Sukses

Kementerian Pertanian Buka 766 Formasi CPNS 2021, Daftar di SSCASN BKN

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran CPNS 2021 dipepanjang hingga 26 Juli 2021. Instansi pusat dan daerah pun sudah membuka formasi CPNS dan PPPK.

Seperti Kementerian Pertanian (Kementan), yang membuka 766 formasi CPNS 2021 yang dapat diikuti oleh lulusan SMK, D-III, D-IV, S-1, dan S-2.  

Melansir dari http://cpns.pertanian.go.id/, Senin (19/7/2021), jenis formasi CPNS yang tersedia, yaitu 661 formasi Umum, 87 formasi Cumlaude, 14 formasi Disabilitas, dan 4 formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat.  

Berikut deskripsi terkait jabatan dan jumlah formasi CPNS 2021di Kementerian Pertanian:

1. Jabatan Fungsional

Jumlah Formasi:

- Umum: 485 orang

- Cumlaude: 48 orang

- Disabilitas: 8 orang

- Putra/Putri Papua/Papua Barat: 4 orang

Beberapa Jabatan Fungsional yang tersedia, yaitu ahli pertama – analis anggaran, ahli pertama - arsiparis, ahli pertama – auditor, ahli pertama – dokter gigi, ahli pertama – penerjemah, ahli pertama – pengawas bibit ternak, ahli pertama – pustakawan, ahli pertama – statistisi, terampil – teknisi penelitian dan perekayasaan, terampil – keuangan APBN, dan sebagainya.

 

2. Jabatan Pelaksana

Jumlah Formasi:

- Umum: 176 orang

- Cumlaude: 39 orang

- Disabilitas: 6 orang  

Beberapa Jabatan Pelaksana yang tersedia, yaitu analis alat dan mesin pertanian, analis pembukaan lahan, analis potensi sumber air tanah, analis rencana program dan kegiatan, penata kebun percobaan, pengelola data, penyusun kurikulum, modul dan bahan ajar, perawat ternak, teknisi laboratorium dan bengkel, verifikator keuangan, dan sebagainya.

 

Saksikan Video Ini

2 dari 2 halaman

Dokumen Persyaratan

- Surat lamaran yang ditujukan kepada Menteri Pertanian RI.

- Surat pernyataan (2 surat) bermaterai Rp. 10.000.

- KTP elektronik (e-KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/Kecamatan bagi yang belum memiliki e-KTP.

- Pas foto.

- Ijazah dan transkrip nilai.

- Surat keputusan penyetaraan ijazah dan penyetaraan nilai (asli/fotokopi) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi (Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri).

- Surat akreditasi (Bagi lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang pada ijazah atau transkrip tidak tercantum akreditasinya).

- Surat keterangan disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya (Bagi pelamar Disabilitas).

- Video singkat dengan durasi 10-15 menit yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang dilamar (misalnya: berjalan, duduk di depan komputer, mengetik surat dengan komputer, dan menunjukkan hasil ketikannya tanpa harus dicetak/print dan/atau di tambah aktivitas lainnya sesuai jabatan yang dilamar serta menunjukkan kedisabilitasannya terutama yang tidak telihat). Kemudian pelamar mengunggah video tersebut di YouTube/Google Drive/Dropbox/penyimpanan lainnya, selanjutnya memasukkan tautan video (bukan videonya) ke aplikasi SSCASN yang telah diunggah (Bagi pelamar Disabilitas).

- Akta kelahiran atau surat keterangan lahir pelamar (asli), serta surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menerangkan bahwa pelamar merupakan keturunan Papua/Papua Barat (Bagi pelamar Putra/Putri Papua/Papua Barat).

- Surat Tanda Registrasi (bukan internship) yang masih berlaku pada saat pelamaran, yang dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada Surat Tanda Registrasi (Bagi pelamar pada kebutuhan jenis jabatan Tenaga Kesehatan, seperti Dokter Gigi dan Perawat).

Pelamar dapat mendaftarkan diri dan mengunggah dokumen persyaratan pada laman https://sscasn.bkn.go.id/. 

Format dokumen yang diunggah dan informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman http://cpns.pertanian.go.id/.

Reporter: Shania