Sukses

8 Ciri-ciri Orang yang Bakal Sulit Kaya, Anda Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta Meraih kesuksesan keuangan atau finansial bukan hal yang mudah. Dibutuhkan usaha, kedisiplinan, dan tekad yang kuat dalam mengelola keuangan yang bisa membuat Anda menuju kekayaan.

Alhasil, finansial menjadi lebih stabil dan hasilnya pun bisa dinikmati saat tua nanti. Namun, kekayaan tersebut bisa saja sulit diraih oleh sebagian orang.

Hal ini bisa saja terjadi karena orang yang sulit kaya tersebut belum maksimal atau masih melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan.

Bagi Anda yang saat ini masih berusaha keras meraih kekayaan, sebaiknya ketahui sejak sekarang mengenai ciri-ciri orang yang bakal sulit kaya agar Anda bisa segera memperbaiki diri dan keuangan pada ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari Cermati.com,  Sabtu (10/7/2020).

1. Fokus pada anggaran ketimbang penghematan

Anggaran memang penting dan mesti diperhatikan untuk mencegah terjadinya over budget.

Namun, Anda tidak lantas menjadikan anggaran sebagai 100 persen pedoman dalam berbelanja.

Terkadang, harga yang tertera pada anggaran lebih kecil daripada harga sebenarnya.Alangkah lebih baik kalau Anda mengecek harga terlebih dahulu untuk mengetahui harga real sebelum membuat anggaran.

Kalaupun anggaran kurang, setidaknya nominalnya tidak jauh berbeda dari harga yang sebenarnya.  

2. Hanya menabung, tapi lupa berinvestasi

Agar cepat kaya, dianjurkan untuk banyak-banyak menabung sebelum uangnya terpakai untuk hal-hal lain. Namun, menabung bukan hal yang menjadi fokus utama Anda dalam mengelola finansial.  Anda juga perlu berinvestasi untuk melipatgandakan keuntungan.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih di luar sana. Bahkan Anda tidak perlu mengelola investasi sendiri karena ada manajer investasi yang siap membantu.

Intinya, pilih satu investasi yang memberi return terbaik dengan risiko yang minim.  

 

2 dari 4 halaman

3. Puas pada penghasilan yang sekarang

Cepat berpuas diri tidak baik untuk kehidupan secara menyeluruh, terutama bila puas terhadap penghasilan yang didapatkan saat ini.

Ketika sudah merasa puas, usaha Anda untuk mengejar lebih banyak uang pun akan menurun. Kalau seperti ini, bagaimana mau bisa cepat kaya?

Jika merasa gaji kurang, apa salahnya untuk menegosiasikan gaji kepada atasan. Apabila atasan tidak menyetujuinya, maka mencari pekerjaan baru adalah keputusan yang tepat.

Sebab hidup ini punya level, yang mana harus makin baik dari waktu ke waktu.

4. Rela berutang demi terlihat eksis

Banyak orang yang diperbudak oleh gaya hidup, bahkan sampai rela mengutang demi terlihat eksis di depan teman-temannya.

Ketika orang tersebut tidak sanggup membayar, maka rumah, kendaraan, dan barang-barang yang dibelinya untuk tampil eksis tadi pun ludes terjual. Orang yang seperti inilah yang bakal sulit kaya.

Jangan sampai Anda melakukan hal serupa. Lebih baik beli barang yang harganya murah, tapi sesuai dengan kondisi kantong daripada barang mahal tapi utang.

5. Cepat merasa nyaman dengan situasi

Karier bagus dan kondisi keuangan stabil tak lantas membuat Anda nyaman dengan situasi yang sekarang. Sebab, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi pada esok hari.

Bisa saja melakukan kesalahan yang menyebabkan karir dan finansial hancur berantakan. Ayo, keluarlah dari zona nyaman secepat mungkin sehingga Anda bisa merasakan hidup yang lebih menantang.

Sebab, orang-orang yang mau berjuanglah yang pada umumnya bisa meraih kesuksesan finansial.

 

3 dari 4 halaman

6. Sibuk mengurusi kehidupan orang lain

Orang lain lebih cantik, hebat, dan kaya daripada Anda? Tidak perlu dipikirkan karena ini menguras waktu, tenaga, dan pikiran yang besar.

Fokuslah untuk mengurusi hidup sendiri sambil memikirkan cara agar bisa menjadi kaya dalam waktu singkat.

Jika Anda gagal, maka belajarlah dari kegagalan tersebut agar keadaan bisa berbalik seperti yang diinginkan. Jangan mudah menyerah apalagi putus asa, melainkan kejarlah mimpi sampai Anda bisa meraih semuanya. 

7. Lebih memilih nongkrong ketimbang mengasah keterampilan

Banyak anak muda malas belajar karena sangat membosankan. Tak heran kalau anak muda lebih suka menghabiskan waktunya untuk nongkrong bersama teman-temannya, baik saat pulang kerja maupun weekend.

Selain menyenangkan, anak muda percaya kalau nongkrong dapat meningkatkan eksistensi dirinya.Namun, nongkrong jugalah yang secara tidak langsung menghancurkan finansial sehingga banyak orang sulit kaya di usianya yang masih muda.

Akan lebih baik kalau uang yang dipakai untuk nongkrong ditabung atau diinvestasikan. Meskipun sedikit, setidaknya bisa untung bukan malah buntung.

8. Gagal fokus pada tujuan keuangan

Serajin-rajinnya menabung dan berinvestasi, ini akan sia-sia kalau Anda tidak mempunyai tujuan keuangan yang jelas. Ketika uang sudah terkumpul, ujung-ujungnya pasti dipakai untuk belanja atau hedon sampai uangnya habis.

Untuk itu, ketahuilah tujuan keuangan sehingga Anda bisa fokus untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, ingin membeli rumah di usia 27 tahun, mau tidak mau Anda harus menyisihkan sekian persen dari gaji untuk mencicil DP rumah.

Hal yang saja juga kalau ingin traveling, beli kendaraan, atau barang branded. Harus ada tujuannya dulu sehingga Anda semangat untuk mengumpulkan uangnya.

Yakin dan Punya Komitmen yang Tinggi

Meski sulit, tapi tak ada hal yang mustahil di dunia ini. Anda yang saat ini hidup pas-pasan sekalipun bisa jadi kaya dalam 10 atau 15 tahun mendatang.

Intinya, punya percaya diri dan keyakinan yang tinggi saja karena jalan Anda akan semakin dimudahkan. Selain itu, agar impian kaya bisa tercapai, jangan lupa untuk tanamkan komitmen yang tinggi dalam mengelola keuangan yang cerdas, membangun karir cemerlang dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini: