Sukses

Kecanggihan Lintasan Sirkuit Mandalika, Bisa Digeber Kecepatan 310 Km per Jam

Pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sesuai dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah BUMN ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, salah satunya yaitu PT PP (Persero) Tbk.

Setelah World Superbike 2021 terlaksana dengan baik, kali ini Pertamina Mandalika International Street Circuit siap menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP yang akan dilaksanakan pada 18 ± 20 Maret 2022 mendatang.

Telah dimulainya Pramusim pada Jumat, 11 Februari 2022 lalu, kualitas track sirkuit Mandalika mendapatkan pujian dari para Pembalap dan penyelenggara MotoGP.

Salah satu pembalap asal Spanyol Marc Marquez menyatakan bahwa sirkuit yang dikerjakan oleh PTPP ini memiliki ketertarikan tersendiri (interesting new circuit), didukung oleh pembalap asal Spanyol lainnya Alex Rins yang menyatakan bahwa sirkuit ini memiliki lintasan yang luar biasa (amazing track).

Kualitas ini didukung dengan keindahan alam pulau Lombok yang mengelilingi sirkuit ini.

"PTPP berbangga telah dipercaya menjadi bagian besar dalam pembangunan pengembangan Kawasan Mandalika, terutama Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai tuan rumah MotoGP Indonesia," kata Direktur Utama PTPP Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (13/2/2022).

Pertamina Mandalika International Street Circuit sepanjang 4,3 kilometer dan memiliki 17 tikungan ini dibangun oleh PTPP dalam waktu singkat, yaitu 14 bulan.

Adapun pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sesuai dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aspal Khusus

PTPP menerapkan campuran aspal khusus yang digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt yang memiliki keunggulan khusus, salah satunya daya cengkram roda yang tinggi.

Meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver pada pembalap, lintasan utama sirkuit ini diklaim dapat ditempuh dengan kecepatan puncak 310 kilometer per jam.

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.