Sukses

Digelar Hari Ini, CPNS Bisa Langsung Tahu Hasil Seleksi Kompetensi Dasar

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS bisa langsung diketahui hasilnya karena sistem penilaian dibuat secara sistematis di BKN secara digital.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) hari ini resmi membuka Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggararan 2019. Adapun total dihari pertama tes SKD CPNS mencapai 32 ribu peserta terdiri dari 42 instansi seluruh Indonesia.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, mengatakan untuk hasil SKD CPNS pada tahun ini peserta bisa mengetahui langsung hasilnya. Mengingat sistem penilaian dibuat secara sistematis di BKN secara digital.

"Langsung, begitu selesai, keluar (hasilnya) di layar. Nah mereka sudah tahu hasil SKD-nya," kata dia di Gedung BKN, Jakarta, Senin (27/1).

 

Sementara untuk mengetahui lolos tidaknya, peserta masih harus menunggu beberapa waktu. Sebab, pengumuman resmi akan disampaikan jika kementerian atau instansi terkait telah memverifikasi nilai-nilai mereka secara keseluruhan.

"Nilainya nanti di verifikasi betul tidak nilai ini. Jadi butuh waktu verifikasi itu. Kami tidak berani mengumumkan kalau ada yang salah bisa ribut nanti. Kami ingin betul-betul yakin yang diumumkan instansi itu sduah verified," jelas dia.

Sebagai informasi, dalam CPNS kali ini BKN membuka 522 instansi yang akan mengikuti ujian SKD di 34 provinsi. Khusus untuk hari ini, ada 42 instansi yang sudah mulai, terdiri dari 19 instansi pusat dan 23 instansi daerah.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

32 Ribu Peserta Ikut Tes CPNS Hari Ini

Sebanyak 32 ribu peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (27/1/2020).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan, sebanyak 32 ribu peserta tengah mengikuti seleksi CPNS hari ini.

"Peserta hari ini pagi sampai sore sebanyak 32 ribu orang, mudah-mudahan lancar karena persiapan seminggu lalu jadi nggak ada masalah," ujar Bima di Jakarta.

Adapun, dari 522 instansi yang berpartisipasi dalam seleksi CPNS 2019, sebanyak 42 instansi sudah mulai menggelar seleksi hari ini, terdiri dari 19 instansi pusat dan 23 pemerintah daerah.

Di lingkungan BKN sendiri, dua sesi pertama ditujukan untuk peserta tes yang memilih instansi BKN. Kemudian untuk sesi ketiga dan besok, Selasa (28/1/2020), ditujukan untuk peserta tes yang memilih instansi Badan Intelijen Negara (BIN).

"Di BKN, dua sesi pertama untuk BKN, sesi ketiga BIN, besok masih BIN, kita akan berikan jadwal untuk pelaksaan tes ini," imbuh Bima.

Adapun, berbagai pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi CPNStelah dilakukan, seperti persiapan komputer, jaringan, server dan soal-soal tes.

"Kita sudah atur satu bulan penuh. Masing-masing kementerian harus siapkan jaringan dan komputer. BKN siapkan server dan soal-soal. Jadi beda dengan tahun lalu, jaringan tidak terkontrol, kalau sekarang tugas sudah dibagi rata," tutur Bima.

3 dari 4 halaman

42 Instansi Gelar Tes CPNS Serentak Hari Ini

Sejumlah instansi dan pemerintah daerah (Pemda) menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2019 secara serentak pada hari ini.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyatakan, sebanyak 42 instansi menggelar tes CPNS secara serentak pada hari ini. Instansi tersebut terdiri dari 19 kementerian/lembaga di pusat dan 23 Pemda.

"Dengan persiapan seminggu lalu mudah-mudahan tidak ada masalah. Memang hari pertama, peserta belum terbiasa, panitia juga, tapi nanti akan terbiasa," kata di Kantor BKN, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Instansi yang melaksanakan SKD CPNS pada hari ini antara lain instansi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Arsip Nasional, Mahkamah Agung, Kementerian Agama, LHK, BPOM, Bawaslu, BIN, BKN.

Kemudian Setjen KPU, Badan Pemeriksa Keuangan, Pemkot Ternate, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Sosial, Kementerian Pertanian, BKKBN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Badan Narkotika Nasional, KemenPAN RB, Ombudsman RI, Kemenristekdikti, Kota Batam, dan sejumlah Pemda.

Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi atau memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 peserta, dari jumlah pendaftar sebanyak 4.433.029 orang.

Terkait ratusan petugas CAT yang sudah disiapkan BKN, telah menjalanlan sejumlah pelatihan dan menandatangani Pakta Integritas dalam rangka menjaga kepercayaan publik dan mengawal pelaksanaan seleksi CPNS yang transparan. 

4 dari 4 halaman

BKN dan BIN Gelar Tes CPNS Hari Ini

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk pertama kalinya di Kantor Pusat BKN, Senin (27/1/2020).

Pantauan Liputan6.com di lokasi per pukul 8.30 WIB, peserta telah memenuhi ruang yang disediakan sesuai dengan sesi tes yang ditentukan.

Peserta menggunakan pakaian putih hitam dan membawa kartu pendaftaran CPNS serta kartu identitas sebagai syarat melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyatakan, pelaksanaan tes CPNS telah mulai dilakukan di 34 provinsi dan beberapa kabupaten di seluruh Indonesia hari ini.

"Dengan persiapan seminggu lalu mudah-mudahan tidak ada masalah. Memang hari pertama, peserta belum terbiasa, panitia juga, tapi nanti akan terbiasa," tuturnya di Gedung BKN.

SKD dilaksanakan selama 90 menit dengan 100 soal, dari pagi hingga sore. Adapun, di BKN sendiri sesi tes dilakukan untuk peserta yang memilih instansi BKN dan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Di BKN, dua sesi pertama adalah BKN, sesi ketiga BIN, lalu besok masih BIN," imbuh Bima. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.