Sukses

Sri Mulyani Pede Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,4 Persen di Kuartal IV 2022

Menkeu Sri Mulyani Indrawati optimistis ekonomi Indonesia di kuartal IV tahun 2022 akan tumbuh 5,4 persen.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimistis ekonomi Indonesia di kuartal IV tahun 2022 akan tumbuh 5,4 persen. hal itu sejalan dengan konsumsi, investasi, hingga ekspor yang meningkat di akhir tahun.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia momentum di 5,7 persen diperkirakan akan bertahan di Kuartal ke IV ini, sehingga over all pertumbuhan ekonomi Indonesia akan 5,3 persen atau mungkin bahkan 5,4 persen," kata Sri Mulyani dalam acara BRI Microfinance Outlook 2023 dengan tema "Financial Inclusion and ESG : The Road to Equitable Economic Prosperity", Kamis (26/1/2023).

Optimisme itu muncul, karena Menkeu melihat disepanjang kuartal IV-2022 tidak terjadi disrupsi yang cukup besar. Bahkan, kekhawatiran Pemerintah terkait ancaman covid-19 atas pembukaan RRT, ternyata tidak menimbulkan dampak yang signifikan.

"Meskipun waktu itu kita juga concern mengenai pembukaan di RRT apakah menimbulkan spread ternyata juga tidak menimbulkan dampak yang signifikan. Sehingga momentum itu terjaga dan kita cukup confident Tahun 2022," ujarnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus positif sepanjang 2022, didukung dari sisi agregat demand dimana semuanya berkontribusi baik, misalnya untuk konsumsi tumbuh 5 persen, investasi juga tumbuh hampir 6 persen, dan ekspor Indonesia juga yang relatif sangat kuat.

"Sehingga government spending bisa tidak menjadi satu-satunya motor seperti yang terjadi tahun 2020 dan 2021," ujarnya.

Menurut Menkeu, sudah sepantasnya Indonesia bangga, karena mampu pulih dengan baik dibandingkan negara lain. Pada, 2021 semua negara sudah mulai pulih namun tiba-tiba di tahun 2022 ekonomi mereka justru melemah.

"Nah, Indonesia yang interesting kita justru di 2021 waktu itu kita sudah mulai pulih, di 2022 gaining momentum untuk pemulihan yang luar biasa kuat. Kuartal ketiga yang sudah keluar 5,7 persen, dan itu diikuti dengan pengangguran menurun penciptaan kesempatan kerja meningkat kemiskinan juga mulai menurun," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BI Pangkas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 2,3 Persen, Ini Alasannya

Bank Indonesia (BI) merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2023 yang semula 2,6 persen menjadi 2,3 persen.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan ada 5 turbulensi ekonomi global yang terlihat ada kecenderungan penurunan disebabkan banyak faktor.

Diantaranya, pertumbuhan ekonomi global melambat, inflasi global tinggi, suku bunga fed fund rate higher for longer, dolar Amerika Serikat menguat dan cash in the king.

"Memang kecenderungan ada slowing down, karena banyak faktor, seperti perang Rusia dan Ukraina tidak tahu kapan selesai nya," ujar Perry dalam acara Bauran Kebijakan Bank Indonesia Di Tengah Turbulensi Ekonomi Global, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Dia menerangkan inflasi AS masih tinggi sebesar 8 persen namun kemungkinan akan turun, Eropa 9 persen juga akan mengalami penurunan dan Inggris masih di atas 10 persen.

"Kenapa inflasi tinggi karena dampak dari perang Rusia dan Ukraina. RUsia mensupply 20 persen supply energ dan makanan. Karena itu sehingga harga komoditas tinggi," terang dia.

Oleh karena itu, menurutnya sinergi dan inovasi bauran kebijakan ekonomi nasional terus diperkuat sebagai kunci untuk memeprkuat ketahana kebangkita ekonomi nasional.

Perry merincikan ada 5 respon bauran kebijakan nasional, yakni koordinasi fiskal dan moneter, akselerasi transformasi sektor keuangan, akselerasi transformasi sektor riil, digitalisasi ekonomi dan keuangan dan ekonomi dan keuangan hijau.

Tentu tujuan perekonomiannya adalah ketahanan dengan terjaganya stabilitas dari dampak gejolak global, pemulihan momentum pertumbuhan dari permintaan dari permintaan domestik dan kebangkita pertumbuhan ekonomi tinggi berkelanjutan jangka menengah.

3 dari 4 halaman

Meski Melambat, BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Tembus 5 Persen

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terjadi perlambatan pada 2023 ini.

Meskipun hingga akhir 2022 silam, perbaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berlanjut, didorong oleh permintaan domestik yang semakin menguat.

"Pertumbuhan ekonomi tahun 2022 diperkirakan bias ke atas dalam kisaran 4,5-5,3 persen. Didorong oleh kuatnya kinerja ekspor serta membaiknya konsumsi rumah tangga serta investasi non bangunan," kata Perry dalam sesi konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (19/1/2023).

Perbaikan ekonomi diprediksi bakal tetap terjadi pada tahun ini. Meskipun secara angka relatif tidak berubah dibanding pertumbuhan di 2021.

"Pada 2023, pertumbuhan ekonomi diperkirakan terus berlanjut, meskipun sedikit melambat ke titik tengah kisaran 4,5-5,3 persen. Sejalan dengan menurunnya prospek ekonomi global," terang Perry.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Rumah Tangga

Untuk 2023, ia memproyeksikan konsumsi rumah tangga akan tumbuh lebih tinggi, sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pasca penghapusan kebijakan PPKM.

"Investasi juga diperkirakan akan membaik, didorong oleh membaiknya prospek bisnis, meningkatnya aliran masuk penanaman modal asing (PMA), serta berlanjutnya penyelesaian program proyek strategis nasional (PSN)," imbuhnya.

Di sisi lain, ekspor diperkirakan tumbuh lebih rendah akibat melambatnya ekonomi global, meskipun akan termoderasi dengan permintaan dari China.

Berdasarkan lapangan usaha, Perry melanjutkan, prospek sektor industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, serta konstruksi diperkirakan tumbuh cukup kuat, didorong kenaikan permintaan domestik.

"Sementara secara spasial, per wilayah, pertumbuhan ekonomi yang kuat diperkirakan terjadi di seluruh wilayah NKRI seiring dengan perbaikan permintaan domestik," tutur Perry.

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.