Sukses

Adopsi Teknologi, Supermarket Ini Tawarkan Sensasi Belanja Modern

Gerai supermarket dan farmasi pertama yang mengandalkan teknologi saat bertransaksi mandiri, hadir untuk pertama kalinya di kawasan Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Gerai supermarket dan farmasi pertama yang mengandalkan teknologi saat bertransaksi mandiri, hadir untuk pertama kalinya di kawasan Tangerang. Hal ini diklaim bisa mempermudah masyarakat saat berbelanja kebutuhan harian.

Setelah hadir di beberapa kota besar di Indonesia, Supermarket SCAN AND GO hadir di CBF Ciledug, Kota Tangerang. Gerai supermarket dan farmasi yang mengusung teknologi digital ini, menjanjikan pengalaman baru saat berbelanja, layaknya berbelanja online di toko offline.

Sistem belanja ini sebenarnya sudah dijalankan di berbagai negara, seperti Amerika, Korea Selatan, Jepang dan berbagai negara lainnya. Terlebih pada saat pandemi COVID-19, penerapan teknologi saat bertransaksi sangat penting dilakukan.

“SCAN AND GO menyediakan tiga opsi berbelanja. Pelanggan dapat memilih cara berbelanja sesuai kenyamanan yang diinginkan,” ujar Chief Executive Officer SCAN AND GO Agung Tianara (Alla), Rabu (8/3/2023).

Disediakan Tab

Bahkan di stoler belanja pun, pengunjung akan disediakan tab untuk mengakses langsung aplikasi tersebut.

Cara pertama, pelanggan dapat berbelanja dengan menggunakan aplikasi SCAN AND GO. Pelanggan tinggal datang ke toko, menggunakan aplikasi di handphonenya, untuk memeriksa harga dan detail produk dengan memindai kode batang (barcode) pada produk yang diinginkan. Setelah produk dimasukkan ke keranjang belanja, pelanggan melakukan pembayaran secara online di aplikasi dengan fitur digital payment.

“Rangkaian ini sama persis dengan yang dilakukan saat berbelanja online, bedanya pelanggan bisa langsung membawa pulang produk yang dibelinya,” kata Alla. Lalu, opsi kedua, jika pelanggan tidak memiliki banyak waktu luang, pemesanan produk dapat dilakukan di manapun atau secara online melalui aplikasi di handphone dan siap dikirim dalam waktu 30 menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barang Diantar ke Rumah

Setelah itu, barang akan diantarkan ke rumah atau dapat diambil langsung di toko (self-pick up). Opsi ketiga, pelanggan tetap dapat berbelanja dengan cara tradisional. Datang ke toko, mengambil produk yang diinginkan, dan melakukan pembayaran di Kasir.

“Opsi terakhir ini masih kita sediakan, mengingat edukasi belanja digital kepada masyarakat masih berjalan, dan cara tradisional tetap diperlukan untuk menjembataninya,” tambah Alla.

Dia menambahkan, secara bertahap pihaknya ingin menyampaikan bahwa belanja di SCAN AND GO tidak perlu membawa uang tunai, cukup cashless.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini