Sukses

Jangan Asal Menabung, Ini Cara yang Benar Biar Lebih Untung

Liputan6.com, Jakarta Menabung tak selalu jadi sesuatu yang mudah untuk setiap orang. Meskipun pada kenyataannya aktivitas ini memiliki banyak manfaat positif bagi keuangan.

Hal ini bahkan akan semakin sulit, jika Anda tidak pernah membiasakan diri untuk menabung sebelumnya. 

Namun jika tidak pernah dimulai, maka menabung tentu hanya akan menjadi cita-cita semata saja, bukan?

Penting untuk memulai aktivitas menabung di dalam alur keuangan, terutama buat Anda yang baru saja bekerja dan memiliki penghasilan.

Jangan sampai Anda hanya bekerja dan bekerja saja, namun tidak pernah memiliki tabungan sama sekali.

Bukan hanya berisiko bagi keuangan di masa yang akan datang, kondisi keuangan yang seperti ini juga akan membuat Anda boros dan terbiasa menghabiskan gaji setiap bulannya.

Meski hanya sedikit, mulailah menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulannya, agar Anda bisa memiliki sejumlah simpanan yang bisa dialokasikan untuk berbagai kepentingan hidup.

Tabungan akan membantu kamu mencapai berbagai target di di dalam keuangan, jadi segera mulai adakan dari sekarang. Jangan asal nabung, simak cara menabung yang benar berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 4 halaman

1. Buat Anggaran Keuangan yang Ketat

Angaran keuangan akan memudahkan Anda melihat ke mana saja uang pergi setiap bulannya. Anda wajib memiliki anggaran keuangan, sehingga bisa menyusun berbagai rencana keuangan dengan baik selama sebulan penuh.

Aktivitas ini juga akan membuat Anda memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai jumlah tabungan yang bisa Anda sisihkan setiap bulannya, tentunya setelah menyesuaikannya dengan semua pemasukan dan juga pengeluaran yang akan dilakukan selama sebulan. 

Susun anggaran keuangan yang ketat, agar Anda bisa mengalokasikan sejumlah gaji ke dalam pos tabungan. 

2. Langsung Tabungkan Uang Sesaat Usai Terima Gaji

Jika selama ini Anda belum terbiasa menabung, maka akan memiliki banyak alasan untuk menunda-nunda aktivitas keuangan yang satu ini di dalam keuangan Anda.

Untuk mengatasinya, Anda harus membiasakan diri untuk segera menyisihkan sejumlah tabungan begitu menerima gaji.

Hindari untuk melakukan hal lainnya di dalam keuangan, sebelum Anda menyisihkan sebagian gaji ke dalam tabungan.

Tentukan sejak awal berapa banyak uang yang akan Anda tabung, misalnya 15 persen atau bahkan 20 persen dari gaji, sehingga Anda bisa segera menyisihkannya saat gajian tanpa perlu berpikir panjang lagi. 

3 dari 4 halaman

3. Pisahkan dalam Rekening Khusus

Dana tabungan tidak perlu mudah diakses dan idealnya Anda simpan dalam rekening yang terpisah dari dana lainnya.

Buatlah sebuah rekening khusus untuk menampung tabungan, sehingga Anda lebih mudah untuk menyimpannya dengan aman.

Kartu ATM dari tabungan ini sebaiknya Anda simpan di rumah saja dan tidak perlu dibawa ketika berbelanja, sehingga Anda tidak sampai tergoda untuk memakainya untuk berbagai keperluan yang tidak penting. 

4. Biasakan Belanja dengan Cerdas

Jangan pernah belanja dengan terburu-buru, apalagi dalam kondisi yang lelah. Hal ini sangat beresiko membuat Anda emosional dalam memilih dan membeli barang, bahkan untuk barang-barang yang tidak penting sekalipun.

Luangkan waktu untuk belanja dan pergilah di saat Anda sedang santai, sehingga bisa fokus pada aktivitas ini dan membeli berbagai kebutuhan dengan cara yang tepat.

Lakukan perbandingan harga dengan baik, sehingga Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk berbagai barang yang akan dibeli.

Jika perlu, belanja online juga bisa menjadi pilihan, sebab banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika belanja online. Anda bisa menghemat lebih banyak uang dan mengalokasikannya ke dalam tabungan.

4 dari 4 halaman

5. Manfaatkan Fasilitas dari Perusahaan

Fasilitas yang diberikan perusahaan juga perlu Anda manfaatkan dengan maksimal, seperti: transportasi, asuransi, keanggotaan gym, makan siang, dan yang lainnya.

Semua ini akan membuat Anda lebih hemat dan tentunya lebih sehat, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Selain itu, Anda bisa mengalokasikan lebih banyak uang Anda ke dalam rekening tabungan setiap bulannya.

6. Bisa Tak Bisa, Harus Berhemat

Langkah terakhir yang bisa membuat Anda memiliki tabungan adalah dengan cara berhemat. Anda bisa memangkas berbagai pengeluaran yang tidak penting, sehingga pengeluaranmu bisa ditekan dengan baik.

Ada banyak pengeluaran yang bisa Anda batasi atau bahkan dihilangkan, sehingga lebih banyak uang yang bisa disimpan.

Anda bisa mengurangi aktivitas nongkrong dan minum kopi di kafe, membawa bekal makan siang sendiri, dan lainnya.

Semakin banyak berhemat, maka akan semakin banyak juga uang yang bisa ditabungkan.

Tabung dan Miliki Keuangan yang Lebih Kuat

Menabung menjadi hal yang sering terlupakan, meskipun aktivitas keuangan ini memiliki banyak manfaat. Untuk Anda yang baru bekerja dan memiliki penghasilan, pastikan Anda mulai menabung sejak sekarang.

Lakukan berbagai kebiasaan yang akan membuat tabungan Anda menjadi lebih banyak, sehingga kondisi keuangan menjadi lebih kuat di masa yang akan datang. Semakin banyak Anda menabung, maka akan semakin kokoh kondisi keuangan Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tahukah? Hal Sepele ini Bikin Tes SIM A Bisa Gagal
Artikel Selanjutnya
Ingat, Hal Sepele ini Ternyata Bikin Mobil Cepat Rusak