Sukses

6 Ketakutan Terbesar yang Harus Dilawan Jika Ingin Sukses

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan, jika salah satu yang menjadi penghalang terbesar menuju kesuksesan seseorang bukanlah waktu, uang, atau sumber daya lain. Melainkan beberapa rasa takut sehingga tidak berani mencoba.

Kenyataan hidup di dunia ini memaksa setiap orang untuk terus mampu beradaptasi setiap hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang futuris, ada enam rasa takut yang sering datang mengganggu pikiran seseorang untuk menuju kesuksesan.

Jika Anda memiliki keinginan untuk mengubah perspektif diri sendiri terhadap apa yang ditakutkan tersebut, tentu Anda bisa menaklukannya.

Melansir laman CNBC, Selasa (5/1/2021), berikut ini keenam rasa yang sering ditakutkan seseorang untuk menuju kesuksesan dan harus ditaklukan.

1. Takut akan perubahan dan ketidakpastian

Rasa seperti ini sering muncul baik itu dalam karier atau hubungan Anda. Seringkali takut tidak ada perubahan sehingga justru akan membuat Anda tertinggal. Hal itu membuat Anda tidak akan terus tumbuh menjadi lebih baik.

Jangan pernah coba-coba meramal masa depan. Anda harus memahami situasi dan kondisi yang terjadi dan terus beradaptasi. Selain itu, Anda pun harus terus memperbarui portofolio untuk menghadapi segala perubahan yang terjadi.

2. Takut diisolasi

Terasa tidak nyaman berada di perusahaan yang dibiarkan beroperasi sendiri dan merasa terbatas terlebih tanpa dukungan terutama di tengah pandemi seperti ini.

Namun, ada cara-cara untuk kembali membangun rasa kepercayaan yang kuat khususnya dengan kolega, teman, atau keluarga Anda. Tetaplah jadi bagian dalam tim bahkan lebih aktif. Di samping itu, Anda juga perlu peduli dengan diri sendiri.

 

2 dari 3 halaman

3. Takut akan konfrontasi

Memiliki masalah yang tidak bersahabat dengan orang lain seringkali dapat berakibat buruk. Namun, masalah seperti itu pun tidak akan terselesaikan jika Anda menghindar.

Tanya pada diri sendiri apa yang akan Anda lakukan. Sedikit menengok ke belakang dan pikirkan cara terbaik untuk mengatasinya. Cobalah untuk menanganinya sedikit demi sedikit. Anda pun akan menemukan strategi baru dari hasil yang Anda peroleh.

4. Takut ditolak

Jika Anda merasa takut ditolak, maka Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Bisa jadi orang lain akan menolak Anda karena Anda memiliki rasa takut tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus mempertahankan rasa percaya diri untuk terus maju menjadi lebih baik. Dalam menjalankan kehidupan mungkin akan ada sesorang yang sering berkata ‘tidak’. Mendengar kata tersebut, janganlah ragu untuk mencobanya karena keadaan dapat berubah.

5. Takut kehilangan kendali

Beberapa penelitian menunjukkan, beberapa orang merasa takut hilang kendali untuk mengelola keadaan sekitar ketika memenuhi kebutuhan yang berada di atas segalanya.

Di samping melihat kemampuan diri sendiri untuk memerintah atau beradaptasi sesuai dengan situasi yang tidak sesuai dengan keinginan, terimalah bahwa beberapa hal tertentu memang berada di luar kendali Anda. Anda perlu fokus terhadap hal-hal yang mampu Anda kelola.

6. Takut gagal

Target yang besar seringkali membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mencapainya. Oleh sebab itu, mungkin terkadang Anda merasa ingin mundur lebih dulu sebelum mencapainya.

Takut gagal harus ditaklukan. Anda harus lebih sering bereksperimen. Gunakanlah kegagalan tersebut sebagai cara untuk membuat strategi dan menciptakan solusi baru untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu Anda akan mencapai kesuksesan yang sudah ditargetkan. Yang terpenting adalah Anda jangan sampai mengulang kesalahan yang sama.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini