Sukses

BSI Kuasai 50 Persen Nasabah Bank Syariah RI, Ini Rahasianya

Bank Syariah Indonesia (BSI) berangsur menjadi bank syariah dengan pengguna paling besar diantara bank syariah lainnya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bank Syariah Indonesia (BSI) berangsur menjadi bank syariah dengan pengguna paling besar diantara bank syariah lainnya di Indonesia. Ternyata ada sejumlah kemudahan yang melandasi semakin banyaknya pengguna BSI.

Direktur Finance dan Strategy BSI, Ade Cahyo Nugroho mengungkapkan rahasianya. Setidaknya, menurut dia ada 3 hal yang menyangkut pelayanan.

Yakni, BSI perlu memberikan solusi finansial, solusi spiritual, dan solusi sosial bagi penggunanya. Dari sisi finansial, BSI memberikan layanan yang sama dengan bank konvensional.

"Tapi di BSI bisa juga ada solusi spiritual sekaligus solusi sosial di mobile banking. Kita bisa mendapat pemberitahuan kapan waktu untuk solat, misalnya di Bali, kemana arah kiblatnya, atau dimana masjid terdekat dari platform mobile kita," kata dia dalam Panel Diskusi SOE International Conference, Selasa (18/10/2022).

Disamping itu, pengguna juga bisa melakukan donasi, zakat, dan infak melalui mobile banking. Bahkan, ada fitur pemberitahuan kepada pengguna untuk melakukan donasi pasca menyelesaikan transaksi.

"Ini unik dan bisa menjadi salah satu pembeda dengan bank lainnya. Dan menurut data kami, orang-orang banyak menggunakan fitur-fitur ini," ujarnya.

Dari porsi nasabah bank syariah, Cahyo mengatakan kalau BSI memegang sekitar 45-50 persen nasabah bank syariah. Artinya, banyak masyarakat indonesia menggunakan BSI.

"45-50 dari seluruh bank syariah di Indonesia. Dan kalau dibandingkan denga pemain kedua, saya pikir gap-nya cukup tinggi ya," ujarnya.

"Maksud saya semua peluang untuk perbankan syariah sangat mengarah ke BSI kalau kita bisa juga memanfaatkan pengembangan ke segmentasi yang jelas," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Targetkan 44 Juta Transaksi

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menargetkan 44 juta transaksi BSI Mobile. Perusahaan akan mendorong akuisisi dan aktivasi user penggunaan transaksi digital melalui penggunaan BSI Mobile.

Ini menjadi salah satu cara BSI untuk menjangkau masyarakat lebih dekat dengan perbankan syariah dimanapun dan kapanpun.

Cara ini terbukti cukup berhasil sejalan dengan user pengguna BSI Mobile mencapai 4,07 Juta user naik sebesar 81 persen secara yoy pada Juni 2022.

Jumlah pengguna yang semakin meningkat dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking.

Di mana saat ini profil nasabah BSI sebanyak 97 persen telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan. Transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp119 miliar.

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih BSI mengatakan minat masyarakat terhadap penggunaan BSI Mobile terus meningkat, dan perseroan terus melakukan inovasi dan strategi guna mempercepat akselerasi transaksi digital dengan mengusung sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual.

Karena ke depan BSI Mobile diharapkan menjadi channel literasi perbankan syariah yang menjangkau masyarakat hingga pelosok.

"Pengembangan inovasi layanan digital menjadi salah satu fokus BSI ditahun ini, mengingat cara ini berhasil meningkatkan efisiensi biaya dan peningkatan fee based bagi perseroan. Tidak hanya bisnis, melalui BSI Mobile kami berharap semakin mendekatkan masyarakat melalui kemudahan menjangkau BSI dimanapun dan kapanpun," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Program Menarik

Untuk itu, tambah Saut, sebagai apresiasi terhadap pengguna BSI Mobile, perusahaan akan terus memberikan program menarik, salah satunya program tahunan Hujan Rezeki BSI Mobile yang digelar pada periode 1 Oktober 2022 -- 31 Maret 2023 yang menyasar pengguna baru dan generasi milenial yang membuka rekening BSI secara online dan transaksi lainnya.

Saut menambahkan, melalui program ini BSI menargetkan akan mendapatkan lebih dari 44 Juta transaksi BSI Mobile dari seluruh Indonesia.

Program Hujan Rezeki BSI Mobile adalah program untuk nasabah yang aktif menggunakan aplikasi BSI Mobile.

Poin didapat dari membuka rekening secara online, mengaktifkan aplikasi BSI Mobile, dan aktif bertransaksi menggunakan BSI Mobile sebanyak-banyaknya.

Tahun ini, BSI menyiapkan serangkaian hadiah diantaranya 1 Mini Cooper Countryman, 2 Vespa LX, 5 Vespa Sprint S, 10 iPhone 13, 20 Samsung Galaxy A73 5G dan 263 Saldo Tabungan e-mas yang diharapkan menjadi manfaat untuk mendukung aktivitas dan transaksi masyarakat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.