Sukses

Bill Gates Bocorkan Rahasia Sukses Warren Buffett, Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak mengenal Warren Buffett, investor legendaris yang kini berusia 88 tahun ternyata juga merupakan orang terkaya ketiga di dunia dengan kekayaan mencapai USD 82 miliar atau Rp 1.166 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.225).

Meskipun sudah berusia senja, namun Warren Buffett tetap masih aktif mengelola kerajaan bisnisnya yaitu Berkshire Hathaway dan perusahaan lainnya seperti Geico, Dairy Queen, dan See's Candies.

Tentunya banyak orang yang penasaran bagaimana Warren Buffet bisa sukses hingga menjadi seorang miliarder seperti saat ini. Ternyata, menurut sahabat karibnya, Bill Gates ada satu hal mudah yang Buffett lakukan setiap harinya dan hal ini ternyata bisa dilakukan oleh orang lain juga.

Dalam blog pribadinya, Gates mengatakan ada satu kebiasaan kecil yang bisa membuat Warren Buffet menjadi sukses luar biasa seperti ini dan bisa dilakukan oleh orang lain yaitu, membiasakan diri untuk membaca setiap hari.

Warren Buffet selalu menghabiskan lima hingga enam jam per harinya untuk membaca buku dan koran. Baginya, membaca perihal bisnis dan investasi begitu menyenangkan.

Selain itu, menurut Warren Buffet membaca bisa membuatnya menjadi tahu hal-hal terbaru dan kejadian terkini dalam dunia bisnis. Tentunya, hal ini bisa membuatnya menjadi lebih mudah untuk bersaing. Warren Buffet mengatakan kepada istrinya Susan Buffett, semua orang bisa membaca apa yang ia baca, karena menurutnya buku yang ia baca tidak begitu sulit.

"Dia selalu duduk di meja kerjanya sambil membaca semua buku ini yang bisa juga dibaca oleh orang lain, namun ia juga berpikir akan sukses dengan melakukan ini," ujar Susan seperti dilansir dari laman CNBC.

Ternyata bukan hanya Buffett yang melakukan hal ini, salah satunya miliarder bidang teknologi, Mark Cuban. Ia mengaku berkat kebiasaan membaca, kariernya kian melesat

"Saya pernah membaca buku manual PC DOS, dan setelah itu saya begitu bangga karena dengan begitu saya bisa memahami bagaimana cara membangun startup bagi konsumen," jelas Cuban.

Bagi Cuban, meluangkan waktu untuk membaca buku bisa membantunya untuk bersaing dengan para kompetitornya. "Seorang pemuda dengan sedikit latar belakang komputer bisa bersaing dengan seseorang yang sudah memiliki banyak pengalaman, hanya dengan memberikan dirinya waktu lebih untuk selalu belajar," ungkap Cuban.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Rela Bayar Rp 64,2 Miliar demi Makan dengan Warren Buffett
Artikel Selanjutnya
Bukan Soal Duit, Ini Pesan Miliarder Michael Bloomberg buat Generasi Muda