Sukses

Pencari Kerja, Ini Tips Jitu agar Lolos Tes Wawancara

Pencari kerja yang cerdas dan berkualitas pasti perlu waktu mempersiapkan diri saat melakukan wawancara pekerjaan. Berikut tips wawancara kerja agar diterima.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu seorang pencari kerja? Pencari kerja yang cerdas dan berkualitas pasti perlu waktu mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara pekerjaan.

Keterampilan wawancara dapat dipelajari dan tidak ada peluang kedua untuk membuat kesan pertama yang hebat.

Melansir dari monster.com, Senin (17/2/2020), berikut beberapa tips meyakinkan manajer saat wawancara kerja:

1. Berpakaian yang pantas

Penampilan adalah yang nomor satu. Yang dilihat pertama kali pada saat kamu wawancara kerja adalah bagaimana kamu berpakaian. Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dipakai saat melakukan wawancara kerja.

Apakah kamu mengenakan jas atau sesuatu yang kurang formal tergantung pada budaya perusahaan dan posisi yang kamu cari.

Jika memungkinkan, hubungi untuk mencari tau tentang pakaian perusahaan sebelum kamu melakukan wawancara.

2. Lakukan komunikasi nonverbal yang baik

Ini tentang menunjukkan kepercayaan diri, berdiri tegak, melakukan kontak mata dan terhubung dengan jabat tangan yang kuat. Kesan nonverbal pertama itu bisa menjadi awal yang bagus atau akhir yang cepat untuk wawancara kerja kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mendengarkan

Dari awal wawancara, pewawancara akan memberi informasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika kamu tidak mendengarnya, kamu akan kehilangan peluang besar.

Keterampilan komunikasi yang baik termasuk mendengarkan dan membiarkan orang itu tahu kamu mendengar apa yang dikatakan. Amati pewawancara, dan sesuaikan gaya dan kecepatan tersebut.

4. Jangan terlalu banyak bicara

Memberitahu pewawancara lebih dari yang perlu dia ketahui bisa menjadi kesalahan fatal. Ketika kamu belum siap sebelumnya, kamu mungkin mengoceh ketika menjawab pertanyaan wawancara, kadang-kadang berbicara sendiri keluar dari pekerjaan. Jangan sampai hal itu terjadi.

 

3 dari 3 halaman

5. Beri pertanyaan

Ketika ditanya apakah mereka memiliki pertanyaan, sebagian besar kandidat menjawab, "Tidak." Jawaban yang salah. Bagian dari mengetahui cara mewawancarai adalah siap untuk mengajukan pertanyaan yang menunjukkan minat pada apa yang terjadi di perusahaan.

Mengajukan pertanyaan juga memberi kamu kesempatan untuk mencari tahu apakah ini tempat yang tepat untuk kamu atau tidak. Pertanyaan terbaik datang dari mendengarkan apa yang kamu tanyakan selama wawancara dan meminta informasi tambahan.

6. Jangan terlihat putus asa

Saat kamu wawancara dengan pendekatan jangan kamu tampak putus asa dan kurang percaya diri. Cerminkan ketiga CS selama wawancara: cool (santai), calm (tenang), (confident) percaya diri.

 

Reporter : Helena Yupita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.