Sukses

Daftar Lengkap Pemenang Sayembara Desain Kawasan dan Gedung Ibu Kota Nusantara

Sayembara desain Ibu Kota Nusantara dibagi untuk 4 kategori, yakni Istana Wapres, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Nusantara untuk Kompleks Istana Wakil Presiden, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, serta Kompleks Peribadatan.

Hari ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menyerahkan hadiah total Rp 2,8 miliar kepada 12 pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sayembara ini dibagi untuk 4 kategori, yakni Istana Wapres, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan.

Berikut daftar pemenangnya:

 

Kompleks Istana Wakil Presiden

dewan juri memutuskan untuk komplek ini tidak ada juara pertama, namun terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai juara kedua.

Juara I

-

Juara II

- Huma Betang Umai

- Istana Kerakyatan

Juara III

- Dwi Arya Wibawa

 

Kompleks Perkantoran Legislatif

Untuk Kompleks Perkantoran Legislatif juga diputuskan tidak ada Juara 1, tetapi terdapat dua karya sebagai Juara 2.

Juara I

-

Juara II

- Swara Nusantara

- Rajut Swara Indonesia

Juara III

- Lingkar Demokrasi

 

Kompleks Perkantoran Yudikatif

Juara I

- Adil Ka Talino sebagai

Juara II

- Paramarta

Juara III

- Cakra Nusantara

 

Kompleks Peribadatan

Untuk Kompleks Peribadatan tiga karya ditetapkan sebagai Juara 2.

Juara I

-

Juara II

- Akur Rukun

- Cahaya Batang Haring Nusantara

- Humanity Beyond Religion

Juara III

-

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Total Hadian Rp 2,8 Miliar

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyerahkan hadiah uang dengan total nilai Rp 2,8 miliar kepada 12 pemenang sayembara desain Ibu Kota Nusantara.

Sayembara ini dibagi dalam 4 kategori, yakni desain Istana Wakil Presiden (Wapres), desain Kompleks Perkantoran Legislatif, desain Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan desain Kompleks Peribadatan.

"Baru saja kita melihat penyerahan karya-karya terbaik para arsitek Indonesia dalam membangun IKN Nusantara. Ada 79 yang lulus verifikasi, dan 60 memasukan karya. Kerja keras para juri telah hasilkan 3 pemenang di antara 4 kategori tadi," kata Basuki Hadimuljono di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Proses selanjutnya, Menteri Basuki mengatakan, seluruh hasil karya tersebut telah menjadi hak milik Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya. Selanjutnya, itu bakal jadi acuan untuk pembangunan gedung di Ibu Kota Nusantara.

"Mudah-mudahan hasil tadi bisa segera jadi basic design untuk dilelangkan," ujar Menteri Basuki Hadimuljono.

 

3 dari 4 halaman

Menteri PUPR: Presiden Jokowi Akan ke IKN 3 Bulan Sekali, Supaya Orang Yakin Kita Pindah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan rutin mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) setiap tiga bulan sekali.

Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah serius memindahkan ibu kota negara atau IKN.

"Mungkin 3 bulan sekali beliau (Presiden Jokowi) akan kesana (IKN), untuk beri semangat dan menghangatkan, terus supaya orang yakin kita mau pindah (ibu kota)," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/7/2022).

Ada pun pemerintah akan menandatangani kontrak land development atau pengembangan lahan di IKN pada 15 Juli 2022. Setelah itu, akan diatur pembagian lahan untuk membangun Istana Presiden hingga kantor kementerian dan lembaga.

"Dari 15 Juli ini, land development sudah tanda tangan kontrak, kemudian nanti ada jalan tol, jalan nasional dari Pulau Balang sampai ke IKN, kemudian jalan kawasannya sendiri dari jalan nasional itu ke arah titik nol dan Istana," kata Basuki.

"Kemudian Istana dan Kantor presiden. Kemudian Kemenko, empat kemenko sudah kita mulai bangun," sambung Basuki.

 

4 dari 4 halaman

Mulai Dibangun Agustus 2022

Menurut dia, pemerintah akan mulai membangun hunian untuk para pekerja di IKN pasa Agustus 2022. Basuki menyebut pemerintah tak mau para pekerja itu membangun bedeng sendiri.

"Karena banyak mungkin sampai 200 ribuan pekerja konstruksi. Jangan sampai mereka bikin bedeng sendiri, kita siapkan rumah-rumah untuk para pekerja konstruksi itu," jelas Basuki.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi terkahir berkunjung ke IKN Kalimantan Timur bersama pimpinan media massa pada 22 Juni 2022. Sebelum itu, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana pernah berkemah semalam di IKN pada Senin, 14 Maret 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.