Sukses

Elnusa Kantongi Laba Rp 356,4 Miliar di 2019

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan jasa minyak dan gas, PT Elnusa Tbk (ELSA) membukukan pendapatan Rp 8,4 triliun pada 2019, naik sebesar 27 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 6,6 triliun. Dengan perolehan laba bersih naik 29 persen menjadi Rp 356,47 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 276,31 miliar.

Pendapatan usaha dikontribusikan melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 49 persen, jasa hulu migas 46 persen dan jasa penunjang 5 persen. Jasa hulu migas tercatat tumbuh 45 persen dari sebelumnya Rp 2,6 triliun pada 2018 menjadi Rp 3,8 triliun di 2019.

Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan menjelaskan, kinerja keuangan dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari harga minyak dan peralihan blok terminasi ke Pertamina. Turunnya harga minyak menyebabkan permintaan diskon besar harga jasa migas Elnusa.

Sebaliknya peningkatan harga minyak tidak secara langsung meningkatkan harga jasa migas Elnusa, namun menggairahkan aktivitas eksplorasi migas.

Sementara itu, peralihan Blok Termonasi ke Pertamina dan gairah aktivitas eksplorasi migas memberikan peluang positif ke Elnusa.

"Berbagai peluang positif ini yang kemudian kami raih sebaik mungkin. Melalui strategi diversifikasi portofolio dan kompetensi jasa migas yang lengkap, hulu hingga hilir. Kami memastikan untuk tumbuh," jelas dia, seperti dikutip Selasa (18/2/2020).

Hery melanjutkan, rasio profitabilitas masih perlu beradaptasi terhadap berbagal faktor eksternal. Marjin laba kotor 2019 konsolidasi tercapai 10,3 persen, marjin laba bersih naik menjadi 4 persen 4,3 persen dari sebelumnya 4,2 persen (yoy).

2 dari 2 halaman

Elnusa Raih Penghargaan Kontraktor Terbaik dari PHE OSES

Perusahaan penyedia jasa energi, PT Elnusa Tbk meraih penghargaan sebagai kontraktor terbaik dalam Operation & HSSE Excellence Drilling Workover Well Service (DWOWS) oleh PHE Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) akhir Januari, di Bandung.

Head of Corporate Communications Elnusa, Wahyu Irfan menjelaskan bahwa Elnusa menjadikan ini sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik.

“Penghargaan yang diberikan PHE OSES ini tak hanya kami maknai sebagai apresiasi, namun merupakan motivasi untuk terus menghasilkan jasa energi dan kinerja HSSE terbaik. Kami terus berkomitmen untuk memberikan jasa solusi total, bersinergi dengan Pertamina group  maupun lainnya untuk terus mendukung ketersediaan energi negeri,” jelas Wahyu Irfan, Head of Corporate Communications Elnusa dalam keterangannya, Senin (10/2/2020).

Hal ini merupakan kali ketiga Elnusa menerima penghargaan pada kuartal I 2020. Sebelumnya Elnusa menerima penghargaan dari Pertamina Hulu Indonesia untuk kategori Anak Perusahan Servis (APS) terbaik dan Pertamina EP Asset 5 untuk predikat “Good Performance”.

Elnusa memperoleh penghargaan atas keunggulan jasa serta kinerja Health, Safety, Security & Environment (HSSE) dalam mendukung produksi migas PHE OSES sejak tahun 2019.

Jasa yang diberikan Elnusa meliputi jasa kerja ulang sumur dengan hydraulic workover unit (HWU) 340K, jasa pendukung pengeboran, serta jasa pendukung peningkatan produksi sumur menggunakan Electrical Submersible Pump (ESP).