Sukses

Mau Dapat Cuan Melimpah? Begini Caranya Promosi Bisnis Online Kamu di TikTok

Liputan6.com, Jakarta Salah satu strategi digital marketing yang jamak dilakukan saat ini adalah promosi bisnis lewat media sosial. Kamu bisa gunakan tools Facebook Ads, posting foto dengan template menarik sekaligus caption-nya di Instagram, atau membuat cuitan yang memiliki irisan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan di Twitter.

Yang nggak boleh ketinggalan, yaitu TikTok. Platform penyedia video singkat ini lagi banyak digandrungi banyak  orang, mulai dari baby boomer hingga Generasi Z. Platform ini pun bisa kamu gunakan sebagai ajang promosi bisnis yang sedang kamu jalankan lho! Mau tahu gimana cara promosi bisnis kamu di TikTok? Baca selengkapnya di bawah ini ya!

2 dari 6 halaman

1. Bikin Akun Bisnis

Biar promosi bisnis kamu berjalan secara lancar, kamu harus mulai akun bisnis di TikTok ya. Setelah kamu unduh aplikasinya, langsung alihkan akun kamu ke akun bisnis. Kamu tinggal pilih menu 'Kelola Akun Saya'. Tapi, ada yang harus kamu pahami di sini. Pertama, kamu harus pasang foto yang menarik dan kedua, kamu harus sertakan link ke website atau toko online kamu ya!

 

3 dari 6 halaman

2. Pahami TikTok Secara Lengkap

Yang perlu kamu pahami, aplikasi ini nggak sama ya dengan Instagram yang banyak unggahan estetik atau Facebook yang terkesan old school dan serius, atau bahkan Twitter yang memiliki kesan receh. TikTok dipenuhi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z, dengan itu kamu harus pahami ya algoritma yang bekerja dan jenis konten apa yang banyak diminati.

TikTok identik dengan konten yang edukatif, kreatif, dan kocak. Di sini, kamu bisa buat promosi dengan kesan yang lebih fresh dan menarik, dengan konsep tutorial, behind the scene, dan sebagainya.

4 dari 6 halaman

3. Perhatikan Kualitas Konten

Apapun dan siapapun, bisa populer di TikTok. Tinggal kamu memilih, mau populer dengan value atau nggak. Nah, kalau kamu mau buat promosi bisnis di TikTok, kualitas konten harus jadi nomor satu ya! Value harus jadi tujuan, karena itu bisa meningkatkan insight yang baik ke bisnis online kamu.

Eits, jangan lupakan juga ya konten yang menarik dan fun! Percuma kan, kualitas konten kamu bagus tapi nggak menarik? Siapa yang mau lihat? Untuk itu, kembali, kamu harus pelajari TikTok lebih dalam. Konten yang trending dan populer, bisa kamu ikuti.

5 dari 6 halaman

4. Manfaatkan Fitur di TikTok

Yang unik di TikTok adalah bisnis online kamu bisa dikenal sekalipun jumlah pengikutnya dikit lho! Kok bisa? Iya bisa! Kamu harus pakai filter, effect, dan sound yang sedang trending ya! Cara ini cukup efektif lho buat memperbanyak jumlah tayang konten kamu, bisa juga mendapatkan pengikut baru, dan yang pasti, naikkin engagement rate akun bisnis TikTok kamu.

6 dari 6 halaman

5. Kolaborasi dengan Influencer

Kalau kamu mau sedikit keluarin uang buat gandeng influencer buat promosi bisnis online kamu, cara ini bisa jadi alternatif ya. Cuma, kamu harus selektif dalam memilih influencer yang akan diajak kerja sama. Kamu harus cari tahu lebih dalam audiens dan tipe konten yang sering diunggahnya. Karena itu akan berpengaruh ke citra bisnis online kamu lho!

Semisal, kalau bisnis online kamu bergerak di bidang healthy food, sebisa mungkin jangan pakai influencer yang kerap memamerkan pola hidup yang nggak sehat ya. Atau bisnis online kamu bergerak di bidang fitness, ya sebisa mungkin, nggak pakai influencer yang selalu memamerkan gaya hidup malamnya di media sosial.

Itu dia 5 cara promosi bisnis online kamu di TikTok yang menarik, kira-kira, menurut kamu apa lagi yang bisa digunakan biar bisnis online next level? Ada rekomendasi?

 

(*)