Sukses

1.623 Mahasiswa Ikut Program Magang di Kemenkeu pada 2021, Ada dari Luar Negeri

Program magang di Kementerian Keuangan memberikan pengetahuan tentang tata kelola keuangan yang baik, transparan dan ada kemudahan kepada dunia kampus.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggandeng 3 universitas dalam program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Program ini membuka kesempatan magang bagi mahasiswa.

Tiga kampus yang ikut serta dalam program magang Merdeka Belajar - Kampus Merdeka adalah Universitas Padjadjaran, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan Universitas Jember.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi menjelaskan, program magang ini memberikan pengetahuan tentang tata kelola keuangan yang baik, transparan dan ada kemudahan kepada dunia kampus. 

"Kementerian Keuangan telah bekerja sama dan melakukan komunikasi dengan beberapa kampus dan sekarang 3 dulu tapi kita juga sudah banyak bicara dengan kampus lain," kata Heru dalam Sambutan Penandatanganan MoU (Unpad, UPN Veteran, UNEJ) dalam rangka program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Sudah ada 1.623 mahasiswa yang ikut program magang di Kemenkeu sejak Januari 2021. Mereka berasal dari 65 Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 934 orang dan119 Perguruan Tinggi Swasta sebanyak 119 orang. Bahkan ada 5 orang mahasiswa luar negeri yang juga ikut dalam program ini.

Dari jumlah tersebut sebanyak 534 orang sedang dalam proses magang. Sedangkan 723 mahasiswa lainnya sedang dalam proses di unit-unit yang akan dijadikan tujuan magang. Lalu ada 137 mahasiswa yang masih dalam konfirmasi. Sementara itu, ada 227 mahasiswa yang membatalkan progam magang di Kementerian Keuangan. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandemi

Ada beragam alasan mahasiswa membatalkan program magang di Kemenkeu ini. Salah satunya mereka menginginkan proses magang dilakukan secara fisik. Namun karena masih terkendala pandemi, Kementerian Keuangan tidak bisa mengabulkan.

Berdasarkan peminat, bidang yang paling banyak diincar mahasiswa yakni akuntansi, managemen, hukum, hubungan internasional, ekonomi pembangunan, teknologi informasi, administrasi publik, statistik, matematika, psikolgi dan komuikasi visual.

Para mahasiswa magang ini pun bekerja d tingkati eseleon 1 dengan jumlah yang bervariasi.

Selain program magang ini, Heru juga memiliki program pemagangan tematik untuk mikro Prudential. Progam ini bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    Kementerian Keuangan

  • Magang

  • mahasiswa