Sukses

Timang-Timang Kredit Rumah atau Sewa Rumah, Mana yang Lebih Untung?

Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, sebelum kamu menentukan pilihan yang tepat, ada baiknya mempertimbangkan saat memilih kredit rumah atau sewa rumah.

Liputan6.com, Jakarta Rumah merupakan properti yang diidamkan oleh banyak orang. Banyak orang yang ingin memiliki rumah sendiri dan bisa berkumpul dengan orang tersayang. Akan tetapi, memiliki rumah sendiri bukanlah perkara yang mudah. 

Seiring berjalannya waktu, harga rumah semakin melambung tinggi. Alhasil, banyak orang yang tidak mampu memiliki rumah sendiri. Akhirnya, mereka dihadapkan oleh dua pilihan, kredit rumah impian atau sewa rumah.

Memang, memiliki rumah sendiri merupakan kebutuhan yang ingin diraih oleh banyak orang. Karena dengan rumah sendiri, bisa menjamin ketentraman keluarga dan anak cucu di kemudian hari. Bahkan, rumah sendiri juga dapat diwariskan kelak.

Namun, kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, sebelum kamu menentukan pilihan yang tepat, ada baiknya mempertimbangkan saat memilih kredit rumah atau sewa rumah di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Opsi Kredit Rumah

Alternatif pertama yang kerap dipilih oleh sebagian orang adalah melakukan kredit rumah. Biasanya, orang yang melakukan kredit rumah mempertimbangkan kepemilikan aset di hari tua untuk jangka panjang. 

  • Walaupun harus komitmen membayar cicilan, akan tetapi di hari tua nanti, kamu bisa hidup dengan tentram dan nyaman di rumah impian. Karena kamu tidak perlu memikirkan harus membayar kontrakan pada masa tua nanti.
  • Sebagai investasi jangka panjang. Investasi ini bisa menguntungkan karena harga rumah dari tahun ke tahun terus naik. Ketika kamu sudah melakukan kredit rumah dan sudah menjadi hak milik, itu merupakan sebuah bentuk investasi yang menjanjikan kedepannya.
  • Kamu juga dapat mewariskan rumah yang dimiliki ke anak cucu nanti. 
  • Selain itu, dengan memiliki rumah sendiri, jika sewaktu-waktu kamu terkena masalah finansial yang cukup berat, kamu dapat menyewakan atau menjaminkan rumah untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Sertifikat rumah kamu merupakan kunci untuk mempermudah persetujuan proposal pendanaan dari bank.
  • Bisa renovasi rumah sesuai dengan impian. Dengan kamu melakukan kredit rumah, itu berarti kamu bisa merubah atau merenovasi rumah sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 

Saat memilih opsi kredit rumah, kamu juga perlu mempertimbangkan hal berikut:.

  • Biaya perawatan akan jauh lebih besar. Karena kamu sudah melakukan kredit rumah, otomatis kamu memiliki tanggung jawab yang besar untuk melakukan perbaikan rumah dengan dana sendiri yang terkadang jumlahnya tidaklah kecil. 
  • Jika membeli rumah dengan sistem kredit, kamu harus mencermati manajemen keuangan pribadi agar tidak terjadi kredit macet di tengah jalan. 
3 dari 3 halaman

Opsi Sewa Rumah

Menyewa rumah merupakan salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh sebagian orang. Menyewa rumah memiliki beberapa kelebihan dalam jangka pendek, sembari menabung untuk membeli rumah impian. Adapun kelebihannya, seperti di bawah ini.

  • Ketika memilih untuk menyewa rumah, kamu tidak diwajibkan membayarkan uang muka untuk tinggal di rumah tersebut.
  • Selain perihal uang muka, kamu juga tidak perlu memikirkan persoalan pajak. Pasalnya, pajak rumah tidaklah kecil jumlahnya. Dan jika kamu menyewa rumah, beban pajak tersebut akan dialokasikan ke pemilik.
  • Menyewa rumah juga tidak harus memikirkan biaya renovasi rumah yang kamu tempati. Pasalnya, kamu tidak akan tinggal seumur hidup di sana, bukan? 
  • Jika kamu memilih untuk menyewa rumah, itu berarti kamu memilih untuk melepaskan kesempatan investasi ke depannya. Karena dengan biaya per bulan yang kamu keluarkan selama menyewa rumah, biaya tersebut tidak ada return nyatanya dan kamu tidak memiliki properti sendiri.
  • Walaupun menyewa rumah memiliki kelebihan tidak memikirkan biaya renovasi, akan tetapi tetap saja kamu akan terbebani oleh biaya perbaikan sehari-hari.
  • Selain itu, terdapat pula biaya tambahan untuk pindahan jika masa sewa habis. Memang sih biayanya tidak terlalu besar, akan tetapi jika kamu terus berpindah-pindah dalam jangka waktu yang singkat, tetap saja besar kan biayanya?

Sudah menimbang mana dari keduanya yang cocok untuk kamu pilih? Nah, jika dilihat dari sisi kebutuhan, rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap orang. Selain itu, jika dilihat dari sisi keuangan, memang sewa rumah itu lebih murah, akan tetapi di masa tua nanti ketika pensiun, kamu tidak memiliki rumah sendiri dan harus terus mengeluarkan biaya untuk sewa rumah.

Ketika pensiun, uang yang kamu dapatkan per bulan nominalnya tidak setara dengan yang kamu dapatkan sebelum pensiun. Hal itu akan kamu alokasikan untuk biaya sewa rumah, jika itu terus terjadi pasti akan sangat memberatkan untuk kamu dan keluarga.

Nah, jika ingin melakukan kredit rumah dari sekarang, kamu bisa cari rumah, simulasi cicilan, pengajuan KPR, mengetahui informasi KPR, hingga bayar KPR hanya dari satu aplikasi, yaitu melalui BTN Mobile. Yup, aplikasi tersebut dapat memudahkan kamu untuk melakukan mencari informasi terkait rumah dan KPR!

So, saatnya unduh dan gunakan aplikasi BTN Mobile yang bisa kamu di App Store dan Google Play untuk semua kebutuhan finansialmu! Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait BTN Mobile, kamu dapat mengunjungi website ini atau hubungi Contact Center BTN di 1500286.

Karena #HidupGakCumaTentangHarilni, saatnya mudahkan hidup digital kamu bersama BTN sekarang juga!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.