Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Terkuak, Pelajaran Ini Bikin Warren Buffett Raih Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata ada rahasia yang belum banyak diketahui publik mengenai miliarder Warren Buffett. Ternyata, hingga usia 20 tahun, ia sangat takut untuk berbicara di depan umum.

"Hanya memikirkan hal itu saja membuat saya sakit," ujar dia seperti dilansir dari laman CNBC.

Tidak ada yang mengira, kalau salah satu investor paling sukses di dunia ini ternyata pernah begitu takut untuk bicara di depan umum?

Bahkan karena begitu takutnya, CEO Berkshire Hathaway ini sampai memilih mata kuliah yang tidak akan membuatnya untuk berdiri dan berbicara di depan kelas.

Buffett mengaku ketakutannya ini begitu luar biasa sampai-sampai ia begitu sulit untuk mengucapkan namanya.

Hingga akhirnya, Warren Buffett memutuskan untuk mengikuti kursus 'public speaking' saat ia melihat sebuah iklan di koran sewaktu berkuliah di Columbia Business School.

"Saya pikir itu akan bermanfaat bagi saya, akhirnya saya pergi ke Midtown untuk melakukan pendaftaran. Namun sayangnya, rasa takut ini membuat saya mundur," ungkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Cerita di Balik Buffett Raih Kesuksesannya

Setelah lulus, Buffett kembali ke Omaha dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan sekuritas.

Namun, lagi-lagi masalah sama yang harus ia hadapi. Hingga akhirnya Buffett memberanikan diri dan mendaftar kembali ke tempat kursus pertamanya dan membayar sebesar USD 100 atau Rp 1,4 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.395). Buffett pun lalu menceritakan bagaimana kesulitannya selama menjalani kursus tersebut.

"Ada sekitar 30 orang dalam satu kelas dan kami semua kesulitan mengucapkan nama sendiri. Kami bertemu seminggu sekali selama 12 minggu. Mereka akan memberi kami berbagai jenis pidato untuk dipraktikkan dan mengajari kami trik psikologis untuk mengatasi ketakutan kami, " ujar Buffett.

Setelah kursusnya berakhir, Buffett akhirnya kembali ke Omaha dan memutuskan untuk mulai mengajar agar apa yang ia pelajari selama kursus tersebut tidak hilang seketika. Hingga akhirnya, Buffett sudah begitu handal dan ahli ketika berbicara di depan publik.

Buffett menambahkan, kursus yang ia bayar dengan seharga USD 100 atau Rp 1,4 juta ini membuatnya memiliki gelar terpenting dalam hidupnya, dan memiliki dampak terbesar dalam kesuksesannya.

 

3 dari 4 halaman

Gaya Sederhana Buffett

Sebelumnya, sosok Warren Buffett tetap fenomenal di tengah ramainya para miliarder di sektor teknologi. Tahun ini saja, pria berjuluk Penyihir dari Omaha ini masih lebih kaya dari Jack Ma, Mark Zuckerberg, serta duo pendiri Google.

Sebagai figur terkaya di dunia investasi, siapa sangka ia ogah pakai smartphone dan masih suka memakai baju Made in China ketimbang memesan dari rumah mode ternama?

Dilansir dari Nasdaq, ada beberapa kelakuan Warren Buffett yang terbilang sederhana, seperti menolak masuk klub golf mewah. Mobilnya pun Cadillac XTS yang harganya USD 45 ribu. Harga itu termasuk sederhana di Amerika Serikat (AS).

Buffett juga tidak memiliki smartphone dan masih memakai flip phone. Ia disebut hanya pernah mengirim satu email dalam hidupnya, padahal dia adalah investor Apple dan Microsoft.

Hal lain yang perlu diketahui, ternyata Warren Buffett adalah seorang kutu buku. Bertumpuk-tumbuk buku di sisi bangkunya.

Pria yang setiap pagi masih suka makan di McDonald's ini juga menikah dengan cara sederhana. Tidak ada ribuan tamu atau venue di gedung ternama. Pernikahan hanya di hadiri kerabat terdekat dan diadakan di rumah anak perempuannya.

Warren Buffett adalah sahabat dekat Bill Gates, dan mereka berdua adalah ujung tombak yang mengajak para miliarder dunia untuk menyumbangkan harta mereka. Dan ketika meninggal nanti, Buffett berencana akan menyumbang mayoritas hartanya untuk tujuan filantropis.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
600 Ribu Miliarder di Negara Ini Merupakan Generasi Milenial
Artikel Selanjutnya
Miliarder Ken Fisher Kehilangan Rp 14,1 Triliun Gara-gara Komentar Seksis