Sukses

BERANI BERUBAH: 13 Tahun Jadi Pilot, Banting Setir Racik Mi Ayam

Megah Putra Perkasa, pilot komersial maskapai nasional di Tanah Air, ikut merasakan dampak dahsyat pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 mengubah banyak tananan kehidupan masyarakat. Tak hanya dari sisi kesehatan, tetapi juga menghantam sektor ekonomi dan industri aviasi termasuk korbannya.

Megah Putra Perkasa, pilot komersial maskapai nasional di Tanah Air, ikut merasakan dampak dahsyat pandemi. Saat Covid-19 menghampiri sektor penerbangan, dunia yang selama ini menjadi sumber penghidupan baginya dan keluarga ikut terpukul.

Pilot komersial ini tak lagi bisa menerbangkan si burung besi. Pekerjaan yang sudah digeluti sejak 2007. "Saya biasa menerbangkan pesawat 5 hari kemudian jeda 1 hari libur atau 2 hari libur. Jadi total sekitar 80 sampai 90 jam per bulan," jelas dia kepada Tim Berani Berubah, Senin (10/8/2020). 

Penghasilan untuk membiayai keluarga goyah. Namun asa tak boleh putus dan harus berani berubah. Pria berkeluarga ini pun memutuskan tetap berjuang memenuhi kebutuhan hidup.

Bila sebelumnya sehari-hari menerbangkan pesawat, kini dia rela banting setir menjadi penjual barang online. Mulai dari baju hingga mie ayam.

"Saya rasa ini bukan sesuatu yang memalukan atau tabu ya, karena dari seorang pilot kemudian berjualan mie ayam. Itu adalah sesuatu usaha kita survive dengan kondisi saat ini," ungkap dia.

Awalnya, bisnis makanan Megah Putra dijajakan melalui online. Dari hanya sekali dalam seminggu, ternyata pelanggan kian menikmati mie buatannya dan pesanan pun terus berdatangan.

Keputusan membuka warung makan pun akhirnya diwujudkan. Berani Berubah membawa Megah Putra masih mampu bertahan saat pandemi ini.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Boleh Putus Asa

Asa tak boleh putus. Setiap kesulitan pasti ada jalan keluar sebagai solusi, bagi mereka yang tetap mau berusaha. Intinya harus Berani Berubah. Ini terpatri dalam diri Megah Putra. "Saya harus berbuat sesuatu dan berani memulainya," tegas dia.

Tentu ini menjadi kisah inspiratif tentang kegigihan dan pantang menyerah saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah seperti Megah Putra Perkasa maupun kisah lainnya, dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program perdana ini akan tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin, mulai 10 Agustus 2020 di Program Liputan6 Pagi pukul 05.30 WIB. Dan akan tayang di liputan6.com dan merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.