Sukses

Harga Minyak Dunia Anjlok 4 Persen

Harga minyak turun sekitar 4 persen pada Kamis

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak turun sekitar 4 persen pada Kamis karena meningkatnya kasus virus corona di seluruh dunia mengurangi prospek permintaan, dan kenaikan output OPEC bulan lalu juga menekan harga.

Dikutip dari CNBC, Jumat (2/10/2020), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 1,52, atau 3,6 persen menjadi USD 40,78 per barel setelah turun ke level terendah USD 39,92. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate ditutup USD 1,51, atau 3,8 persen, lebih rendah pada USD 38,71 per barel, setelah meluncur ke sesi terendah USD 37,61.

“Ternyata virusnya belum bisa dibendung. Tingkat infeksi meningkat, angka kematian global telah melampaui angka 1 juta dan dunia kembali menjadi tempat yang suram,” kata analis PVM Oil, Tamas Varga.

Di Amerika Serikat saja, pandemi telah menginfeksi lebih dari 7,2 juta dan membunuh lebih dari 206.000 orang.

Hot spot COVID-19 terburuk di Eropa, Madrid, akan diisolasi dalam beberapa hari mendatang dan walikota Moskow memerintahkan pemberi kerja untuk merumahkan setidaknya 30 persen staf mereka, karena beberapa negara Eropa melaporkan catatan infeksi baru.

Analis Standard Chartered mengatakan mereka sekarang memperkirakan permintaan global turun 9,03 juta barel per hari pada 2020 dan pulih 5,57 juta barel per hari pada 2021, meninggalkan rata-rata 2021 sedikit di bawah rata-rata 2016.

"Perdagangan hari ini mengirimkan beberapa getaran bearish yang kuat mengingat aksi jual di seluruh kompleks energi yang berkembang meskipun ada peningkatan signifikan dalam selera risiko dan melemahnya dolar AS," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates.

Peningkatan pasokan minyak dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) juga membebani pasar, dengan produksi pada September naik 160 ribu barel per hari (bph) dari Agustus, survei Reuters menemukan.

Peningkatan tersebut sebagian besar didukung oleh peningkatan pasokan dari Libya dan Iran, keduanya dibebaskan dari pakta pasokan minyak antara OPEC dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produksi Minyak Libya Meningkat

Produksi minyak Libya telah meningkat menjadi 270.000 barel per hari karena anggota OPEC meningkatkan aktivitas ekspor menyusul pelonggaran blokade oleh pasukan timur, sumber minyak Libya mengatakan kepada Reuters, Kamis.

“Barel Libya baru, dan laporan bahwa Rusia telah memproduksi secara berlebihan, mengalami kenaikan di awal minggu. Laporan hari ini bahwa Arab Saudi telah meningkatkan ekspor pada bulan September sebesar 500.000 barel per hari tampaknya menjadi yang terakhir, ”kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho.

Anggota OPEC mengirimkan 18,2 juta barel per hari pada September, naik dari 17,53 juta barel per hari yang diekspor pada Agustus, data dari IHS Markit Commodities at Sea menunjukkan, dengan ekspor Arab Saudi kembali ke tingkat di atas 6,25 juta barel per hari.

Di awal sesi, harga mendapat jeda dari kemajuan dalam pembicaraan AS tentang paket stimulus untuk ekonomi terbesar dunia.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah mengusulkan paket stimulus baru senilai lebih dari USD 1,5 triliun. Sebelumnya, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pembicaraan dengan Ketua DPR Nancy Pelosi membuat kemajuan tentang undang-undang bantuan COVID-19, dan Dewan Perwakilan Rakyat menunda pemungutan suara pada rencana virus korona Demokrat senilai USD 2,2 triliun untuk memberikan lebih banyak waktu untuk menyetujui kesepakatan bipartisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.