Sukses

Jalin Pembayaran Nusantara Gandeng BPD Tingkatkan Inklusi Keuangan Nasional

Jalin menegaskan komitmennya untuk membangun inklusi keuangan nasional melalui jalinan sinergi dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Liputan6.com, Jakarta PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menegaskan komitmennya untuk membangun inklusi keuangan nasional melalui jalinan sinergi dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Dalam gelaran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 11 - 15 Juli 2022 di Bali, Jalin menandatangani sejumlah perjanjian dengan BPD, diantaranya PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (bank bjb).

Lewat kolaborasi ini, Jalin turut mendorong BPD sebagai salah satu motor penggerak utama inklusi keuangan di daerah.

Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista menyebutkan bahwa pihaknya mengapresiasi kepercayaan bank bjb untuk memperkuat layanan digital perbankan.

“Jalin berperan sebagai digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial. Sama halnya dengan BPD, yang merupakan enabler bagi perekonomian daerah, kolaborasi ini dapat menjadi dorongan inklusi keuangan yang berangkat dari daerah,” tutur Boyke, Selasa (12/7/2022).

Lanjutnya lagi, lewat kerja sama ini bagi bank bjb, yang merupakan salah satu member BPD terbesar di Jalin, dapat lebih fokus melakukan transformasi digital dengan memperkuat infrastruktur teknologi sistem pembayaran sebagai anchor optimalisasi pendapatan.

Hal ini juga dapat digunakan sebagai jembatan kolaborasi dengan nilai tambah yang sangat luas bagi kedua belah pihak baik dari segi efisiensi operasional maupun business process sehingga bank bjb bisa fokus terhadap pengembangan bisnis berbasis layanan maksimal kepada nasabahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akselerasi Layanan Digital

Pada kesempatan terpisah, Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb Rio Lanasier mengatakan kerja sama dengan Jalin yang baru saja ditandatangani oleh Pemimpin Divisi Digital Banking bank bjb Arfianto Ramadhian merupakan wujud konkret bank bjb dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan di Indonesia.

“Layanan Jalin terbukti sangat komprehensif untuk mendukung ekosistem keuangan. Kerja sama ini tidak hanya membawa nilai bisnis bagi bank bjb, namun juga dapat dirasakan oleh para nasabah. Sebagai member Jalin, ke depan bank bjb dapat memberikan solusi-solusi keuangan digital dan turut mengembangkan literasi keuangan di daerah,” ujar Rio.

Layanan yang diberikan Jalin kepada bank bjb untuk tahap awal meliputi jaringan switching Link ATM yang mempermudah interkonektivitas bagi para nasabah serta meningkatkan efisiensi operasional perbankan.

 

3 dari 3 halaman

Berbagai Fitur

Layanan tersebut akan mencakup fitur-fitur mendasar seperti cek saldo, tarik tunai, transfer di ATM maupun mobile banking dan internet banking, serta di agen Laku Pandai (Mini ATM).

Untuk tahap selanjutnya, Jalin dan bank bjb memilki inisiatif kerja sama dalam rangka inovasi layanan digital yang terakomodir dalam fitur ATM seperti tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal) dan lain-lain.

“Dengan pola perilaku masyarakat saat ini yang sudah mulai beralih kepada transaksi digital, Jalin terus berupaya meningkatkan inovasi produk dan layanan untuk terus menggenjot pertumbuhan yang dituangkan dalam roadmap The National Digital Highway. Hal ini juga selaras dengan agenda Pemerintah untuk mendorong inklusi keuangan dalam presidensi G20,” pungkas Boyke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.