Sukses

Sederet Program KAI Wisata di 2023, Pameran hingga Promo Tiket Kereta

Menyongsong tahun 2023, PT Kereta Api Pariwisata telah menyiapkan sederet program-program serta agenda untuk tahun 2023, adapun program dan agendanya adalah penyelengaraan beberapa jenis pameran.

Liputan6.com, Jakarta Menyongsong tahun 2023, PT Kereta Api Pariwisata telah menyiapkan sederet program-program serta agenda untuk tahun 2023, adapun program dan agendanya adalah penyelengaraan beberapa jenis pameran.

Business Development KAI Wisata Otnial Pamiarso, merinci agenda pertama, KAI Pariwisata akan melakukan roadshow KAI Wisata Expo 2023 yang akan dilaksanakan ditiga kota besar, yaitu Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta.

"Kita akan melakukan roadshow KAI wisata itu ditiga kota, diJogja, Surabaya dan nanti di Jakarta," kata Otnial dalam konferensi pers KAI Pariwisata, Selasa (13/12/2022).

Alasan KAI Wisata memilih tiga kota tersebut, karena banyak masyarakat yang meminta agar KAI Wisata expo juga diadakan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk menjawab  permintaan dari masyarakat itu pihaknya akan mengadakan roadmap ditiga kota.

"Kenapa kita membeli 3 kota besar ini? karena berdasarkan pengalaman kami dan beberapa kali mengadakan expo untuk masyarakat yang  di daerah tengah dan timur ingin sekali bergabung ketika melihat suksesnya acara kita di Jakarta," ungkapnya.

KAI wisata expo 2023 akan dimulai pada semester kedua 2023. Pertama di mulai dari Yogyakarta pada Juni 2023, dilanjutkan ke Surabaya pada Juli 2023, dan terakhir dilaksanakan di Jakarta pada Agustus.

Adapun aktivitas yang akan dilaksanakan dalam KAI Wisata Expo 2023, diantaranya Pakapo yaitu pawai yang dilakukan untuk mempromosikan KAI Wisata Expo, Exhibition Travel Fair adalah pameran travel fair yang menjual tiket murah kereta api ke beberapa daerah di Indonesia dan tiket internasional, guest star untuk menarik pengunjung ke acara KAI Wisata Expo 2023, akan ada kuliner, talkshow, kompetisi, doorprize, best booth. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Enterpreneur Expo 2023

Agenda kedua, KAI wisata akan mengadakan Indonesia Enterpreneur Expo 2023. Agenda Ini adalah sebuah pameran waralaba, di dalam pameran ini ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti oleh pengunjung seperti coaching clinic, bussines matching dan juga talk show.

"Agenda ini merupakan sebuah acara bagaimana kita menjadi bangsa Indonesia yang Mandiri dan tidak bergantung kepada negara lain, dan memberi kesempatan masyarakat untuk dapat memulai usaha menjadi  pebisnis untuk masing-masing masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Rencananya akan dilaksanakan di minggu kedua Oktober 2023, di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Dalam acara tersebut akan ada interpreuneurship, exhibition ini akan diisi oleh perusahaan waralaba ternama dan juga startup yang bisa mendukung para pengunjung untuk melakukan usaha.

Selanjutnya, untuk talk show akan menghadirkan para pembicara seperti praktisi dan konsultan bisnis, yang akan membahas mengenai peluang-peluang bisnis yang bisa dijalankan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Untuk bisnis matching ini adalah ajang untuk mempertemukan para calon wirausaha yang sudah mengikuti kegiatan coaching clinic, sebelumnya aktivitas ini bertujuan agar seluruh peserta pameran bisa mendapatkan langsung calon partner atau wirausaha yang tepat.

"Di sini akan kita bertemu kan antara perusahaan besar itu yang bisa siap untuk memberikan modal memberikan coaching pada perusahaan-perusahaan baru, yang bisa menjadi unicorn-unicorn Indonesia," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Program Selanjutnya

Ketiga, KAI wisata yang merupakan anak perusahaan KAI yang memiliki program untuk traveling, yakni one stop solution for your traveling needs.

"Jadi, bapak ibu yang memiliki perusahaannya membutuhkan perjalanan dinas baik domestik maupun internasional, kita akan siap support. Nanti akan ada pameran untuk support kebutuhan traveling," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya program one stop solution for your traveling needs bisa menambah pemasukan untuk KAI melalui KAI wisata.

"Kita one step solution karena memang kita belajar bahwa bisnis transportasi itu tidak bisa hidup hanya mengandalkan dari perusahaan transportasi itu sendiri. Bagaimana ekosistem atau komoditas itu yang perlu kita bangun. Jadi ada bisnis pendukungnya," jelasnya.

Agenda keempat di tahun 2023, yaitu di pertengahan tahun 2023 pihaknya akan mengadakan mom and baby fair. Setelah KAI Pariwisata melakukan penelitian, ternyata pemegang keputusan untuk pembelanjaan keluarga dipegang oleh ibu rumah tangga.

"Jadi, hampir keputusan spending money di keluarga adalah ibu. Ini merupakan potensi market yang akan ulik dimana pameran mom and baby ini, keseluruhan paket, keseluruhan kebutuhan untuk rumah tangga," ujarnya.

Mom and baby fair ini rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2023. Di dalamnya juga akan mengangkat hal-hal yang menyangkut kesehatan, kecantikan, parenting talkshow, hingga cooking class.

 

4 dari 4 halaman

Industri

KAI wisata juga akan mengundang seluruh industri kecantikan dari industri internasional dan nasional. Agenda talkshow ini akan diadakan di minggu kedua Maret 2023.

"Kontennya adalah pameran ada talkshow dan entertainment, yang akan mengisi pameran ada alat-alat kecantikan, make up,  alat kesehatan herbal modern adalah industri dan aplikasi kesehatan yang terintegrasi dengan teknologi kesehatan," ujarnya.

Terakhir, KAI wisata akan mengadakan education fair atau pameran pendidikan anak. Nantinya akan mengundang seluruh sekolah dari dalam negeri dan luar negeri yang memiliki kualitas terbaik.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah investasi yang paling besar bagi masyarakat kira-kira apa itu investasi yang paling besar, bukan emas bukan uang tapi anak. Nanti kita akan adakan pameran mengenai pendidikan anak.  Education fair disitu kita akan mengundang seluruh sekolah di luar negeri atau nasional yang bagus untuk mempersiapkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita semua," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.