Sukses

Jokowi: BUMN Jangan Sampai Ruwet Seperti Birokrasi

Presiden Jokowi meminta para pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun sebuah kultur kerja yang lebih sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun sebuah kultur kerja yang lebih sederhana. Salah satunya dengan profesionalisme.

Menurut Jokowi, dengan budaya kerja yang sederhana membuat BUMN tidak seperti birokrasi yang ruwet. 

"Yang ingin kita bangun ini profesionalisme, dan saya juga meminta bagimana membangun budaya kerja harus dimulai. Jangan sampai yang namanya BUMN itu seperti birokrasi, ruwet," kata Jokowi saat memberikan arahan kepada para Direktur Utama BUMN di Hotel Meruorah Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Salah satu contohnya, Jokowi membeberbekan, bahwa perizinan untuk pembangkit listrik membutuhkan 259 naskah perizinan.

"Meskipun namanya beda-beda, ada izin, ada rekomendasi, ada surat pernyataan, tetapi maksudnya sama saja dan itu jumlahnya 259 izin. Kalau dibawa koper mungkin 10 koper ada itu," ujar Jokowi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Perizinan

Ditambah lagi, waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan izin tersebut bisa bertahun-tahun.

"Ada yang 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, 6 tahun, 7 tahun. Ada yang 7 tahun mengadu ke saya. Nah, seperti ini yang harus dipangkas, tidak boleh misalnya di PLN sampai bertele-tele itu. Tidak bisa lagi," pungkas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • birokrasi