Sukses

Gelar Diklat UMKM di UGGp Gunung Batur, Ini Harapan Kepala PPSDM Geominerba

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 80 peserta di Kawasan UNESCO Global Geopark (UGGp) Gunung Batu mengikuti pelatihan yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui PPSDM Geominerba bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Peserta yang ikut terdiri dari Pengelola Geopark, para Penggiat Geopark, serta Pelaku UMKM  yang dilakukan secara daring dan luring. Pelatihan berlangsung selama 6 hari pada 6-11 Desember 2021.

"Melalui diklat ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang meliputi pengolahan produk kerajinan bambu," ujar Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro.

Kementerian ESDM bersama dengan Bidang Wirausaha Baru DEKRANAS, mengadakan webinar dan pelatihan di UNESCO Global Geopark Gunung Batur.

Tema dipilih yakni “Strategi Promosi dan Pemasaran Geoproduk di Kawasan UGGp Gunung Batur”. Acara diselenggarakan di Museum Gunungapi dan Pusat Pelatihan Geominerba, Bangli, Provinsi Bali.

Kegiatan webinar dan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dan wawasan para pelaku UMKM di kawasan geopark.

Dia menuturkan, keterampilan dimaksud seperti kategori kemasan, kategori home décor dan kategori koiling.

Tak hanya membuat kerajinan, para peserta juga akan dibekali materi pengenalan wawasan geopark yang merupakan kawasannya.

Kemudian para peserta dibekali dengan teknik fotografi, sehingga menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik membelinya.

"Karena foto produk merupakan salah satu aspek penting saat berjualan baik secara langsung maupun online, meskipun dengan perangkat yang minim," lanjut dia.

Serta bagaimana melakukan pemasaran secara online melalui materi digital marketing.

Para peserta juga akan diberikan materi Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang akan disampaikan oleh Bank Rakyat Indonesia.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Dorong UMKM

Penyelenggaraan Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunungapi Batur ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan UMKM di kawasan Geopark melalui eksplorasi geoproduk produk UMKM di kawasan Geopark, peningkatan kualitas geoproduk.

Produk yang dimaksud geoproduk seperti replika batuan, replika fosil, replika mineral, cinderamata, kerajinan tangan lokal khas geopark, produk pertanian dan perkebunan berlabel geopark, kuliner khas daerah, pertunjukan kesenian lokal dan lainnya.

Serta pemilihan strategi pemasaran produk yang sesuai dan adaptif serta menjangkau lebih luas lagi tak hanya dalam negeri tapi sampai ke luar negeri.

Peningkatan keterampilan dan perubahan wawasan diharapkan dapat mendorong perubahan pola pikir dan cara kerja pelaku UMKM sehingga dapat menghasilkan geoproduk yang lebih bervariatif, lebih berkualitas dan lebih luas pemasarannya.

Ini untuk kali ketiga PPSDM Geominerba mengadakan Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan Unesco Global Geopark melalui sinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) bagi masyarakat.