Sukses

5 Cara Membuat Anggaran Bersama Pasangan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Kunci untuk pernikahan yang bahagia adalah komunikasi, komunikasi, dan lebih banyak komunikasi. Salah satu penyebab utama perceraian adalah kurangnya komunikasi pada isu-isu kunci, seperti pengasuhan dan keuangan.

Untungnya, ada beberapa cara untuk berbicara mengenai keuangan dengan pasangan Anda. Setelah anggaran Anda terbangun, Anda hanya perlu memeriksa sekali seminggu dan memastikan Anda tetap pada anggaran. Di sini adalah bagaimana Anda dapat membuat anggaran yang sederhana dan efektif dengan pasangan Anda.

Dikutip dari Laruno.id, berikut 5 cara membuat anggaran bersama pasangan Anda:

1. Tentukan Tujuan Anda

Tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang akan mempengaruhi anggaran Anda. Jika Anda menabung untuk membeli rumah, kemungkinan besar Anda akan mengikuti anggaran yang lebih ketat sehingga Anda dapat fokus untuk menabung. Jika di sisi lain Anda sudah memiliki rumah, pengeluaran diskresioner Anda mungkin lebih besar.

Bersama-sama, putuskan apa tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda bersama pasangan Anda.

2 dari 3 halaman

2. Cantumkan Biaya Tetap Bulanan Anda

Biaya tetap adalah biaya yang Anda bayar setiap bulan. Bisa jadi pembayaran utang tetap, seperti kredit mobil, atau tagihan bulanan, seperti listrik dan internet.

Pastikan untuk menyertakan tagihan kabel Anda, tagihan telepon, asuransi mobil, asuransi kesehatan, sewa atau hipotek, pembayaran kartu kredit, dan banyak lagi.

3. Tabungan

Mengacu pada Langkah 1, simpan sejumlah uang setiap bulan yang sejalan dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Setelah memasukkan uang ke dalam tabungan, jumlah yang tersisa adalah untuk variabel Anda.

3 dari 3 halaman

4. Buat daftar Pengeluaran Variabel Anda

Beberapa biaya variabel diperlukan, seperti makan di luar, membeli pakaian, pergi ke konser, atau bermain. Buat daftar biaya variabel ideal Anda dengan pasangan Anda dan kemudian lihat apakah itu sesuai dengan anggaran Anda.

Jika tidak, Anda berdua harus berkorban untuk lebih menghemat uang. Jadi tidak ada perasaan sulit dalam hal keuangan, cobalah untuk menjaga hal-hal yang sama, terlepas dari apakah satu orang menghasilkan lebih banyak uang.

Biaya variabel harus dibahas setiap bulan, karena akan berbeda dari satu bulan ke bulan berikutnya bergantung pada apa yang terjadi.

5. Memiliki jadwal keuangan

Untuk menjaga percakapan keuangan mengalir, jadwalkan “Money Date” seminggu sekali mengevaluasi kembali tujuan Anda. Berbicara tentang keuangan secara teratur akan membuat Anda tetap berada di jalur yang sama dengan pasangan dan membuat Anda berdua termotivasi untuk mencapai tujuan.

Tidak harus percakapan selama lima jam, tetapi dilakukan dengan tetap singkat dan manis. Diskusikan keuangan Anda saat makan malam bersama dan kemudian melakukan aktivitas yang berbeda, seperti bermain game atau menonton film.

Kesimpulan:

Membuat anggaran dengan pasangan Anda tidak harus canggung atau menyebabkan pertengkaran. Ingat bahwa Anda berada di tim yang sama dan pada akhirnya Anda berdua menginginkan hal yang sama dalam kehidupan. Gunakan keuangan dan anggaran Anda sebagai alat untuk menciptakan kehidupan impian Anda.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Biar Untung Pakai Kartu Kredit
Artikel Selanjutnya
Ingin Investasikan Uang buat Masa Depan, Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut