Sukses

PLN Terjunkan 2.356 Personel Jaga Listrik Tetap Nyala selama Perayaan Imlek 2023

Terdapat 178 vihara di Jakarta yang menjadi pantauan PLN dalam perayaan Imlek kali ini.

Liputan6.com, Jakarta - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya siap menjaga keandalan dan ketersediaan pasokan listrik untuk perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek tanggal 22 Januari 2023. PLN memperkirakan beban puncak di 22 Januari diperkirakan sentuh 3.872 Mega Watt (MW) dan pada cuti bersama 23 Januari sebesar 4.909 MW.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan menjelaskan, PLN menyiapkan 2.356 personel yang tersebar di 17 posko bersiaga secara shift selama 24 jam sehari. Personel ini siaga selama perayaan Tahun Baru Cina berlangsung baik di rumah-rumah ibadah, maupun pusat-pusat keramaian.

Terdapat 178 vihara di Jakarta yang menjadi pantauan PLN dalam perayaan Imlek kali ini.

DKI Jakarta sendiri dipasok dari  6 subsistem dengan total  7.205 Mega Watt (MW), dengan rata-rata beban puncak sebesar 5.514 MW. Masih ada cadangan pasokan listrik sebesar 28,41 persen untuk memenuhi kebutuhan listrik kota Jakarta.

 

Sebagai perlengkapan pendukung juga disiagakan 6 unit Uninterrupted Power Supply (UPS) dengan total daya 890 KVA, 4 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) sepanjang 1.600 KM, 21 unit Unit Gardu Bergerak (UGB) total daya 14.480 KVA, 8 unit genset kapasitas 2.375 KVA, 7 unit kendaraan deteksi dan 4 unit crane di Jakarta dan sekitarnya.

“Silakan merayakan perayaan Imlek dan akhir pekan yang panjang dengan nyaman. Kami berkomitmen menjaga keandalan pasokan listrik Jakarta dengan pasokan listrik yang cukup dan terus-menerus.” ungkap Doddy dalam keteragan tertulis, Minggu (22/1/2023).

 

Perayaan Imlek kali ini berbarengan dengan libur panjang akhir pekan, dan lewat batas akhir tanggal pembayaran listrik setiap tanggal 20. Pelanggan PLN tidak perlu khawatir tidak bisa membayar listrik saat menghadapi libur akhir pekan panjang.

“Lewat aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa membayar tagihan listriknya dengan mudah. Silakan memanfaat kemudahan yang ada, dan menikmati listriknya dengan nyaman. PLN siap menjaga kelangsungan pasokan listriknya.” tutup Doddy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahun Baru Imlek, Wapres Ma'ruf Amin: Momentum Perkuat Solidaritas Bangsa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, yang diperingati pada Minggu, 22 Januari 2023 menjadi momentum penguatan solidaritas bangsa Indonesia.

Dia juga mengatakan Tahun Baru Masehi 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574 seyogyanya dirayakan dengan rasa syukur dan semangat untuk terus bangkit meskipun tantangan yang dihadapi tidak ringan, agar bangsa Indonesia dapat terus bergerak maju bersama.

"Semangat perayaan Imlek kiranya senantiasa menjadi momentum bagi segenap bangsa Indonesia untuk memperkuat solidaritas dalam mewujudkan visi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/1/2023) dilansir Antara.

Ma'ruf juga mendoakan agar Tuhan senantiasa mempererat kerukunan dan persaudaraan bangsa Indonesia serta melimpahi dengan kekuatan dan pertolongan.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin juga menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili kepada seluruh umat Khonghucu dan warga Indonesia yang merayakan.

"Saudara-saudaraku umat Khonghucu di Tanah Air dan di mana pun berada, saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

 

3 dari 3 halaman

Polda Metro Jaga 255 Titik Wihara Selama Perayaan Imlek

Sementara itu, Polda Metro Jaya bersiap melakukan pengamanan dalam rangka perayaan Imlek atau Tahun Baru China bagi masyarakat yang merayakan. Penjagaan dilakukan dengan menyebar personel di 255 titik wihara.

"Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan terhadap kegiatan kalender Masehi kalender Kamtibmas bagi saudara saudara kita. Ada 255 titik jumlah wihara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Sabtu (21/1/2023).

Dari seluruh wihara, lanjut Trunoyudo, pihaknya akan dipilih titik yang memang melangsungkan ibadah. Agar mendapat skala prioritas pengamanan oleh Polda Metro Jaya dengan jajaran Polres.

Adapun kekuatan pengamanan personel, yang diterjunkan sebanyak 4.550 personel yang terdiri dari 1403 Polda Metro Jaya, lalu, 1513 dari Polres jajaran yang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Kemudian ada 343 personel TNI, dan 1291 dari Pemprov DKI.

"Tertentu harapannya kami menghimbau, ini dapat terlaksana saudara saudara kita dalam khususnya merayakan Imlek. Kemudian juga seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi mengamankan ibukota negara khususnya DKI Jakarta. Jadikan Jakarta merupakan rumah kita bersama," imbaunya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Imlek 2023 atau yang biasa disebut sebagai Tahun Baru Cina bakal dirayakan pada Minggu, 22 Januari 2023.
    Imlek 2023 atau yang biasa disebut sebagai Tahun Baru Cina bakal dirayakan pada Minggu, 22 Januari 2023.

    Imlek 2023

  • Imlek