Sukses

IKN Nusantara akan Jadi Superhub Ekonomi Nasional

Liputan6.com, Jakarta Pemindahan Ibu Kota Negara digadang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan, IKN Nusantara diproyeksi menjadi superhub ekonomi nasional.

Target ini merupakan target jangka panjang pasca pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Investasi yang tercipta di IKN Nusantara bakal menjadi pendorong tujuan tersebut.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar menyebut ini juga masuk dalam strategi menuju visi Indonesia Emas 2045.

"Dalam jangka panjang Ibu Kota baru diharapkan sebagai economic Super Hub, dimana jadi penggerak dan jadi economic value chain nasional," katanya dalam Indonesia Economic Outlook 2022, Rabu (26/1/2022).

Sehingga ini akan menimbulkan kekuatan baru ekonomi nasional. Caranya dengan menciptakan ekonomi yang bersinambungan antara satu provinsi dengan provinsi lainnya yang lebih kuat.

"Misalnya di IKN Kalimantan Timur ini akan didorong pengembangan manufaktur untuk active pharmaceutical ingredients karena (Kalimantan) punya bahan baku yang besar," katanya.

Sengan begitu, dari sini akan bisa dimaksimalkan untuk penggunaan pabrik yang mayoritas berada di pulau Jawa. Artinya, langkah ini akan menekan impor bahan baku obat yang selama ini digunakam pabrik di Jawa.

"Bahwa pabrik obat di Jawa 95 persen diimpor, apabila kita bisa produksi ini (di Kalimantan) sehingga bisa jadi membantu ke jawa," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penopang

Ia menyebut Samarinda dan Balikpapan misalnya yang diusung jadi pendukung pertumbuhan ekonomi IKN Nusantara. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mencatat pemindahan IKN bukan sekadar perpindahan administrasi pemerintahan.

"Ini dilengkali dengan pengembangan sektor ekonomi di wilayah sekitar IKN Nusantara, jadi satu yang bisa mendorong bergeraknya ekonomi pembangunan infrastruktur logistik dan infrastruktur pendukung lainnya dan infrastruktur dasar tapi pembangunan infrastruktur tadi," kata Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar dalam Indonesia Economic Outlook 2022, Rabu (26/1/2022).

Ia memastikan pihaknya memiliki strategi pengembangan ekonomi di IKN Nusantara. Sehingga IKN Nusantara akan jadi pendukung pengembangan ekonomi wilayah sekitarnya.

"Nanti kalau kita lihat (IKN Nusantara) jadi saraf pusat pemerintahan, ada industri bersih teknologi tinffi ini akan didukung Samarinda yang jadi jantung pusat sektor energi berkelanjutan dimana jadi basis manufaktur Energi Baru Terbarukan (EBT)," katanya.

Sementara, Balikpapan akan menjadi simpul hilirisasi industri minyak dan gas bumi. Artinya ini akan jadi ujung pemrosesan produk petrokimia dan hilirisasi lainnya. Serta Balikpapan juga disebut bakal jadi pelabuhan dari berbagai daerah menuju IKN Nusantara.

3 dari 3 halaman

Infografis Ibu Kota Negara Baru Bernama Nusantara