau kereta api.

"Diharapkan upaya ini dapat mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor yang potensi kecelakaannya sangat tinggi," kata Adita dalam keterangan tertulis, Senin (27/3/2023).

Lebih lanjut, Adita menyampaikan, Kemenhub juga menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang dan lalu lintas pergerakan angkutan laut.

Pertama, menyiapkan armada kapal penumpang di berbagai pelabuhan. Di Pelabuhan Tanjung Priok misalnya, telah disiapkan 15 kapal penumpang dengan total kapasitas 16.767 orang untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut yang terjadi pada masa mudik Lebaran 2023.

Kedua, melakukan uji petik (inspeksi keselamatan) pada kapal-kapal yang telah disiapkan, untuk memastikan kapal yang beroperasi dalam keadaan laik laut. Uji petik telah dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Samarinda, Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Batam, Banyuwangi, Pelabuhan Palembang, serta Pelabuhan Belawan.

Terakhir, menyiapkan fasiltias Command Center, salah satunya di Pelabuhan Tanjung Priok. Fasilitas ini akan menjadi pusat pengendalian operasi container dan non-container (multipurpose), termasuk pelayanan kapal.

Dengan begitu, lanjut Adita, kemungkinan terjadinya keramaian karena adanya pembatasan angkutan logistik menjelang hari Lebaran dapat diketahui lebih awal sehingga dapat dilakukan antisipasi sebelum benar-benar terjadi.

"Kami juga terus berupaya mengurai kepadatan di pelabuhan saat lebaran, salah satunya dengan mengkaji kemungkinan penggunaan Pelabuhan Bojanegara dan Pelabuhan Bandar Jaya untuk memperkuat Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan," ujar Adita.

3 dari 3 halaman

Kuota Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tinggal 50 Persen, Segera Daftar!

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerangkan kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut 2023 sudah terisi 2.768 motor dari total kuota 5.000 motor. Sedangkan untuk penumpangnya sudah terdaftar 6.306 orang dari total kuota 10.000 orang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Capt. Hendri Ginting mengatakan, kuota mudik gratis sepeda motor sampai dengan Minggu, 26 Maret 2022 pukul 15.30 WIB untuk arus mudik rute Tanjung Priok - Tanjung Emas keberangkatan tanggal 15 April 2023 masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 273 motor dan 602 orang sedangkan untuk keberangkatan tanggal 17 April 2023 sebanyak 1.089 motor dan 2.499 orang.

“Sedangkan untuk arus balik dengan rute Tanjung Emas - Tanjung Priok, untuk keberangkatan tanggal 25 April 2023 sudah terisi 389 motor dan 932 orang sedangkan untuk keberangkatan tanggal 28 April 2023 terisi 1.017 motor dengan 2.273 orang penumpang,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/3/2023).

Pendaftaran Sabtu dan Minggu Tetap DilayaniPendaftaran mudik gratis sepeda motor tetap dilayani setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu, hal tersebut merupakan komitmen dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan kapal laut.

“Pendaftaran secara offline tetap buka setiap hari meskipun hari Sabtu dan Minggu merupakan hari libur, kami tetap buka pendaftaran karena masyakat yang ingin mendaftar dan verifikasi mungkin tidak dapat dilakukan karena bekerja pada hari kerja. Ini bukti kami dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk terus melayani masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis,” ujarnya.

Sebagai informasi Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jendral Perhubungan Laut pada tahun 2023 kembali mengadakan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis dilakukan secara online dan offline, untuk pendaftaran online melalui https://mudikgratis.dephub sedangkan untuk pendaftaran offline dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat no 8 Jakarta Pusat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.